√ Penyebab Lovebird Sakit Mata (SNOT), Mata Lovebird Bengkak


Penyakit snot (sakit mata) pada burung lovebird sudah tidak jarang lagi membuat para penangkar merasa was-was dengan salah satu penyakit ini. Selain dapat mengakibatkan kematian pada burung lovebird, penyakit snot ini juga bisa menyebabkan penularan pada burung Lainnya.

Oleh sebab itu, para penangkar harus lebih cermat dan sigap ketika Penyakit snot ini mengidap pada burung lovebird anda. Jika tidak segera di atasi maka bisa menyebabkan kematian pada burung lovebird kesayangan anda.

setelah kemarin saya menjelaskan cara mengobati snot pada burung lovebird. Maka dalam artikel ini saya akan mengulas penyebab loverbird sakit mata atau terkena Snot beserta di tandai dengan gejala pada burung lovebird.

Kesuksesan para penangkar burung loverbird sangat di harapkan oleh pecinta burung lovebird ini. Maka dalam hal ini para penangkar berharap menghindari dari segala Penyakit yang dapat menyerang burung lovebird kesayangannya.

Penyebab lovebird sakit mata atau terkena Snot

1. Kandang Kotor
Hal paling umum yang dapat mengakibatkan Penyakit snot ataupun penyakit lainya ialah karena kondisi kandang tersebut yang tidak bersih, atau kandang lovebird jarang di bersihkan.

Perlu di perhatikan jika sobat mempunyai peliharaan di rumah maka hal yang paling utama ialah kebersihan kandang, seperti fases burung, debu, bakteri dll. jika kandang tidak bersih, maka akan mengakibatkan banyak sekali bakteri dan virus yang menyebar di area kandang tersebut.

Dalam hal kebersihan, sobat juga harus memperhatikan wadah/ tempat pakan dan minumnya.. Bersihkanlah kandang lovebird secara teratur. Minimal 5 hari sekali ataupun seminggu sekali.

Dan jangan lupa selalu bersihkan pula tempat tangkringan burung, karena tempat tangkringan seringkali di gunakan oleh burung lovebird untuk menggesek-gesekan kepala dan paruhnya.

2. Angin terlalu kencang
Penyebab kedua yang paling umum ialah karena adanya tekanan angin yang terlalu kencang pada kandang burung lovebird, angin kencang membuat mata lovebird tidak nyaman, Dalam hal ini mata lovebird terasa perih dan mata menjadi berair.
Posisikanlah kandang yang tidak terlalu kencang anginnya. Anda bisa melihat arah angin dan memposisikan kandang yang berlawanan dengan angin, atau misal tertutup tembok dll.

Rekomendasi:
√ Cara Menjodohkan Lovebird Jantan Dan Betina, Agar Cepat Kawin Dan Bertelur ....

3. Tangkringan yang Kotor
penyebab ketiga yang jarang di perhatikan dan membuat lovebird snot / mata lovebird bengkak ialah karena tangkringan pada sangkar burung tidak bersih atau kotor.

Perlu sobat ketahui bahwa lovebird sangat senang menggesek-gesekan paruhnya dan kepalanya pada tangkringan. Jika anda perhatikan, maka seringkali burung lovebird suka menggesek-gesekan kepala dan paruhnya pada tangkringan setelah lovebird selesai makan maupun mandi. Apa jadinya jika tangkringan yang sering di gunakan untuk menggesek-gesekan tersebut kotor dan banyak bakteri.

Maka sebaiknya sobat selalu membersihkan bagian tangkringan ini dengan sabun maupun anti bakteri.

4. Bahan sarang yang tajam
Bagi para penangkar atau peternak pemula hendaklah selalu memperhatikan bahan sarang yang akan di gunakan untuk berternak lovebird.

Ingat, sobat harus cermat ketika akan memberikan bahan sarang lovebird, terkadang seringkali dari bahan sarang tersebut terdapat serutan-serutan yang tajam, terutama bagi peternak yang menggunakan bahan serutan bambu, Oleh sebab itu jika ingin menggunakan bahan sarang lovebird dari serutan bambu sobat harus dipilih-pilih dulu mana yang bagus dan mana yang tidak.

Rekomendasi Sarang Lovebird:
√ Bahan Sarang Lovebird Yang Baik Dan Bagus

Jika menemukan serutan bambu yang tajam hendaknya di buang, karena lovebird yang didalam glodok seringkali menumpuk dan mengumpulkan terlebih dahulu sebelum di rangkai menjadi sarang. Dikhawtirkan bagian serutan bambu yang tajam ini  bisa menciderai bagian mata Lovebird. Maka dengan ini sangat dianjurkan sekali untuk bisa memilih-milih atau memisahkan bagian serutan yang baik dan yang tidak.

Gejala penyakit mata (snot) pada lovebird

Setelah sobat mengetahui apa penyebab lovebird snot atau lovebird mata bengkak, maka ada gejala dan tanda tertentu ketika lovebird menderita Penyakit snot (mata bengkak), maka sobat harus tau apa saja gejala (tanda) Lovebird sedang menderita Penyakit ini yaitu:

1. Lovebird sering murung (diam tidak beraktifitas dan cenderung suka menyendiri).
2. Tidak memiliki selera makan maupun minum (tidak nafsu makan).
3. Seringkali tidur di tangkringan dengan menyembunyikan kepalanya disayapnya.
4. Kelopak mata Lovebird bengkak atau di tandai dengan kemerahan dan pembengkakan seperti ada daging di area matanya.
5. Mata lovebird sering mengeluarkan air
6. Enggan untuk berkicau (macet bunyi).
7. Seringkali menggesek-gesekan area matanya di tangkringan.
8. Mengalami gatal di area matanya.

Nah.. Itulah beberapa penjelasan mengenai lovebird yang terkena penyakit Snot dan gejala yang di tandai jika lovebird mengidap penyakit snot.

Semoga informasi ini bermanfaat..

Posting Komentar