√ Mengatasi Lovebird Sakit Mata (Snot) Dan Cara Merawatnya Agar Cepat Sembuh



Bagi para pecinta burung lovebird, ada banyak penyakit berbahaya yang perlu anda waspadai agar burung lovebird yang kita pelihara tetap sehat dan tidak terkena oleh serangan bakteri jahat ataupun virus yang dapat membuatnya sakit.

Oleh karena itu, para pemilik burung lovebird, di anjurkan mengetahui gejala-gejala penyakit yang menyerang pada burung lovebird anda. setidaknya para penangkar burung lovebird mengetahui bagaimana caranya mengobati burung lovebird yang sakit akibat terkena penyakit-penyakit tertentu.

Kali ini saya akan membahas cara mengobati penyakit snot yang cukup mengganggu kesehatan burung lovebird.

Apa itu penyakit Snot?

Penyakit snot adalah penyakit mata yang disebabkan karena virus atau bakteri yang menyerang pada bagian mata burung lovebird yang kamu pelihara.

Penyakit mata pada burung lovebird yang satu ini memang sangat menghantui para pecinta burung lovebird, biasanya penyakit Snot ini selalu menyerang pada burung love bird yang masih muda.

Penyakit mata yang satu ini wajib kita waspadai, karena jika tidak segera ditangani dengan tepat maka bisa berdampak pada daya tahan tubuh burung secara keseluruhan.
Bahkan apabila kita terlambat dalam menangani jenis penyakit snot ini pada burung lovebird, maka hal yang paling terjadi biasanya kematian pada burung lovebird anda.

Perlu kita ketahui, penyakit snot atau penyakit mata pada burung lovebird biasanya ditandai dengan adanya bagian mata burung yang berair dan pada bagian tepi mata berwarna sedikit kekuning-kekuningan.
Apabila penyakit snot yang satu ini sudah parah, maka mata burung lovebird akan membengkak, benjolan-benjolan di area kelopak mata perlahan akan muncul, berair semakin banyak dan pandangan burung lovebird akan semakin kabur sehingga akan sulit untuk bertengger maupun terbang.

Oleh karena itu penyakit snot harus cepat-cepat di tangani, agar tidak terjadi kematian.

Lantas bagaimanakah cara mengobati penyakit snot pada lovebird ??

dalam artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengobati penyakit Snot pada burung love bird.
Simaklah langkah-langkahnya

Cara Mengatasi Lovebird Snot Mata Bengkak

1. Memisahkan lovebird yang sakit dengan lovebird yang lain (karantina)
Langkah mengobati lovebird yang pertama adalah memisahkan lovebird yang sakit dari lovebird yang sehat, terlebih lagi apabila kamu memelihara lovebird dengan cara ternak lovebird koloni.

Maka anda wajib untuk memisahkanya, agar tidak terjadi penularan pada burung lovebird lainya.
Dengan memisahkan lovebird yang sakit, kamu bisa menghindarkan burung yang lain yang sehat dari tertularnya penyakit snot,

Rekomendasi:
√ Berbagai Jenis Penyakit Lovebird Dan Cara Mengatasinya..

2. Tidak memandikan burung lovebird selama penyembuhan penyakit Snot
Langkah yang kedua adalah Kamu harus menghentikan untuk sementara waktu seperti aktivitas memandikan atau menyemprot burung lovebird yang sedang sakit snot. karena dikhawatirkan bakteri yang ada pada mata lovebird akan menempel pada sangkar.

Dan tidak dianjurkan untuk memandikan burung lovebird selama penyembuhan, penyemprotan atau memandikan akan nembuat mata lovebird semakin iritasi dan terinfeksi. Maka hentikan sementara selama dalam penyembuhan.

3. Membatasi penjemuran burung lovebird
Langkah selanjutnya untuk mengobati snot pada lovebird adalah dengan cara mengurangi proses penjemuran burung lovebird yang biasanya kamu lakukan pada tiap siang ataupun pagi hari.

Anda bisa menjemurnya di pagi hari saja diantara jam 8 atau jam 9. Dalam proses penyembuhan lovebird yang terkena penyakit snot, anda hanya perlu menjemur love bird selama 30-40 menit saja.

4. Membersihkan mata lovebird dengan air hangat
Cara yang pertama setelah lovebird anda positif terkena penyakit snot, adalah dengan cara membersihkan area bagian matanya yang terkena snot dengan menggunakan kain yang telah direndam dalam air hangat.

Dengan melakukan tindakan ini, kita dapat membersihkan bagian luar pada kelopak matanya yang telah terinfeksi oleh snot sehingga dapat membantu mencegah infeksi dan membvnuh bakteri yang terdapat di area mata love bird.

5. Bersihkan mata lovebird dengan air rebusan daun sirih
Setelah membersihkan mata burung lovebird dengan air hangat langkah selanjutnya yaitu membersihkan bagian yang terkena infeksi dengan menggunakan air rebusan daun sirih, kamu bisa ambil 6-10 lembar daun sirih, kemudian rebus hingga mendidih, setelah mendidih langkah selanjutnya angkat rebusan tadi, dan tuangkan kedalam mangkok, sementara didiamkan rebusan air daun tersebut  sampai benar-benar hangat,
Ingat.. Jgn terlalu panas. Dianjurkan dalam keadaan hangat anda bisa oleskan menggunakan kain/ kapuk kapas ke bagian kelopak mata burung lovebird yang terkena penyakit Snot.

Kenapa harus daun sirih?
Daun sirih dikenal memiliki kandungan antiseptik yang cukup baik sehingga dapat mengatasi masalah snot yang dialami oleh burung lovebird, daun sirih juga mampu membvnuh bakteri-bakteri yang berkembang biak, serta dapat mengeluarkan kotoran-kotoran yang terselip di bagian area mata love bird.

6. Mengoleskan salep khusus pada lovebird
Selain mengoleskan air rebusan daun sirih, kamu juga dapat mengoleskan salep anti snot pada bagian mata lovebird.

Dengan demikian anda dapat membantu mempercepat proses penyembuhan pada bagian mata lovebird. Ada banyak salep yang dijual di toko-toko hewan, anda bisa tanyakan jenis salep yang bagus untuk menyembuhkan penyakit Snot pada burung love bird.

7. Membersihkan kandang lovebird secara teratur
Langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan ialah dalam proses penyembuhan penyakit snot pada lovebird, anda harus secara teratur membersihkan kandang lovebird secara rutin.

Untuk menjaga kebersihan area kandang, bersihkan pula pada tempat bertengger dengan sabun, untuk membvnuh bakteri yang ada dalam sangkar.
Anda juga bisa membersihkan kandang lovebird dengan rebusan daun sirih. Caranya siramkan rebusan daun sirih diarea kandang lovebird.
Karena daun sirih mampu membvnuh bakteri.

8. Memberikan asupan pakan secara teratur
Selain mengobati dengan menggunakan obat-obatan yang berkhasiat, anda juga harus memperhatikan dan menjaga asupan pakan pada lovebird, agar daya tahan tubuhnya tetap stabil.

Itulah cara dan langkah-langkah untuk menyembuhkan penyakit snot pada burung lovebird.

Cara ini sangat ampuh dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak.
Cara ini berdasarkan pengalaman sendiri ketika mengatasi dan menyembuhkan mata love bird yang terkena penyakit SNOT.

Hal yang paling utama ialah kebersihan pada kandang. Karena tanpa dibersihkan maka bakteri siap menyerang burung lovebird kesayangan anda.

Posting Komentar