√ Seperti Apa Ciri Burung Ciblek Kristal Yang Bagus Untuk Masteran?

Burung ciblek kristal adalah salah satu jenis burung yang bisa di gunakan untuk masteran. Hasilnya akan memuaskan jika anda sudah mengenali ciri-ciri burung ciblek kristal yang bagus untuk masteran.

Meskipun sama-sama jenis burung ciblek kristal, tetapi ada burung ciblek kristal yang lebih bagus dan unggul sehingga sangat cocok digunakan untuk memaster burung lainnya.


Ciri Burung Ciblek Kristal Yang Baik Dan Bagus Untuk Masteran

Sebelum anda mengetahui seperti apa ciri burung ciblek kristal yang bagus untuk masteran, sebaiknya anda pahami dulu karakteristiknya.

Seperti yang sudah kita ketahui, jenis burung ciblek memang beragam sehingga bisa menyulitkan orang awam dalam mengenalinya.

Jika diliihat dari fisiknya, burung ciblek kristal memiliki bagian punggung berwarna hitam kebiruan. Sedangkan pada bagian dada hingga pangkal ekornya terlihat berwarna putih tulang. Lalu untuk bagian paruh burung ciblek kristal identik dengan warna hitam.

Untuk bagian matanya. Burung ciblek kristal mempunyai kornea mata yang warnanya kuning dan kemerahan. Sedangkan dibagian lehernya terdapat semacam kalung berwarna putih. untuk ukuran tubuhnya, burung ciblek kristal memiliki panjang tubuh hanya 15 cm.

Ciri burung ciblek kristal yang bagus juga bisa anda ketahui dari ciri khas suaranya. Burung ciblek kristal ini memiliki suara khas terdengar ngebren panjang, lantang, bening dan sesekali ada jeda rapatnya.

Setelah anda mengetahui karakteristik burung ciblek kristal, sekarang saatnya anda pahami apa saja ciri ciri burung ciblek kristal yang bagus untuk pemasteran. Berikut dibawah ini ada beberapa ciri-cirinya.

1. Kepala Kotak

Perhatikanlah pada bentuk kepalanya, jika ingin menjadikan burung ciblek kristal sebagai masteran. Pastikan anda memilih burung ciblek kristal yang memiliki kepala dengan bentuk kotak.

Selanjutnya, pilih burung ciblek kristal yang matanya tampak melotot dengan bentuk bulat besar. sebab, Hal ini menandakan bahwa burung ciblek kristal tersebut memilik mental yang sangat bagus.

2. Lincah

Burung ciblek kristal yang lincah sangat cocok di gunakan untuk masteran. Hal ini dikarenakan burung ciblek kristal yang lincah memperlihatkan ciri burung yang aktif.

Kelincahan juga menjadikan salah satu tanda bahwa burung ciblek kristal memiliki mental fighter yang sangat bagus.

3. Paruh Panjang

Burung ciblek kristal yang mempunyai paruh panjang sangat cocok digunakan untuk masteran. Selain panjang, pastikanlah paruhnya juga tebal dan tampak besar. Sedangkan untuk posisi lubang hidungnya dekat dengan mata.

4. Leher Panjang

Burung ciblek kristal yang mempunyai leher panjang juga sangat cocok untuk masteran.

Burung ciblek yang memiliki Leher yang panjang menandakan bahwa burung ini memiliki suara yang sangat lantang.

5. Postur Panjang

Burung ciblek kristal yang mempunyai postur tubuh panjang juga sangat bagus untuk masteran. Tetapi untuk burung ciblek jenis lainnya, sebaiknya pilihlah tubuh berukuran sedang.

6. Nafsu Makan Tinggi

Untuk mengetahui bagus atau tidaknya burung ciblek kristal sebagai burung masteran, anda bisa memperhatikan nafsu makannya.

Burung ciblek kristal yang mempunyai nafsu makan yang tinggi memperlihatkan ciri ciri burung yang sehat sehingga bagus di gunakan untuk masteran.

Anda bisa membuktikannya sendiri dengan memberinya pakan berupa extra fooding ataupun voer. Umumnya, burung ciblek kristal yang sehat pasti akan langsung menghabiskan pakannya.

7. Jenis Kelamin

Jika dibandingkan dengan burung ciblek kristal betina, burung ciblek kristal jantan lebih bagus dan mumpuni untuk masteran. Hal ini disebabkan karena burung ciblek kristal jantan lebih rajin berkicau dan gacor dibandingkan dengan yang betina.

8. Sayap Rapat

Ciri burung ciblek kristal yang bagus untuk masteran yang selanjutnya yaitu sayapnya rapat.

Hal ini disebabkan karena burung ciblek kristal yang sayapnya rapat mempunyai performa yang baik dan tangguh.

9. Kaki Besar

Perhatikanlah pada bagian kaki ciblek kristal sebelum anda memilihnya untuk masteran.

Supaya hasilnya sesuai harapan, sebaiknya anda memilih burung ciblek kristal yang memiliki kaki besar. Sebab, burung ciblek kristal yang mempunyai kaki berukuran besar terbukti mampu mencengkeram dengan kuat.

10. Ekornya Serasi

Burung ciblek kristal yang bagus dan baik untuk masteran ialah memiliki panjang ekor yang serasi dengan panjang lehernya dan badannya.

Nah itulah ciri ciri burung ciblek kristal yang bagus untuk masteran.

Semoga bermanfaat