√ Mengenal Burung Walet Sapi yang unik dan berkarakter

Burung walet merupakan salah satu jenis burung yang sangat poppular hingga sekarang ini, dikarenakan banyak manfaat yang bisa didapatkan dari sarangnya.

Banyaknya manfaat dari sarang burung walet, menjadikan burung walet banyak dicari dan juga dipelihara untuk di budidayakan.

Di dunia ini ternyata ada banyak jenis burung walet yang bisa kita temui dari Mulai yang berukuran kecil hingga yang berukuran besar.

Tentunya sebagian orang mengira jika burung walet itu hanya ada satu macam jenis saja. Namun pada kenyataannya burung walet ada banyak jenis lainnya yang belum banyak diketahui oleh orang-orang, khususnya di Indonesia sendiri.

Salah satu dari jenis burung walet yang harus anda ketahui ialah burung walet jenis sapi.



Ciri Ciri Burung Walet Sapi 

Burung walet sapi sering disebut dengan nama white-bellied swiftlet yang berarti walet yang pada bagian perut bawahnya berwarna putih.

Sebagian besar orang berpendapat tentang burung ini, jika burung walet sapi ialah bernama sriti. Ukuran tubuh burung walet sapi ini kurang lebih sekitar 10 – 12 cm. Dengan lebar bentangan sayapnya menjangkau 21 cm, tubuh bagian atasnya berwarna hitam kehijau hijauan.

Sedangkan pada bagian bawahnya berwarna abu-abuan yang gelap. pada Bagian perutnya yang berwarna keputihan termasuk ciri khusus untuk burung walet sapi ini.

Model ekornya sedikit terlihat berbeda sebab pada belahannya pun terlihat agak dangkal. Ciri ciri pada burung walet sapi ini pada bagian ujung paruhnya burung ini tampak melengkung seperti kuku.

Kemudian pada bagian paruhnya burung walet sapi juga sanagt bermanfaat sebagai alat untuk menempelkan ditempat yang akan dibangun sarang. Sebab pada bagian kakinya yang kecil dan terlihat cukup lemah untuk menahan di dinding.

Rekomendasi:
√ Cara Merawat Dan Membesarkan Burung Walet Anakan Dengan Baik Dan Benar

Karakter Burung Walet Sapi

Burung walet sapi ini memanglah mempunyai nama yang cukup menarik jika dibandingkan dengan burung walet yang lainnya. Sebab, untuk  tubuhnya hampir mirip dengan hewan sapi.

Ciri ciri pada burung walet sapi ( Collocalia Esculenta ) yang lebih menonjol ialah pada bagian bawah tubuhnya dan juga pada bagian perutnya yang berwarna putih. Sebab pada bagian tubuhnya yang tampak begitu mungil jenis burung ini tergolong burung walet yang terkecil dari seluruh jenis burung walet yang pernah ada didunia ini.

Lain halnya dengan bagian tubuhnya yang terlihat paling kecil, Burung walet ini juga mudah beradaptasi dengan manusia. Dengan demikian sering terlihat tidak takut untuk membuat sarang di tempat tinggal penduduk, bangunan , perkantoran, pasar, masjid, sekolahan, dan bangunan yang lainnya.

Suara kicauannya cukup terdengar dengan lengkingan nada tinggi “ciir ciir”. Dan suara tersebut adalah suara khas dari burung walet sapi ini. Burung jenis walet sapi menyukai terbang berputar-putar dengan pelan, dan juga terlihat secara berkelompok.

seringkali walet ini juga berada di seluruh ketinggian wilayah pulau Jawa dan kawasan pulau Bali. Sama halnya dengan burung walet lainnya, burung walet sapi ini adalah jenis burung walet pemakan serangga.

Dari sekian banyaknya  jenis-jenis serangga merupakan bagian makanannya. Salah satunya serangga tawon kiara, laron  adalah serangga yang menjadi menu kesukaannya.

Burung Walet sapi ini akan merangkai sarangnya dengan hasil yang tidak teratur. Diantaranya terdiri dari lumut, rumput yang direkatkan yang disertai dengan sedikit air liurnya. yang Kemudian sarang tersebut ini juga dapat dimakan. Namun untuk kandungan rumput dan lumutnya yang banyak di usahakan terlebih dahulu dibersihkan sebelum di olah menjadi makanan .

Burung walet sapi tersebut gemar membuat sarang di tempat yang agak cerah yaitu didekat mulut gua. Terkadang juga membuat sarangnya berada di celah-celah batu atau sudut-sudut bangunan disekitar masyarakat.

Selama pada saat musim kawin, burung walet yang mempunyai perut putih ini akan menghasilkan hanya dua butir telur saja tiap sarangnya.
Di alam liarnya ia hanya bisa di temukan di Himalaya, Asia, Papua nugini, dan di Australia.

Posting Komentar