√ Mengatasi Lovebird Suka Cabut Bulu, inilah Cara Mencegahnya ...

Cabut bulu pada burung lovebird adalah salah satu permasalahan yang seringkali terjadi pada burung Lovebird jika dibandingkan dengan jenis burung yang lainnya.

Banyak dari kita yang merasa tidak sanggup mengatasi hal tersebut. Selain itu masalah burung lovebird suka cabut bulu dada seringkali tidak kunjung sembuh padahal sudah banyak cara yang telah dilakukan.


Burung Lovebird suka cabut bulu dada tentunya menjadi suatu permasalahan yang banyak menguras tenaga dan juga pikiran. Terlebih lagi jika anda tidak memahami apa penyebabnya.

Sebab, perilaku burung Lovebird seperti ini memerlukan pemahaman khusus untuk mengatasinya.

Apabila pada burung lain perilaku cabut bulu bisa disembuhkan dengan pemangkasan pakan EF dan mandi malam. Akan tetapi, pada jenis burung Lovebird hal ini tidak cukup efektif.

Maka dari itulah, anda harus dapat mengetahui apa penyebab Lovebird suka cabut bulu dada dan bagaimana cara yang efektif untuk mengatasinya.

Penyebab Lovebird Suka Cabut Bulu

1. Over Birahi 
Rata-rata burung Lovebird yang cabut bulu penyebab utamanya ialah karena burung lovebird tersebut sedang mengalami birahi yang dinilai cukup tinggi atau biasa disebut dengan Lovebird over birahi (OB).

Selain itu juga bisa diakibatkan karena masalah pola perawatannya yang salah. Bisa juga diakibatkan karena pemberian pakan EF yang berlebihan.

Pada saat burung Lovebird mengalami situasi birahi yang seperti ini, seringkali perilaku burung lovebird akan susah dikendalikan. Karena, birahi Lovebird dinilai paling bandel dan juga berlebihan.

Dengan demikian, susah sekali untuk diturunkan birahinya. Terlebih lagi jika anda hanya mengandalkan metode umum dan sederhana. Misalnya saja seperti mandi malam, sering dimandikan, pengembunan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Rekomendasi:
√ Manfaat Doping Air Garam Untuk Lovebird Yang Aman

Cara yang dinilai sangat efektif dan juga sangat disarankan untuk mengatasinya ialah memberikan rebusan daun kemangi .

Tidak hanya itu saja, anda juga dianjurkan untuk mengawinkannya dengan Lovebird yang lain. Misalnya, jika Lovebird milik anda berjenis kelamin betina, maka anda harus mencarikan Lovebird yang berjenis kelamin jantan sebagai pasangannya.

Pada saat sudah kawin, biarkan Lovebird anda di sangkar bersama pasangannya sampai merasa puas. Bahkan bila perlu biarkan burung lovebird tersebut bertelur atau produk.

Hal ini dapat menjadikan keuntungan tersendiri untuk anda. Karena, anda juga akan mendapatkan keturunan baru dari indukan yang over birahi tersebut.

Selama anda menggabungkan burung Lovebird dengan pasangannya, maka anda dapat memantaunya setiap waktu. Karena, untuk Lovebird yang over birahi ini seringkali menjadi paling ganas. dengan demikian, banyak sekali yang menyerang pasangannya tersebut.

Dalam beberapa kasus, Lovebird yang over birahi pada umumnya akan langsung meminta kawin dengan pasangannya, Oleh karena itu, anda juga dianjurkan untuk mencari pasangan Lovebird mapan atau yang telah benar-benar siap untuk di kawinkan.

2. Kekurangan Gizi 
Kekurangan gizi pada burung lovebird ternyata juga bisa berpotensi menyebabkan lovebird suka cabut bulu dada.

Hal ini dikarenakan tubuh burung tersebut merasa tidak nyaman atau tidak enak dengan kondisi tubuhnya.

Dengan demikian, Lovebird tersebut akan merasa bulu-bulunya atau bagian kulitnya terasa gatal.

Dalam beberapa kasus, maka bulu dada menjadi sasaran utama untuk dijadikan pelampiasannya.

Untuk Mengatasi Burung Lovebird yang mempunyai perilaku seperti ini, tidak ada cara lain di samping dengan memberikan pakan yang berkualitas setiap hari pada Lovebird peliharaan anda.

Selanjutnya, anda harus dapat memenuhi gizi Lovebird dengan cara memberikannya biji-bijian yang lengkap.

Bisa juga anda memberikan sayur serta buah-buahan secara variatif, serta dapat memberikan multivitamin.

Dengan demikian, maka burung Lovebird yang suka cabut bulu dada bisa teratasi secara bertahap.

Demikianlah penjelasan tentang mengatasi Cabut Bulu dada pada burung Lovebird.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar