√ Penyebab Lovebird Gesek Tangkringan (Gestang), Kesalahan Penangkar Dalam Merawatnya


Banyak sobat yang menanyakan tentang burung lovebird kesayangan mereka, tentang perilaku lovebird yang tak biasa yaitu menggesek-gesekan tangkringan, atau biasa di sebut dengan Lovebird Gestang.

Perilaku lovebird yang gestang sangat mengurangi Penampilan bahkan terkesan lucu dan aneh jika terlihat mengawini tangkringan. Disamping berdampak buruk untuk kedepanya yaitu perilaku gestang pada lovebird juga akan menghambat proses produktifitas penangkaran (budidaya).

Pernah suatu saat saya mengunjungi / bermain kesalah satu teman saya yang merupakan hobby lovebird. Saya liat-liat koleksi lovebird temanku ini, namun ada pemandangan yang unik dimana lovebird ini sibuk mengawini tangkringan. Kata temanku ini, awalnya tidak gestang namun setelah beberapa kali ganti pasangan atau di jodohkan dengan lovebird betina lain, perilakunya berubah menjadi Gestang. Dan cuek terhadap lovebird betina lainnya.

Kita dapat menarik kesimpulan, ternyata perilaku lovebird gestang bukan di sebabkan karena faktor alami saja, namun ada beberapa sebab yang mungkin harus sobat ketahui. Apa sajakah penyebab lovebird menjadi Gestang?

Penyebab Lovebird Suka Gesek Tangkringan (Gestang)

1. Gonta ganti pasangan
Nah penyebab pertama yang menyebabkan lovebird menjadi gestang karena penangkar selalu mengganti burung betina dalam jangka yang pendek.

Dianjurkan ketika sobat ingin mengganti pasangan betina, hendaknya ketika lovebird dalam keadaan stabil, atau tidak dalam keadaan masa birahi. Artinya, ketika jantan masih masa-masa birahi, jangan mengganti jenis betina lainnya. alangkah baiknya memberikan jangka waktu ketika lovebird jantan sedang tidak birahi lagi.

Rekomendasi:
√ Penyebab Lovebird Sakit Mata (SNOT), Mata Lovebird Bengkak

2. Gatal pada area duburnya
Penyebab umum yang sering di jumpai lovebird menjadi gestang ialah karena gatal di area duburnya. Jika pada lovebird yang mengalami gatal seperti ini, maka sobat cukup rutin mengganti air yang biasa digunakan untuk mandi lovebird, rutin membersihkan kandang, serta menjaga kebersihan pada tangkringan. Dan jangan lupa untuk memberikan vitamin khusus untuk lovebird.

3. Cacing pada duburnya.
Penyebab kedua yang menyebabkan lovebird menjadi gestang ialah karena terdapat Cacing di dalam duburnya. Tidak menutup kemungkinan jika makanan seperti di sayuran yang di berikan lovebird terdapat cacing maupun ulat. Maka di anjurkan ketika akan memberikan makanan maupun sayuran harus dalam keadaan bersih dan tidak layu (bosok).

4. Akibat perlakuan kasar dari si betina.
Perlakuan kasar ternyata tidak terjadi pada manusia saja sob. Ternyata berlaku juga pada jenis burung lovebird. Yaitu ketika sang betina tidak mau di kawin oleh si jantan, tapi si jantan tersebut birahinya sedang dalam memuncak. Perlakuan betina ini terkadang langsung menggigit atau menciderai bagian kaki dan paruh si jantan. Dan pada akhirnya si jantan akan thrauma dan melampiaskan birahinya ke tangkringan.

Dan biasanya perlakuan betina yang seperti ini bisa mengkibatkan thrauma pada burung jantan yang mengakibatkan gestang berkelanjutan meskipun sudah di gantikan dengan betina lain.

5. Tidak diberikan pasangan
Nah.. Penyebab terakhirnya yang sering kali terjadi ialah karena lovebird jantan tak kunjung diberikan pasangan atau jodoh.

Setuju gak si sob... Kalo lovebird juga membutuhkan pasangan layaknya manusia. Karena lovebird juga di berikan sifat alamiah yaitu Nafsu.

Pada kasus ini... Lovebird jantan yang tak punya pasangan biasanya akan melampiaskanya pada tangkringan karena birahinya yang sedang memuncak.

Nah itulah beberapa penyebab lovebird Gestang yang saya tau.

Semoga artikel ini bermanfaat..

Posting Komentar