√ Asal Usul Lovebird Biola dan Ciri Khas yang dimilikinya

Burung lovebird merupakan salah satu jenis burung kicau yang sangat di gemari oleh banyak orang, selain sebagai kegiatan hobi, burung lovebird juga seringkali dijadikan sebagai budidaya.

Salah satu dari jenis Lovebird yang sering dicari dan belum banyak diketahui oleh orang ialah jenis Lovebird Biola. Sama halnya dengan jenis Lovebird yang lain, burung ini juga dipelihara sebagai hiasan rumah karena mempunyai warna yang sangat cantik dan indah.

Jenis Lovebird ini juga sudah banyak yang membudidayakannya untuk mendapatkan keturunan, selain itu juga dipersiapkan untuk mengikuti kontes lomba.


Daya tarik dan keunikan yang bisa anda lihat dari jenis Lovebird ini yakni warna-warnanya yang terang dan harganya juga cukup mahal. Warna-warna yang unik inilah yang menjadikan Lovebird Biola banyak sekali diternak oleh penghobi Lovebird untuk dapat memperoleh keturunan dengan warna yang sama.

Jika dilatih dengan baik dan benar, maka Lovebird jenis Biola ini bisa menghasilkan bunyi ngekek yang panjang dan terdengar sangat nyaring. Tak hanya itu saja, bisa juga jenis Lovebird Biola ini mempunyai suara yang ngerol panjang.

untuk bisa mengetahui kisaran harganya, bisa anda lihat dari jenis lovebird ini mulai dari grade A, B, hingga dengan Grade C. Grade ini telah dinilai dari kualitas warnanya yang sesuai.

Apabila dilihat dari nilai harganya, jenis Lovebird Biola ini adalah jenis Lovebird yang sangat mahal. sebab, Biasanya kualitas dari burung itu dinilai dari umurnya dan juga dari khas warna bulunya.

Jenis Lovebird Biola ini ialah jenis Lovebird yang paling mudah untuk dikenali yaitu pada bagian warna bulunya dan pada bagian kepalanya yang berwarna merah terang serta terlihat pekat. Oleh karena itu, jenis Lovebird ini termasuk dalam jenis sable.

Asal Usul Lovebird Biola

Asal usul dari jenis Lovebird Biola ini jika secara umum yaitu berasal dari Australia. Akan tetapi, jenis Lovebird Biola juga disebut dengan nama Opaline, jika  di negara asalnya ini pertama kali ditetaskan di Becky Anderson Bird Farm, Michigan, area Amerika Serikat.

Asal usul jenis Lovebird Biola pada anakan yakni dari mutasi indukan jantan dan betina Lovebird jenis muka salem biasa atau disebut dengan Peachface.
Lalu untuk tetasannya yang pertama kali yang bisa didapatkan yaitu pada tanggal 18 Januari 1997 silam.

Jika dilihat dari hasil mutasi yang berhasil ini, semua penangkar Lovebird dari Australia dan Eropa juga ikut serta melakukan mutasi dari indukan jenis Lovebird Muka Salem untuk bisa Menghasilkan jenis yang sama.
jenis Lovebird Biola atau Opaline ini yang pertama kalinya dihasilkan ialah jenis Green Opaline. Yang mana cirinya pada kepalanya mempunyai warna merah, badan hijau, serta unsur bagian ekornya juga merah nyaris sama seperti oranye.

Tak hanya itu saja, Lovebird Biola juga menjadi salah satu indukan favorit untuk disilangkan dengan jenis Lovebird yang lainya. Hasil persilangan tersebut pada umumnya akan menjadikan warna pada kepalanya menjadi berubah.

Jadi, jenis Lovebird Biola ini adalah jenis Lovebird Fischery yang mengalami proses mutasi, dengan hasil bulu pada kepalanya terlihat bersih dan cukup terang.
jenis Lovebird Biola ini juga mempunyai beberapa macam dan ragam warna yang berbeda-beda jika dilihat dari warna dan ciri-ciri yang lainnya.

Ciri Khas Lovebird Biola 

Setelah anda memahami asal usul dari jenis Lovebird Biola tersebut, usahakan juga untuk mengetahui karakteristik dari jenis Lovebird Biola tersebut.
Untuk Ciri khas utama dari jenis Lovebird Biola diantaranya yakni pada warna bulu tubuhnya berwarna hijau lembut. Lalu untuk warna hijaunya terlihat bertolak belakang dengan jenis Lovebird lainnya. ada juga yang Terdapat jenis Lovebird Biola yang mempunyai warna hijau dengan dominan kekuningan.

jenis Lovebird Biola juga bisa mempunyai suara ngekek yang panjang, cocok sekali dengan perawatan dan pemasteran dari indukannya.

pada Warna hijau Opaline juga terlihat lebih terang dari warna Lovebird yang lainnya.
pada Bagian antara punggung serta pada unsur ekornya juga tidak berwarna biru, akan tetapi mempunyai warna hijau terang seperti halnya warna pada bagian badannya.

jenis Lovebird Biola yang usianya masih muda, warna di bagian belakang kepalanya mempunyai warna kuning. Jika warna pada anakan yang menginjak dewasa, warnanya bisa menjadi merah terang dan pekat.