√ Mengetahui Penyebab Lovebird Egg Binding, Susah Mengeluarkan Telur-Nya


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas penyebab lovebird mengalami Egg binding. Setelah sebelumnya saya membahas cara mengatasi lovebird yang terkena Egg binding, atau lovebird betina susah mengeluarkan telurnya.

Di pembahasan ini saya hanya akan menjelaskan penyebab dan tanda-tandanya lovebird mengalami Egg binding (telur lengket) atau lovebird susah mengeluarkan telurnya, tujuan pembahasan ini adalah agar anda segera cepat mengetahuinya.

Banyak penyebab yang mengakibatkan lovebird betina susah mengeluarkan telurnya. Bahkan jika Egg binding ini tidak cepat-cepat diatasi, maka akan menyebabkan lovebird tersebut mengalami kematian.

Apa itu Egg binding? Bahayakah untuk Lovebird betina?


-Egg binding (telur-lengket) atau telur terjepit ialah telur yang sulit dikeluarkan oleh burung betina disaat akan mengeluarkan telurnya, dalam kasus ini biasanya masalah yang sering terjadi pada burung betina yang baru pertama kali bertelur.

Bukan hanya terjadi pada burung lovebird saja, tetapi seperti Burung kenari dan parkit-pun sama bisa mengalami hal serupa.

Rekomendasi:
√ Mengatasi Lovebird Egg Binding (Telur Mampet), Telur Tidak Bisa Keluar

Telur yang mengalami (Terjerat) seperti lengket bisa menjadi masalah yang sangat serius. Dan burung betina tersebut membutuhkan perawatan khusus. Dan anda harus cepat tanggap ketika burung lovebird mengalami egg binding atau telur lengket. Jika tidak segera diatasi, maka akan berbuah buruk pada burung lovebird peliharaan anda tersebut.

Apa penyebab Lovebird mengalami Egg binding?


a. Infeksi pada kloaka (duburnya).
Poin pertama penyebab dari egg binding ini ialah karena infeksi.

Perlu anda cermati disaat fases burung lovebird encer, anda harus cek pada bagian duburnya. apakah mengalami infeksi ataukah tidak, banyak penangkar pemula yang tidak memperhatikan pada daerah duburnya ketika fases / kotoran lovebird encer.

b. trauma pada saluran reproduksi
Dari poin ini biasanya diakibatkan karena lovebird jantan lebih agresif dan over birahi yang cukup tinggi membuat trauma pada saluran reproduksi betina.

c. besarnya telur
Besarnya telur pada burung betina juga sangat mempengaruhi, terkadang ada satu butir telur yang paling besar daripada yang lainnya. Hal ini bisa menyebabkan betina susah untuk mnegeluarkan telurnya.

d. obesitas/kegemukan, dan masalah gizi
Masalah egg binding juga bisa disebabkan karena asupan makanan yang tidak seimbang membuat burung lovebird mengalami obesitas/kegemukan, perlu anda perhatikan untuk asupan makanan yang lebih efisien agar tidak mengalami obesitas..

Dari poin ke lima diatas itulah bisa menjadi penyebab dari Egg binding atau betina sulit mengeluarkan telur-nya.

Apa tanda-tandanya??
Burung betina yang memiliki masalah egg binding atau telur lengket sering kali menandakan seperti:

A. burung depresi dan murung.
B. nafas tersengal-sengal
C. tegang dan distensi perut
D. kotoran sedikit dan Encer
E. nafsu makan turun

Dari lima poin tersebut anda bisa perhatikan ketika burung betina mengalami Egg binding (terjerat) atau telur lengket. Biasanya tanda-tanda tersebut muncul ketika burung betina merasa kesulitan mengeluarkan telurnya. Tidak jarang banyak penangkar yang tidak mengetahui penyebab dan tingkah laku burung terkena egg binding, yang bisa menyebabkan burung lovebird mengalami kematian karena berjuang mengeluarkan telurnya itu.
Lakukanlah segera dengan penanganan yang cermat dan tidak usah panik.
Lakukan dengan hati-hati dan jangan sampai memperburuk keadaan burung betina tersebut.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar