√ Usia Lovebird Yang Siap Kawin - inilah Umur Ideal-Nya ...


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas usia atau umur ideal lovebird yang siap kawin.

Pada usia berapakah lovebird siap kawin?
Umur atau Usia lovebird yang siap kawin pada umumnya ialah antara 8-12 bulan dilihat dari anakan atau yang masih muda.

Pada masa-masa umur ideal ini biasanya lovebird yang siap kawin akan di awali dengan beberapa perilaku seperti birahi, dan di tandai dengan beberapa perilaku lainya seperti berikut:

Perilaku Jantan
Perilaku jantan yang sedang birahi akan di tandai dengan berperilaku sering manggut-manggut, sering berkicau seperti mencari pasangan.

Perilaku betina
Perilaku betina yang birahi akan di tandai dengan berperilaku membentangkan sayapnya, dalam hal ini seperti (ngeleper).

Dari beberapa tanda seperti diatas, maka kita wajib memberikan pasanganya jika memang untuk diternak.

jika sebelumnya lovebird tersebut sudah anda pasangkan. Maka langkah selanjutnya anda berikan saja kebutuhan lovebird agar proses perkawinannya berjalan denga baik.
Misalnya anda bisa siapkan glodok, bahan sarang lovebird yang baik. Dan jangan lupa berikan makanan sayuran yang dapat membantu meningkatkan dan menunjang birahi si jantan, seperti Kangkung, tauge, dan kwaci.

Selain memberikan sayuran sebagai penunjang dan meningkatkan birahi si jantan, anda harus siapkan air bersih yang cukup untuk mandi si burung betina maupun si jantan. Biasanya ketika betina selesai mandi dan berjemur maka betina seringkali mendekati si jantan untuk di kawin.

Dalam hal ini anda tidak usah memandikan atau menyemprotkan air ke burung lovebird. Jadi Selama proses perkawinan, lovebird cukup di diamkan saja pada kandang.

Namun jika lovebird anda sebelumnya belum pernah di pasangkan. Maka Anda bisa mencarikan pasangan yang sesuai keinginan anda pada lovebird dengan cara penjodohan.

Rekomendasi:
√ Bahan Sarang Lovebird Yang Baik Dan Bagus

Ketika proses penjodohan berlangsung, kedua burung lovebird jangan langsung di campur dalam 1 kandang. Tetapi cukup didekatkan saja dari kandang betina dan kandang jantan, agar saling mengenal terlebih dahulu.

Dekatkan pula makanan dan minuman dari kandang betina dan jantan (berhadapan) agar Ketika Lovebird jantan dan betina makan atau minum, seolah-seolah mereka dalam satu kandang dan berhadapan secara langsung. Biarkan proses penjodohan ini selama kurang lebih 4 hari.

Jika sudah dirasa cukup, maka campurkan antara burung betina dan burung jantan dalam satu kandang.

Perhatikan perilaku kedua lovebird tersebut. Jika sudah jodoh biasanya akan di tandai dengan hal-hal berikut:

- jantan dan betina selalu berdampingan.
- jantan seringkali meloloh betina
- jantan dan betina sering saling menyisir bulu sayapnya maupun kepalanya.dll

Ketika proses penjodohan berhasil maka anda siapkan beberapa perlengkapan untuk proses perkawinan, seperti Glodok dan bahan sarang lovebird untuk bertelur. Berikan pula sayuran seperti kangkung, tauge, dan kwaci.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai usia lovebird yang siap kawin, dan beberapa penjelasan cara singkat untuk menjodohkan..
Untuk secara mendetail cara penjodohan anda bisa lihat di artikel berikutnya.

Posting Komentar