√ Cara Memikat Burung Walet Agar Mau Bersarang Di Gedung Atau Rumah

Bagi anda yang suka dengan budidaya burung walet, pastinya rumah atau bangunan khusus yang sudah anda sediakan ingin cepat-cepat diinapi oleh kawanan kelompok burung walet.

Hanya saja, tidak semua penghobi burung walet dapat memikat kelompok kawanan burung walet. Sebab, ada cara khusus untuk mendatangkan burung walet dan juga memikat burung walet agar cepat di inapi oleh sekelompok burung walet.

Apabila anda ingin mendapatkan walet yang diinginkan cepat menginapi bangunan yang sudah disediakan, pastikan anda harus mengetahui teknik dan cara memikat burung walet supaya cepat bersarang.


di pembahasan kali ini, saya akan berbagi cara khusus yang bisa anda gunakan untuk memikat burung walet agar cepat mendatangi dan menempati bangunan yang sudah anda sediakan.


Cara Memikat Burung Walet Agar Cepat Bersarang

1. Menggunakan Cara Aromatik 
Salah satu cara memikat burung walet agar cepat bersarang di gedung atau rumah yaitu dengan memakai teknik aromatik.

Untuk membuat wewangian yang dikhususkan untuk memikat burung walet, maka anda harus memanfaatkan kotoran burung walet.

Caranya yaitu, anda harus siapkan 10 kg kotoran walet dan campurkan dengan 5 liter air, kemudian aduk sampai merata. Setelah itu, endapkanlah terlebih dahulu larutan tersebut sampai 5 hari.

langkah selanjutnya, saring endapan tersebut  yang sudah di endapkan untuk memisahkan antara bahan dan cairan yang sudah dihasilkan tadi.

Rekomendasi:
√ Cara Ternak Dan Budidaya Walet Dengan Baik Dan Benar

Cairan yang sudah dihasilkan bisa anda campurkan dengan minyak ikan yang perbandingannya antara 3:1. kemudian Aduklah hingga merata.

Jika sudah, anda semprotkan cairan tersebut yang sudah jadi keseluruh bagian dinding dan tembok untuk tempat tinggal walet.

Untuk Penyemprotan bisa anda lakukan seminggu sekali. Walaupun wewangian walet tersebut dapat mendatangkan burung walet untuk hinggap di rumah ataupun dinding bangunan, namun cara ini tidak boleh secara berlebihan, Sebab untuk menjaga populasi burung walet di alam liarnya.

Perlu di ketahui, kotoran burung walet dapat menimbulkan dan menghasilkan gas amonia, asam belerang, dan juga karbondioksida. Dimana zat tersebut dapat membuat tempat burung walet menjadi tercemar. Dengan begitu, tempat tinggal yang akan di gunakan untuk sarang burung walet akan menjadi tak sehat lagi untuk bersarang maupun untuk budidaya.

Jadi lakukanlah ketika pertama kali saja untuk mendatangkan burung walet, selebihnya ketika burung walet sudah menempati tempat tersebut, maka tidak boleh di semprotkan kembali.

Menggunakan Bunyi Khusus 
Bunyi eksklusif sangat berperan penting sebagai media promosi untuk memanggil burung walet agar masuk dan bersarang di tempat yang sudah disediakan.

Ketika memasang bunyi khusus ini, pastikanlah anda tidak memanggilnya secara asal-asalan, namun Anda harus menyesuaikan bunyi panggil dengan tempat pembudidaya.

Jika tempat rumah burung walet pembudidaya terdapat di tengah pemukiman, maka bunyi panggil yang sesuai ialah dengan menggunakan bunyi panggil yng berkarakter anakan wallet.
Sebab, Jenis bunyi ini tujuannya untuk mendatangkan indukan ke tempat yang telah disediakan.

Berbeda halnya dengan tempat rumah burung walet pembudidaya di tengah hutan, maka bunyi panggil yang sesuai yaitu jenis bunyi yang memiliki karakter bunyi walet remaja dan bunyi walet birahi. Hal ini mempunyai tujuan untuk mendatangkan walet remaja agar datang ke tempat yang sudah disediakan.

Menggunakan Telur Bebek 
Anda juga dapat menggunakan telur bebek untuk memikat burung walet supaya cepat bersarang di bangunan yang sudah disediakan.

Caranya ialah anda siapkan telur bebek sebanyak 7 butir untuk diambill putih telurnya, dan siapkanlah 4 sarang walet. Setelah itu, seluruh bahan di campurrkan dengan air sebanyak 60 liter.
kemudian Endapkanlah campuran bahan tersebut pada tempat yang tertutup sekitar 2 minggu.

Kemudian Lakukanlah penyemprotan di area dinding yang akan digunakan untuk sarang burung walet.

Untuk mengerjakan penyemprotan tersebut, anda harus mempertimbangkan kapan waktunya. Adapun waktu yang tepat untuk penyemprotan yang baik yaitu saat di atas jam 10 pagi dan jam 3 sore.

Dalam hal ini, pastikanlah cuaca di luar ruangan tengah terik matahari.

Menggunakan Hygrometer 
Cara memikat burung walet supaya cepat bersarang selanjutnya yaitu dengan memakai alat hygrometer.

tujuannya agar Anda dapat mengetahui suhu dan kelembaban habitat asal dari burung walet dengan memakai alat hygrometer ini.

Dengan begitu, anda bisa menyesuaikannya di lokasi yang sudah disediakan khusus untuk burung walet tersebut.
Alat yang satu ini bisa anda beli dengan mudah di toko-toko tani atau budidaya hewan.

Posting Komentar