√ Cara Melatih Burung Trucukan Nggaruda (Berkicau Sambil Nggaruda)

Burung trucukan ialah salah satu jenis burung kicauan yang sudah banyak dipelihara oleh para pecinta burung kicauan pada saat ini.

karena harga burung trucukan yang dinilai sangat murah meriah, seringkali di anggap sebelah mata oleh penggemar burung kicauan karena warnanya yang biasa saja dan harganya yang terbilang sangat murah dan tidak menguntungkan.

Akan tetapi, dibalik semua itu ternyata burung trucukan juga bisa mempunyai suara kicauan yang sangat bagus meskipun harganya terbilang murah. Terlebih lagi jika burung trucukan ini dipelihara dengan baik dan benar.

Burung trucukan juga bisa mempunyai gaya yang sangat eksotis yaitu menggaruda atau mengepakan sayapnya sambil berkicau. Hal ini tentunya akan membanggakan bagi orang yang sudah memeliharanya.


Cara Melatih Burung Trucukan Nggaruda

Menggaruda atau nggaruda ialah suatu bahasa yang sering dipakai oleh para pecinta burung kicauan untuk menandakan burung trucukan yang akan membuka sayapnya.

Sebab, burung trucukan yang nggaruda tersebut mempunyai bahasa seperti ingin menunjukkan wilayah teritorialnya atau kekuasaannya.

Terlebih lagi, apabila yang dilakukannya itu disertai dengan kicauan dan juga dengan cara yang berulang-ulang pasti akan mempunyai daya tarik yang sangat indah.

Rekomendasi:
√ Cara Melatih Trucukan Cepat Gacor, Ngerol dan Ngeropel

Berdasarkan keterangan dari para pe-cinta trucukan yang telah berpengalaman, hal tersebut hanya terjadi pada burung yang telah jinak dan mempunyai mental yang cukup baik. Kemudian untuk burung trucukan yang masih bakalan dan trucukan yang masih liar, maka paling jarang melakukan gaya menggaruda seperti itu.

Untuk memperoleh burung trucukan peliharaan anda mau menggaruda, inilah beberapa tips yang akan saya bahas cara melatih burung trucukan menggaruda:

1. Menempelkan Dengan Burung Lain

Untuk melatih burung trucukan agar mempunyai gaya menggaruda, usahakanlah anda harus sering menempelkan sangkar burung trucukan dengan burung yang berbeda jenisnya.

Misalnya: kandang trucukan di dekatkan dengan kandang burung jenis  yang lainnya seperti jalak suren, cucak ijo, atau cucak jenggot.

Setelah Selama 5 menit di dekatkan dengan burung jenis lainnnya, silakan dijauhkan kembali. Dalam hal ini untuk memunculkan sifat menggarudanya.

Anda dapat melakukan cara seperti itu secara berkala. Tujuannya yaitu agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Ini semua dilaksanakan untuk melatih mental burung trucukan agar cepat menggaruda seperti menjaga kawasan teritorialnya pada saat di alam liarnya.

2. Memancing Dengan Menggunakan Burung Liar

Memancing trucukan dengan memanfaatkan jenis burung liar ini memang diyakini dapat membuatnya cepat memiliki sifat menggaruda.

Hal ini dilakukan supaya burung trucukan tersebut dapat menunjukkan wilayah kekuasaannya. Diantaranya yaitu dengan sering menjemur di dekat burung sekitar, seperti burung gereja. kemudian anda tebarkan milet untuk mengundang burung gereja tersebut.

Dengan demikian, burung trucukan yang anda pelihara akan cepat menunjukkan wilayah kekuasaannya dengan cara mengepakkan sayap sambil berkicau.


3. Melakukan Perawatan dengan Teratur dan Sabar


Untuk melatih burung trucukan agar mau menggaruda, anda harus membuat burung trucukan tersebut merasakan nyaman di kandang dan nyaman juga pada lingkungannya. Kemudian, usahakan anda harus sering melakukan interaksi dengan burung trucukan tersebut.

Misal, Anda bisa mengganti air minum setiap harinya, bisa juga dengan cara memandikannya secara langsung, atau bisa juga anda memberikan tambahan makanan dan menjemurkannya.

Anda juga bisa melakukan dengan cara menggantangkan trucukan tersebut di sekitar depan pintu masuk. Jika pada saatnya ada orang yang lewat di depanya, maka burung trucukan akan menggaruda dengan sendirinya sambil berkicau.

Agar bisa memperoleh hasil yang maksimal ketika melatih burung trucukan untuk menggaruda, maka anda bisa melakukan beberapa cara di atas secara bersamaan Atau Bisa juga dengan teknik secara bergantian.

Jika burung trucukan yang anda pelihara telah mulai menggaruda, tentunya jika di jual harganya akan jauh lebih tinggi dari pada harga burung trucukan yang standar.

Ketika melatih burung trucukan untuk menggaruda memang tidak dapat dilakukan secara instan, akan tetapi bisa dilakukan dengan cara bertahap seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Jadi anda harus bersabar dan telaten untuk merawat dan melatih burung trucukan tersebut.

semoga bermanfaat.

Posting Komentar