√ Cara Mengatasi Lovebird Suka Gesek Tangkringan (Gestang), Lakukan Segera Tips Berikut ini ...


Di artikel ini saya akan membahas cara mengatasi Lovebird suka gesek tangkringan (lovebird gestang). Pada artikel kemarin saya sudah menjelaskan penyebab-penyebab umum yang  bisa menyebabkan perilaku Lovebird menjadi Gestang.

Setelah anda sudah megetahui apa penyebabnya, Maka langkah selanjutnya yaitu cara mengatasi Lovebird yang mengalami gestang, agar perilaku tersebut tidak terus dilakukan oleh lovebird peliharaan anda.

Perilaku gestang biasanya terjadi pada burung lovebird jantan saja, namun tidak menutup kemungkinan jika perilaku gestang juga bisa dialami oleh burung betina.

Untuk Penyebab gestang pada betina biasanya karena gatal pada area duburnya, dan mengalami cacingan pada area duburnya.

Jika penyebab perilaku gestang pada jantan, maka ada beberapa penyebab yang sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya.

jika sobat belum membaca apa penyebab lovebird gestang atau suka gesek tangkringan silakan baca dulu yaa..
√ Penyebab Lovebird Gesek Tangkringan (Gestang), Akibat Kesalahan Penangkar Dalam Merawatnya

Pada Perilaku lovebird gestang sebenarnya sangat memengaruhi penampilan burung jantan maupun betina tersebut, dimana perilaku gestang ini terkesan sangat intim atau jorok jika di pandang oleh orang lewat. Hehe

Bayangkan saja.. Jika kita lewat disalah satu rumah yang terdapat burung lovebird, namun di suguhkan dengan pemandangan Lovebird yang sedang asik mengawini tangkringan. Maka fikiran kita pun sama kayak orang lain... " uuhhh ngapain tuh".

bagi orang yang belum tau mungkin pemandangan seperti itu sangat ironis sekali, karena perilaku gestang sangat merusak penampilan.

jika pada perilaku Lovebird yang gestang ini dibiarkan saja, maka akan membuat burung tersebut tidak enak lagi untuk dipandang.. Bahkan terlihat sangat syurrr. Hehe

Nah di artikel inilah saya akan menjelaskan beberapa poin penting yang bisa anda coba untuk mengatasi dan menyembuhkan perilaku Gestang..

Apa saja cara untuk mengatasinya?? berikut dibawah ini akan saya bahas cara mengatasi Lovebird Gestang atau suka gesek tangkringan.

Mengatasi Lovebird Gestang Atau Suka Gesek Tangkringan


1. Berikan makanan dan sayuran yang higienis
Berikanlah makan, minuman dan sayuran yang bersih dan higienis. Setelah sobat memahami jika salah satu penyebab lovebird gestang ialah cacingan dan gatal pada area duburnya, maka sobat harus selalu memberikan makan dan minuman yang bersih, serta selalu menjaga kebersihan kandang.

2. Terapi semprot dengan air
Terapi semprot air ini bisa mengurangi kebiasaan buruk pada burung lovebird yang gestang. Caranya ialah ketika burung hendak mengawini tangkringan, maka lakukan segera semprot dengan air tepat pada bagian duburnya. Hal ini bertujuan untuk terapi saja dan meberikan efek jera pada burung yang hendak gestang.

3. Terapi tangkringan dengan Es batu
Cara yang ketiga untuk mengatasi Lovebird gestang yaitu dengan cara terapi burung lovebird dengan tangkringan es batu.

Yang di maksud disini ialah anda bisa menggunakan tangkringan plastik yang di tengahnya ruang berlubang. Nah dari lubang itulah tempat untuk menaruh es batu. Cara ini sangat efektif dan mencegah serta memberikan efek jera pada perilaku gestang.

4.Berikan pakan yang tepat
Berikanlah pakan yang tepat, bertujuan untuk membantu mengatasi dan mengurangi perilaku lovebird gesek tangkringan. Selama masa terapi ini, hendaknya pakan yang diberikan cukup milet putih saja dan sobat tidak perlu memberikan pakan tambahan lainnya, seperti kangkung, tauge, atau jagung manis. Karena sayuran tersebut menambah birahi Lovebird.

5. Gunakanlah tangkringan datar
Anda bisa mengganti tangkringan yang biasa/bulat dengan tangkringan yang datar.
Gunakan tangkringan datar untuk mencegah kebiasaan buruk pada burung lovebird. Anda bisa gunakan kayu datar seperti Kayu Reng, atau anda bisa mebelah dua dari tangkringan sebelumnya yang menggunakan kayu asam.

Rekomendasi:
√ 8 Cara Memilih Lovebird Yang Baik Untuk Pemula Supaya Tidak Menyesal

6. Sangkar tanpa tangkringan
Jika dirasa tangkringan datar tidak memberikan efek pencegahan, Maka langkah terakhirnya ialah menggunakan terapi kandang tanpa tangkringan.

Biarkan kandang Lovebird tersebut tanpa tangkringan dalam beberapa waktu hingga benar-benar kebiasaan gestangnya hilang.

Biarkan lovebird tersebut merambat diarea kandang. Karna hal ini sangat efektif untuk pencegahan dan penyembuhan kebiasaan buruk lovebird yang mengalami gestang.

Nah itulah cara terapi dan pencegahan dari perilaku buruk Gesek Tangkringan (gestang).

Semoga bermanfaat..

Posting Komentar