√ Mengetahui Kebiasaan Burung Lovebird Ketika Di Alam Liar (Alam Bebas)

Burung lovebird merupakan salah satu jenis burung yang hidup secara berkoloni, baik ketika mencari makanan ataupun ketika akan berisitirahat.

habitat burung lovebird ialah terdapat di hutan-hutan terbuka seperti di rawa-rawa, hingga pada daerah pegunungan yang memiliki ketinggian 1.5 km di atas permukaan air laut.

burung lovebird tersebar di negara afrika yang memiliki jumlah spesies begitu banyak sekali. tak heran jika di negara afrika ini merasa biasa-biasa saja ketika melihat kawanan burung lovebird yang hinggap di rumah-rumah mereka, layaknya seperti burung gereja yang terbiasa hidup berdampingan dengan masyarakat yang menempati atap rumah untuk dijadikan sarang.


namun sayangnya, burung lovebird cantik ini seringkali dianggap hama oleh masyarakat setempat karena memakan tanaman biji-bijian yang ditanami oleh petani.

bahkan kawanan burung lovebird ini sering di usir agar tidak memakan tanaman petani yang menganggapnya akan menyebabkan gagal panen.

lovebird memang dikenal memiliki kawanan yang sangat banyak sekali, apalagi ketika akan mencari makanan, biji-bijian yang di tanami oleh petani, maka dikit demi sedikit akan habis dimakan oleh kawanan lovebird. sehingga para petani terpaksa untuk mengusirnya menggunakan jaring dan kelambu.

Rekomendasi:
√ Mengetahui Kelebihan dan kekurangan Lovebird Konslet Dan Lovebird Fighter

mengenai burung lovebird ternyata mempunyai kebiasaan yang sangat unik dengan membuat rumah atau tempat sarangnya di lubang-lubang pohon yang mempunyai ketinggian 1,5 km diatas permukaan laut. dengan begitu kawanan lovebird akan merasakan aman dari predator lain.

burung lovebird juga akan melubangi kayu-kayu yang sudah kering guna untuk bersarang dan berkoloni untuk beristirahat bersama-sama dengan kawanannya.

tak heran jika jenis burung paruh bengkok ini seringkali menggigit dan bahkan menghancurkan kayu yang disekitarnya.

maka ketika anda memelihara burung paruh bengkok ini, usahakan sesekali memberikan kayu kering atau ranting yang sudah kering agar nyaman seperti di alamnya.

ketika di alam liarnya kawanan burung lovebird juga tidak akan bisa terpisah dari satu sama lain, sebab mereka tetap menganggapnya satu keluarga, bahkan jika terpisah dengan kawanan burung lovebird yang lainnya. maka burung tersebut akan menunggu sampai kawanan burung lovebird datang kembali, paling tidak burung lovebird tersebut tidak akan jauh dari lokasi terpisahnya dari kawanannya.

sebab burung lovebird yang terpisah dengan kawanannya akan kebingungan dan tetap hinggap di daerah terpisahnya tersebut hingga mengitari secara berulang-ulang.

maka ketika anda memelihara burung lovebird, usahakanlah tidak hanya mempunyai satu. tetapi berikanlah teman untuk saling sapa untuk berkicau. Sebab burung lovebird merupakan burung yang hidup berkoloni atau berkolompok.

selain hal tersebut, burung lovebird juga termasuk hewan yang sangat terkenal dengan hewan setia yang hanya memiliki satu pasangan ketika di alam liarnya.

burung lovebird akan mencari pasangannya ketika sudah menginjak usia 8 bulan, burung lovebird yang muda akan memilih pasangan dari kelompok kawanan tersebut untuk mengembang biakkan. Setelah itu ia akan menjaga telur-telurnya bersama kelompoknya.


tak heran jika burung lovebird di alam liarnya akan membuat sarang yang berdekatan dan terkadang satu lubang kayu di tempati oleh beberapa sepasang lovebird.

makanan burung lovebird ini ketika di alam liarnya selain dari biji-bijian ialah buah-buahan dan pucuk daun bunga untuk memenuhi asupan gizinya, selain makanan tersebut lovebird akan memakan ulat daun hijau dan serangga kecil untuk menambah protein untuk tubuhnya.

Dan ketika burung lovebird akan mandi, sesekali kawanan burung lovebird akan turun bersama-sama dengan kelompoknya untuk mencari sumber air, biasanya lovebird akan mandi di sungai dan beberapa air yang dekat dari rumah sarangnya.

Posting Komentar