√ Jenis Bahan Sarang Lovebird Yang Sering Di Gunakan indukan Ketika Di Alam Bebas (Alam Liar)

di pembahasan kali ini saya akan mengulas tentang bahan sarang lovebird yang digunakan pada saat di alam liarnya.

bahan sarang yang digunakan oleh burung lovebird ketika di alam liarnya sangatlah berbeda jauh dengan bahan sarang yang kita berikan pada saat berternak burung lovebird. seperti serbuk kayu ataupun dengan serutan bambu.

pada dasarnya burung lovebird membuat sarangnya ialah dengan cara melubangi pohon kayu yang sudah mengering, kemudian akan menempatinya untuk di jadikan sebagai sarang dan tempat tinggalnya.

seperti halnya dengan burung pelatuk yang membuat sarangnya dengan melubangi pohon kayu untuk dijadikan sarang.


Bahan Sarang Lovebird Di Alam Liar (Alam Bebas)

bahan sarang lovebird pada saat di alam liarnya ialah menggunakan bahan-bahan campuran untuk menghangatkan telur dan indukan burung lovebird.

namun meskipun berbeda dengan bahan yang kita berikan ke burung lovebird tersebut, akan tetapi mempunyai fungsi dan manfaat yang sama untuk menghangatkan telur dan burung indukannya.

bahan apa saja yang sering digunakan oleh burung lovebird pada saat di alam bebas?

1. jerami milet



jerami milet ialah salah satu jenis bahan sarang lovebird yang sering digunakan untuk membuat sarangnya ketika di alam bebas.

Rekomendasi:
√ Poin Penting, Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula Agar Sukses Dan Berhasil

bahan ini hampir sama dengan jenis jerami padi yang sering kita gunakan untuk sarang lovebird pada saat kita berternak lovebird.

burung lovebird akan memilih jenis jerami milet yang sudah mengering untuk di gunakan sarang burung lovebird pada saat indukan akan bertelur.

fungsi dari jerami milet ini sangat bermanfaat dan berfungsi untuk menghangatkan telur-telur lovebird dan juga indukannya pada saat berproduksi.

selain hal tersebut juga mempunyai fungsi ventilasi udara yang sangat baik dan juga mempunyai daya serap yang baik untuk fases burung indukan pada saat sedang mengerami.

2. ranting phon kecil yang kering
bahan sarang yang kedua yang sering digunakan oleh lovebird pada saat di alam liarnya ialah dengan menggunakan ranting pohon kecil yang kering.

ranting pohon kecil yang kering ini akan di gunakan sebagai pembatas pinggir dari sarang tersebut dari gangguan hewan lain. adapun pohon ranting ini akan digunakan sebagai pelengkap oleh burung lovebird ketika membuat sarangnya.

artinya sarang yang digunakan dari pohon ranting kecil kering ini bukanlah 100% menggunakan pohon ranting yang kering saja. melainkan ada beberapa bahan yang di gunakan oleh burung lovebird selain dari ranting pohon ini.

3. jerami padi
bahan sarang yang digunakan oleh burung lovebird pada saat di alam liarnya ialah dengan menggunakan jerami padi yang sudah mengering.

bahan-bahan ini akan di gunakan sebagai bahan campuran untuk menghangatkan telur lovebird. sebab memiliki daya ventilasi dan daya serap yang cukup baik dan juga sebagai penghangat telur yang sangat baik.

4. rumput kering
bahan terakhir yang di gunakan oleh lovebird untuk membuat sarang ketika di alam liarnya ialah dengan menggunakan bahan rumput yang kering.

rumput kering ini akan di jadikan alas ketika pembuatan sarang lovebird, sebab untuk menghindari dari terbenturnya telur secara langsung dengan sarangnya ketika di pohon.

rumput yang kering ini sangat baik sekali untuk dijadikan sebagai bahan sarang lovebird sebagai penghangat dan juga agar anakan yang menetas dapat mencengkram dengan baik.

nah.. itulah beberapa sarang alami yang sering digunakan oleh  burung lovebird pada saat di alam liarnya.

sama dengan pemberian bahan sarang yang kita berikan ke indukan burung lovebird untuk menghangatkan burung indukan dan juga untuk menghangatkan telur lovebird.

semoga bermanfaat.

Posting Komentar