√ Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Bagi Pemula

burung lovebird sangat digemari oleh banyak orang, karena warna bulunya yang indah sekaligus cara bersuaranya sangat khas dengan ngekeknya.

selain itu, burung  lovebird mempunyai daya tarik yang kuat yaitu warna yang cerah dan bervariasi, banyak juga kalangan muda mudi dan dewasa memelihara burung lovebird ini.


banyak penangkar yang berusaha membudidayakan-nya agar terus berkembang biak. namun penangkar sering menemukan masalah pada burung  lovebird-nya, seperti lovebird tidak mau berjodoh, lovebird susah bertelur, dan lovebird tidak mau mengerami telur-telurnya.

nah di pembahasan kali ini saya akan membahas cara ampuh berternak lovebird agar cepat kawin, bertelur dan cepat menetas.

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Dan Menetas

1. perhatikan usia kedua lovebird

hal pertama yang harus anda lakukan ialah memperhatikan usia pada kedua jenis lovebird tersebut.

"untuk usia lovebird mapan atau lovebird yang siap kawin (produksi) ialah antara 8-12 bulan".

di artikel sebelumnya sudah saya bahas tentang usia lovebird yang siap kawin. silakan anda baca di artikel sebelumnya di blog ini.

Rekomendasi:
√ Penyebab Lovebird Belum Bertelur / Tidak Bertelur Setelah Penjodohan

2. pastikan jenis kelamin kedua lovebird tersebut adalah jantan dan betina

hal kedua yang harus anda perhatikan ialah jenis kelamin kedua lovebird tersebut.

nah inilah yang perlu di perhatikan bagi seorang pemula yang ingin berternak burung lovebird. banyaknya kegagalan yang sering dialami oleh penangkar ialah salah ketika menjodohkan burung lovebird tersebut seperti jantan dengan jantan, betina dengan betina.

sebelum anda melakukan berternak pastikan terlebih dahulu pasangan lovebird tersebut agar proses berternak nantinya berjalan dengan lancar.

3. tempatkan kandang jauh dari kebisingan dan gangguan hewan lain

untuk memperoleh berternak yang sukses, anda harus memperhatikan posisi dan kondisi lingkungan. kegagalan yang sering terjadi ialah sebab lingkungan yang tidak tenang karena mengganggu proses ternak lovebird tersebut, seperti lingkungan yang bising/berisik dan banyaknya hewan yang sering mengganggu seperti tikus, kucing, ayam dll

4. berikan pakan yang sesuai

untuk proses berternak yang sukses anda harus menyiapkan beberapa kebutuhan yang lain seperti sayuran, millet dan bila perlu tambahkan makanan yang mempunyai asupan gizi yang baik.

untuk millet baiknya anda menggunakan yang campuran dan berikan secukupnya. jika nanti proses kawin sudah terlihat, anda harus menambahkan  pakan lebih banyak,. karena ketika proses produksi membutuhkan makanan yang lebih banyak dan sumber protein yang banyak untuk membantu pengembangan telur di dalam perut indukan.

5. siapkan glodok dan bahan sarang lovebird yang baik

hal kelima yang harus anda lakukan  untuk beternak ialah seperti anda menyiapkan glodok dan sarang yang baik untuk lovebird.

untuk pembahasan sarang yang baik sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya, silakan cek artikel lainya di blog ini.

pastikan anda tidak memberikan sarang yang tidak mempunyai sirkulasi udara dan menyebabkan penimbunan fases yag buruk seperti kertas, plastik, daun kering dll.

6. jangan di ganggu

hal terakhir yang sering dilakukan oleh penangkar pemula ialah mempunyai rasa penasaran yang tinggi.
ingin mengetahui apakah lovebird sudah kawin?, apakah lovebird sudah bertelur?
ya, kamu pasti merasakan hal tersebut yang membuat rasa penasaran bukan?

perlu anda ketahui, ada sebagian lovebird yang merasa tenang ketika glodok di buka, namun ada juga lovebird yang ngamuk ketika glodok dibuka, seperti memindahkan telur, memecahkan telurnya, dan membuang telurnya sendiri.

jika hal tersebut terjadi, maka proses berternak akan gagal.

maka pahami karakter dari kedua burung lovebird tersebut sebelum anda cek glodok.
sebab kegagalan dan keberhasilan berternak lovebird adalah tergantung pada cara anda sendiri.

nan itulah pembahasan yang saya jelaskan kepada anda, cara sederhana yang sering saya lakukan dalam berternak lovebird.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar