√ Bahan Sarang Lovebird Yang Baik Dan Bagus


Dikesempatan kali ini saya akan berbagi tips cara untuk memberikan bahan sarang yang baik untuk lovebird peliharaan anda.

Sebaiknya anda perhatikan ketika akan mencoba berternak burung lovebird. Karena menurut saya pribadi cara untuk berternak lovebird gampang-gampang susah.

Dikatakan susah apabila anda belum mempunyai cara khusus atau belum mengetahui cara berternak lovebird. Dan dikatakan mudah apabila anda sudah tau cara untuk berternak lovebird, baik dari sisi perilaku lovebird, maupun dari cara perawatanya.

Jika sobat mempunyai lovebird yang hendak bertelur, maka perilaku betina akan mencari bahan untuk dijadikan sarang. Sedangkan perilaku pada jantan biasanya lebih mengawasi dan membantu menjaga burung betina ketika membuat sarang.

Jika berbicara masalah sarang yang baik, mungkin sobat sudah tau tentang sarang burung lovebird yang banyak diketahui oleh penangkar burung lovebird.

Namun jika ada yang menganjurkan untuk menggunakan bahan sarang yang terbuat dari kertas. Maka hindarilah penggunaan sarang dari kertas ini, sebab selain tidak menghangatkan burung lovebird, sarang yang terbuat dari kertas juga tidak mempunyai kelembapan yang baik, justru akan menyebabkan fases dari burung lovebird menjadi berbau karena menempel pada kertas dan tidak mempunyai daya ventilasi udara yang baik, serta bisa menyebabkan burung tersebut mudah sakit.

Sarang Lovebird Yang Baik Dan Bagus

1. Rumput teki yang kering
Anda bisa gunakan rumput teki kering yang berserakan di depan rumah, persawahan, ladang maupun kebun. Disamping bisa menghangatkan telur-telur burung lovebird, Rumput teki kering ini mempunyai daya resap yang baik dan disukai burung dari jenis apapun.

2. Serabut klapa (tepes).
Kalau di perkampungan sebenarnya masih banyak serabut kelapa yang sudah dikupas, Tinggal kita meminta atau membeli dengan harga yang sangat murah. Saya membeli 12 tepes hanya di hargai 2.000 saja. Sedangkan tepes yang di butuhkan oleh lovebird hanya 2-3 tepes saja.

Anda bisa gunakan serabut kelapa ini untuk bahan sarang burung lovebird. Karena serabut kelapa (tepes) ini baik sekali untuk menghangatkan telur lovebird dan mempunyai kelembapan yang cukup baik.

Caranya Gunakan tepes kelapa yang sudah kering, kemudian kupas kecil-kecil tepes kelapa tersebut, dan jangan terlalu tebal. Dan taruhlah kupasan tersebut di kandang, biarkan betina mengambil sendiri untuk dijadikan sarang.

Rekomendasi:
√ Mengetahui Penyebab Lovebird Egg Binding, Susah Mengeluarkan Telur-Nya

3. Serutan bambu..
Serutan bambu bisa anda gunakan untuk bahan sarang lovebird. Jadi anda bisa kupas bambu sekecil mungkin namun kupasan tersebut bisa memanjang.

Sebelum kupasan bambu tersebut diberikan untuk Lovebird, anda harus cermat memilih kupasan yang baik, karena biasanya kupasan bambu ada yang tajam dan ada yang melengkung memanjang.
Biasanya saya gunakan kupasan bambu yang panjang melengkung dan tidak tajam.

Manfaat dari kupasan bambu ini cukup bisa menghangatkan telur-telur lovebird dan kelembapan yang baik.

4. Serutan kayu
Nah.. Cara yang paling simpel anda bisa gunakan serutan kayu untuk bahan sarang burung lovebird.

Anda bisa meminta pada tukang kayu, biasanya di tukang kayu serutan tersebut tidak digunakan lagi, malah kebanyakan dibuang. Maka dari itu, anda bisa memintanya untuk dimanfaatkan kembali untuk sarang burung lovebird.

Manfaat dari serutan kayu ini cukup baik sekali disamping bisa menghangatkan telur-telur lovebird, serutan kayu tersebut juga mempunyai daya serap, dan kelembapan yang sangat baik.

5. Jerami padi
Bahan sarang lovebird yang terakhir ialah berupa jerami, anda bisa manfaatkan kembali jerami padi yang sudah tidak digunakan lagi untuk bahan sarang lovebird.

Manfaat dari bahan jerami ini cukup baik untuk menghangatkan tubuh indukan dan telur-telurnya sehingga bisa menyetabilkan suhu udara di dalam Glodok karena memiliki daya serap dan sirkulasi udara yang cukup baik untuk Indukan dan Telur Lovebird.

Nah itulah beberapa bahan sarang yang baik yang selama ini saya gunakan untuk berternak burung lovebird.

Silakan sobat berikan bahan sarang yang dapat menghangatkan telur-telur burung lovebird, agar bahan-bahan yang digunakan nanti mempunyai daya kelembapan dan kehangatan yang baik.

Disamping bisa membuat nyaman burung lovebird. Cara ini bisa mempercepat perkembangan pada calon piyik yang ada didalam telur.

Semoga informasi ini bermanfaat..

Posting Komentar