√ 5 Penyebab indukan Lovebird Membuang Telur-Telurnya Dan Memakan Anaknya Sendiri

perilaku indukan lovebird yang membuang telur-telurnya terdengar sudah tidak asing lagi bagi penangkar burung cantik ini, sebab selain membuang telur-telurnya-  indukan lovebird juga kerap memakan dan menghancurkan anakanya sendiri yang masih anakan (piyek).

mungkin bagi anda yang baru memulai menangkar burung cantik ini akan merasa bingung dan merasa kehilangan telur dan anakan yang masih piyeknya di dalam glodok.


Perilaku lovebird membuang telur-telurnya, menyembunyikan telur-telurnya serta menghancurkan anakannya merupakan perilaku alamiahnya yang biasa dilakukan juga ketika di alam liarnya, karena di sebabkan merasa tidak nyaman dan stres pada kondisi sekitar sarangnya.

di ulasan ini saya akan menjelaskan penyebab-penyebab indukan lovebird yang membuang telur-telurnya, menyembunyikan serta menghancurkan anakannya karena beberapa hal yang mengganggu sarang dan kandangnya.

selain penyebab utama tersebut ada beberapa pokok utama yang membuat indukan lovebird tega membuang telur, menyembunyikan telur dan membuang anakannya, serta tega memakan anaknya sendiri untuk menghilangkan jejak. silahkan simak poin penting artikel berikut ini:

Penyebab Indukan Lovebird Membuang Telur Dan Menyembunyikan Telur-Telurnya


a. adanya gangguan dari binatang lain

poin pertama yang sering terjadi ialah disebabkan karena adanya gangguan dari binatang lain yang membuat indukan loverbird merasa terancam.

dengan membuang telur, menyembunyikan telur, serta menghancurkan anaknnya, indukan lovebird tersebut akan merasa aman dari serangan serta gangguan dari binatang lain.

perilaku indukan yang seperti ini juga sering dilakukan di alam liarnya ketika sarangnya sudah tidak lagi nyaman.

Rekomendasi:
√ 8 Jenis Lovebird Biola beserta gambar dan Penjelasan-Nya

b. merasa terganggu dengan aktifitas sekitar

sangkar kandang yang di anjurkan untuk budidaya lovebird ialah dalam kondisi yang tenang dan tidak terdapat suara bising yang menyebabkan indukan lovebird merasa terganggu.

dengan adanya beberapa indukan lovebird yang membuang telur, menyembunyikan telur serta menghancurkan anakanya disebabkan karena kondisi sangkar dan sarangnya sudah tidak nyaman lagi bagi indukan tersebut. sehingga indukan akan tega membuang telur dan memakan anakannya sendiri.

c. faktor stres

penyebab selanjutnya ialah disebabkan karena adanya fakor stres pada burung lovebird, biasanya faktor stres ini terjadi pada burung jantan saja yang terganggu dengan kondisi luar kandang.

untuk melampiaskan perilaku stresnya tersebut, burung jantan akan tega memecahkan telur dan membuang telur-telurnya, bahkan membunuh piyeknya (anakan).

d. gangguan dari anda sendiri

penyebab yang selanjutnya ialah disebabkan oleh tindakan anda sendiri yang sering membuka glodok dan rasa ingin tahu dengan telur-telurnya.

perilaku sering membuka glodok adalah hal yang tidak di anjurkan jika anda belum mengenali karakter dari burung lovebird tersebut. Sebab, indukan lovebird ketika sedang bertelur dan mengerami telur-telurnya akan berubah menjadi agresif untuk melindungi telurnya dari gangguan luar.

namun jika anda sendiri memaksakan dan sering membuka glodok maka indukan lovebird seringkali bertindak diluar kendali.

e. indukan kekurangan sumber mineral dan kalsium

penyebab terakhir ialah disebabkan karena indukan merasa kekurangan sumber mineral dan kalsium pada tubuhnya sehingga indukan lovebird akan tega memakan telur-telurnya bahkan tidak segan memakan anaknnya sendiri.

lovebird tau jika kandungan yang terdapat pada telur mempunyai kalsium yang cukup tinggi.

Maka untuk mencegahnya, anda perlu memberikan multivitamin yang dijual di toko hewan, demi menjaga kondisi indukan disaat sedang mengerami telur-telurnya.

nah itulah beberapa alasan yang sering terjadi pada indukan lovebird yang sering membuang telur, menyembunyikan telur, memakan telur-telurnya serta memakan anakanya sendiri.

semoga ulasan ini dapat bermanfaat.

Posting Komentar