√ Mengatasi Lovebird Egg Binding (Telur Mampet), Telur Tidak Bisa Keluar


Di pembahasan kali ini saya akan mengulas cara mengatasi lovebird betina yang tidak bisa mengeluarkan telur. Dalam hal ini banyak kasus seorang penangkar burung lovebird salah dalam menangani-nya. Karena lambat mengatasinya bahkan sampai pada memaksakan telur keluar dari perut burung betina tersebut.

Singkat cerita...
Baru kemarin saya merasa kaget mendapati burung lovebird saya yang sedang bertelur, tidak biasanya berada di luar glodok dalam keadaan lemas dan tidak bergerak. Kepala lovebird betina tersebut mengarah keatas seolah nafas-nya terasa sesak. Paruh burung terbuka seolah-seolah kekurangan oksigen. Alhasil saya berusaha meraihnya dan mengetahui apa yang terjadi pada burung lovebird betina itu.

Dalam keadaan panik (karena ini pertama kalinya)... Saya mencoba mengecek pada bagian body lovebird barangkali cidera, ternyata saya mendapati keganjilan dalam perutnya. yaitu perut lovebird betina tersebut membesar tidak sewajarnya, setelah saya amati ternyata lovebird betina tersebut tidak bisa mengeluarkan telurnya. Jika dalam hal ini tidak segera diatasi, bisa mengakibatkan kematian pada burung lovebird.

Telur yang lengket atau egg binding, bisa mengakibatkan lovebird betina mengalami stress, kesakitan, dan berujung pada kematian.. Maka segeralah di atasi.

Apa itu Egg binding?

Telur lengket atau Egg binding ialah suatu kondisi yaitu telur tidak bisa dikeluarkan dari saluran reproduksi burung lovebird betina, baik karena lengket ataupun melekat pada oviduct.
Burung pun akan mengalami kesakitan yang luar biasa, karena telur tidak mau keluar dari kloaka pada saat burung lovebird mengejan.

Bagaimana cara mengatasi lovebird egg binding (lovebird tidak bisa mengeluarkan telur)?

Berdasarkan pengalaman pribadi.
Begini caranya...

1.Berhati-hatilah ketika mengatasi burung lovebird dalam keadaan egg binding atau susah mengeluarkan telurnya.

2. Jangan panik dan peganglah burung betina tersebut dengan hati-hati. Dengan cara di telentangkan di telapak tangan anda.

Rekomendasi:
√ Mengatasi Lovebird Sakit Mata (Snot) Dan Cara Merawatnya Agar Cepat Sembuh

3. Sekali lagi jangan panik dan jangan pernah memaksakan telur untuk dikeluarkan dari perutnya, meskipun mengurut-urutkan pada bagian perutnya, karena dalam hal ini akan menambah rasa sakit pada burung love bird anda..
Banyak kasus orang yang tidak tau cara mengatasinya.. Akan mengurut-urutkan pada bagian perutnya. Berharap bisa membantu mengeluarkan telurnya. Alhasil yang terjadi malah menyakiti lovebird tersebut dan berujung pada kematian.
Sebenarnya setiap hewan sudah mempunyai insting sendiri untuk menanganinya. Hanya saja kita cukup membantu prosesnya tanpa harus memaksakan untuk dikeluarkan.

4. Siapkan Cutton bad dan Minyak goreng
Gunakanlah minyak goreng yang masih sterill untuk melumasi pada bagian kloaka (dubur-nya).

Anda bisa gunakan cutton bad (pembersih telinga) untuk melumasi pada bagian kloaka tersebut.

Gunakanlah cutton bad yang kecil jangan terlalu besar untuk memudahkan minyak goreng masuk ke dalam kloaka (duburnya).

5. Silakan masukan cutton bad yang sudah dilumasi kedalam kloaka(duburnya), lumasilah sampai benar-benar minyak goreng tersebut masuk kedalam dubur burung betina atau cukup 5x melumasi minyak goreng dengan menggunakan cutton bad.

Ingat.. Jangan terlalu dalam ketika memasukan cutton bad saat melumasi kloaka. Cukup di rasa saja ketika memasukan minyak goreng tersebut.

6. Jika benar-benar dirasa sudah terlumasi oleh minyak goreng. Silakan masukan kembali burung love bird kedalam glodok. Biarkan selama 2 jam..

7. Berikan penghangatan dengan lampu pijar 20 watt untuk memulihkan suhu badanya.

8. Jika sudah keluar telurnya silakan berikan asupan makanan yang bervitamin.

Nah itulah cara sederhana untuk mengatasi burung lovebird yang mengalami egg binding (susah mengeluarkan telurnya)..
Cara-cara diatas berdasarkan pengalaman sendiri. Dan berhasil 1000% mengatasi egg binding..
Untuk penyebab dari egg binding akan segera saya posting di artikel berikutnya..

Semoga bermanfaat..

Posting Komentar