√ Manfaat Kerodong Kandang Untuk Burung Lovebird

Di pembahasan kali ini, saya akan membahas mengenai fungsi kerodong kandang yang sering di gunakan oleh penangkar untuk menutupi kandang lovebird pada saat-saat tertentu.

mungkin anda akan langsung mengetahui jika fungsi kerodong kandang ialah untuk menghangatkan dan mencegah burung tersebut dari stres ketika burung dibawa ke tempat lain.


selain dari hal tersebut, ada beberapa hal penting dan fungsi tertentu dari kerodong kandang yang sering di gunakan.

Fungsi Kerodong Sangkar / Kandang

di bawah ini saya akan menjelaskan beberapa fungsi kerodong kandang yang harus anda ketahui.

1. untuk mencegah stres pada saat di jalan

hal pertama yang sudah terlihat umum ialah untuk mencegah burung menjadi stres pada saat burung lovebird dibawa ke tempat lain.

mungkin ketika anda akan membawa burung lovebird ke tempat lain atau area perlombaan, maka suatu hal yang wajib bagi anda untuk mengkerodong kandang tersebut, agar tidak terjadi stres pada saat burung lovebird di perjalanan menuju ke tempat lain.

2. untuk melatih konsentrasi lovebird pada saat pemasteran

fungsi kerodong yang kedua ialah pada saat anda melatih pemasteran pada burung lovebird, maka anda mengharuskan menutup/mengkerodong kandang untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat pada burung tersebut.

sebab, dengan cara mengkerodong kandang maka akan mempermudah burung tersebut mendapatkan konsentrasi penuh pada saat mendengarkan suara pemasteran.

maka sangat dianjurkan ketika memaster burung kicau dalam keadaan kandang harus tertutup oleh kerodong.

Rekomendasi:
√ Jenis Bahan Sarang Lovebird Yang Sering Di Gunakan indukan Ketika Di Alam Bebas (Alam Liar)

3. mempercepat proses mabung

fungsi kerodong yang selanjutnya ialah pada saat burung kicau yang sedang mengalami mabung sangat membutuhkan ketenangan dan juga perawatan yang eksklusif.

pada saat burung kicau yang anda pelihara sedang mengalami proses mabung, maka di anjurkan untuk mengkerodong kandang agar proses mabung tidak terganggu oleh aktifitas sekitar, sebab burung kicau yang sedang mengalami proses mabung membutuhkan istirahat yang banyak untuk menumbuhkan bulu-bulu baru.

jika burung kicau yang anda pelihara mengalami gangguan pada saat mabung, biasanya akan mengakibatkan burung menjadi gagal mabung dan juga akan menjadi stres karena mabungnya tidak kunjung selesai.

4. melindungi dari gigitan serangga

burung lovebird juga bisa merasakan terganggu pada saat tidur di gigit oleh serangga, misalnya seperti serangga kecil yang suka hinggap di lampu, nyamuk dan juga serangga kecil terbang yang lainnya.

biasanya serangga seringkali menggigit pada area kaki lovebird, dan ini bisa menyebabkan kaki burung lovebird tersebut kakinya menjadi merah dan juga bersisik.

dengan mengkerodong kandang pada saat malam hari maka akan menjadikan burung lovebird yang anda pelihara menjadi nyaman.

5. kehangatan

kebiasaan burung lovebird pada saat di alam liarnya ialah masuk pada sarang kayu yang mereka buat pada pohon-pohon di alamnya.

maka dengan cara anda mengkerodong sangkar atau kandang pada saat malam hari, maka akan membuat burung lovebird menjadi merasa hangat dan juga nyaman.

selain hal tersebut, udara pada saat malam hari terasa sangat dingin dan juga bisa membuat burung lovebird menjadi sakit.
apalagi jika terkena sinar lampu pada saat malam hari, maka istirahatnya akan merasa terganggu karena sinar lampu tersebut.

pada saat musim hujan telah tiba, maka anda di anjurkan untuk merawatnya dengan baik dan benar, dan juga selalu memperhatikan kondisi burung peliharaan pada saat musim hujan agar tetap fit dan sehat.

itulah fungsi kerodong untuk burung lovebird yang anda pelihara, jangan lupa selalu  perhatikan kosndisi burung peliharaan anda agar tetap sehat dan berumur panjang.

semoga bermanfaat.

Posting Komentar