√ 9 Cara Memilih Lovebird Yang Baik Sebelum Membeli, Supaya Tidak Menyesal

ada beberapa alasan kenapa orang ingin memelihara atau ternak burung lovebird, karena keindahan yang terdapat pada burung lovebird ini mempunyai ciri khas utama yang cerah dan banyak varian warna yang disukai oleh banyak orang.

jika anda termasuk orang yang menyukai jenis burung paruh bengkok ini, maka anda perlu memperhatikan hal-hal dibawah ini ketika anda hendak membeli burung lovebird untuk di ternak atau di pelihara.


Tips Membeli Burung Lovebird (Memilih Lovebird)


1. Lovebird harus aktif
hal pertama yang harus anda lakukan sebelum memilih burung lovebird ialah anda harus memperhatikan burung lovebird tersebut seperti terlihat aktif atau murung.

jika burung lovebird terlihat diam atau murung, maka anda jangan membelinya. hendaknya anda membeli lovebird yang terlihat aktif.

2. bentuk paruh Lovebird
hal kedua yang perlu anda perhatikan ketika memilih burung lovebird untuk ternak atau sekedar di pelihara, hendaknya anda mempertimbangkan pada bentuk paruhnya seperti dibawah ini:

paruh yang baik meliputi:
a. paruh terlihat cerah mengkilap
b. paruh terlihat basah, besar dan lebar
c. paruh terlihat panjang menyesuaikan diameter kepalanya.

dengan mempertimbangkan ketiga diatas maka anda jangan memilih burung lovebird dengan paruh yang terlihat:

a. paruh kusam/pucat
b.paruh terlihat berkerut
c. paruh terlihat cacat

3. berkepala besar menyesuaikan badan
burung lovebird yang mempunyai fisik kepala yang besar biasanya mempunyai kualitas reproduksi yang baik dan mempunyai daya penyesuaian yang baik.

Rekomendasi:
√ Cara Mengatasi Lovebird Suka Gesek Tangkringan (Gestang), Lakukan Segera Tips Berikut ini ...

4. perhatikan postur tubuh lovebird
hal yang harus anda lakukan untuk memilih burung lovebird ialah memperhatikan bentuk tubuh yang berpostur sedang dengan leher, badan dan ekor.

selain itu, anda juga harus memperhatikan kaki pada burung, memperhatikan keserasian kaki burung itu penting sebelum anda membelinya.

hindari memilih burung lovebird yang memiliki kaki tidak serasi, seperti salah satu kakinya renggang, menjepit, atau terlihat pendek satu. dll

5. perhatikan pada sayapnya
sayap burung lovebird sangat mempengaruhi kualitas pada burung lovebird tersebut, disamping memperlihatkan keindahan, sayap burung lovebird harus menyesuaikan ketika ia sedang berkicau.

hindarilah pemilihan jenis burung lovebird dengan sayap: ngleper, sayap ngleper atau tidak normal menandakan burung tersebut sedang sakit. atau anda bisa perhatikan ketika burung lovebird tersebut terbang apakah sayapnya terlihat sempurna atau tidak.

pilihlah sayap yang menjepit sempurna
dengan sayap menjepit artinya burung lovebird tersebut mempunyai daya terbang yang kuat dan menandakan jenis burung ini sehat.

6. perhatikan cara kaki mencengkram
kekuatan cengkeraman kaki lovebird juga bisa mempengaruhi sehat atau tidaknya pada suatu burung.

jika jari-jari pada burung lovebird tidak rapat ketika mencengkram, maka burung ini sedang dalam keadaan kurang baik. hendaknya pilihlah burung yang mempunyai daya cengkeram yang kuat, jari-jari merapat kuat pada tangkringan.

7. perhatikan pada mata lovebird
penting sekali ketika anda hendak memilih burung lovebird dijadikan ternak atau hiasan. disamping masalah yang sering dialami penangkar ialah mata lovebird terjangkit SNOT atau sakit mata.

hindari memilih lovebird yang mempunyai mata terlihat berlendir, keluar air, tertutup sebagian dll.

maka hendaknya anda memilih lovebird dengan mata cerah, terlihat lebar sempurna dan tidak berlendir.

8. nafsu makan yang besar
burung lovebird yang mempunyai nafsu makan besar menandakan burung ini sehat. dengan nutrisi yang cukup maka burung lovebird akan terlihat aktif dan lincah.

9. bulu yang cerah
hal terakhir yang harus anda perhatikan ialah, anda harus memperhatikan warna pada burung lovebird tersebut. jika warnanya tampak cerah, pekat dan mengkilap maka menandakan burung tersebut sehat.

begitupun sebaliknya jika terdapat warna bulu yang terlihat kusam, dan terlihat tidak teratur maka sebaiknya anda jangan pilih.

nah itulah 9 tips yang perlu anda coba sebelum memilih burung love bird untuk di ternak atau di jadikan hiasan rumah.
semoga bermanfaat

Posting Komentar