√ Efek Negatif Pemberian Cicak Untuk Burung Cendet

Burung Cendet termasuk salah satu di antara jenis burung pemakan serangga, dan bahkan juga bisa memakan jenis burung yang lainnya.

Dengan demikian, maka burung cendet ini juga bisa disebut dengan burung predator.

Oleh karena itu, selain diberikan pakan voer, burung ini juga diberikan serangga untuk dijadikan sebagai pakan tambahan foodingnya (EF) agar memenuhi kebutuhan gizinya. Ekstra foding yang pada umumnya diberikan oleh pelihara yakni berupa serangga jangkrik.


Selain Hal tersebut, burung ini juga bisa memakan hampir semua jenis serangga yang ada di alam. makanan burung cendet ini pada saat di alam bebasnya seperti serangga belalang, ulat, orong-orong, serta beberapa jenis serangga yang lainnya.

Rekomendasi:
√ Resiko Fatal pemberian Kroto Pada Cendet Anakan, ini yang akan Terjadi

Bahkan, untuk jenis burung ini juga bisa memakan hewan melata seperti cicak. cicak merupakan hewan melata yang banyak kita jumpai di dinding-dinding rumah kita.

Oleh karena itu, ada beberapa kalangan pelihara yang menjadikan hewan cicak ini untuk dijadikan sebagai pengganti Pakan tambahan (EF).

Namun, tahukah anda ? Jika ada efek samping pemberian cicak pada burung cendet?

Bahaya Burung Cendet Di Berikan Cicak

Pemberian cicak untuk burung cendet ini dapat digunakan sebagai pengganti jangkrik. Ada beberapa orang yang menilai, jika hal ini adalah suatu hal yang biasa.

Namun ada juga pendapat yang berbeda, yaitu pembeian pakan Cicak dinilainya cukup ekstrem.

sebenarnya, pemberian cicak pada burung cendet ini merupakan bukan cara yang tepat. Apalagi, dengan alasan sebagai pengganti dari jangkrik.

Justru yang sebenarnya pemberian cicak ini memiliki efek negatif pada burung cendet, seperti :

1. Burung Cendet Menjadi Over Birahi

Burung cendet yang meskipun hanya sekali di berikan cicak, ternyata dapat mengakibatkan burung tersebut menjadi over birahi. Yang mana hal itu tidak dapat diatasi dengan cara-cara yang biasa.

Oleh karena itu, efek dari pemberian cicak ini untuk burung cendet yang terdapat di burung cendet bisa terjadi dalam jangka waktu yang cukup relatif lama.

2. Burung Cendet Mengalami Kerontokan Bulu

efek yang lebih ekstremnya lagi, pemberian cicak untuk burung cendet ini dapat mengakibatkan kerontokan pada bulu burung tersebut. Hal ini bisa terjadi secara terus-menerus bahkan tidak pernah selesai.

Sebab, Hal Ini diakibatkan karena hewan cicak tersebut mempunyai efek panas yang berlebihan. Dengan begitu, birahi burung cendet menjadi tidak terkontrol lagi.

Perilaku Birahi dari efek pemberian cicak pada burung cendet dapat kembali normal setelah efek cicak dalam tubuh burung cendet hilang secara bertahap.

3. Burung Cendet Suka Mencabuti Bulunya

Efek panas yang terdapat pada cicak ini seringkali tidak langsung terlihat nampak pada burung cendet.

Akan tetapi, sehari atau dua hari, efek itu akan terlihat seperti : burung cendet pada umumnya akan mengalami peningkatan birahi yang signifikan seperti tiba-tiba galak serta terlihat mencabuti bulu-bulunya sendiri.

Lebih parahnya lagi, burung cendet yang sedang birahi ini tidak akan mengeluarkan suara kicauannya (macet bunyi).

Dengan demikian, burung tersebut terlihat macet bunyi dalam jangka yang panjang.

Efek pemberian cicak untuk burung cendet ini sebenarnya bergantung dengan cendet itu sendiri. Ada beberapa kasus di mana burung cendet ini tidak bermasalah jika hanya diberikan cicak sekali atau dua kali.

Akan tetapi, untuk cendet-cendet yang mempunyai sifat sensitif, pemberian cicak satu ekor saja sudah bisa menjadikan burung cendet menjadi over birahi.

Efek Negatif Burung Cendet Anakan Di Berikan Cicak

Lalu bagaimana jika diberikan untuk burung cendet anakan atau cendet trotolan?

Pemberian cicak untuk burung-burung anakan atau bakalan terkadang juga tidak menunjukkan kendala apapun.

Hal ini bisa jadi disebabkan pada usia tersebut emosi dan birahinya belum terbentuk dengan sempurna.

Dengan demikian, anakan tersebut cenderung tidak memiliki dampak apapun.

Akan tetapi, untuk burung trotolan atau anakan yang telah beranjak dewasa, efek negatif pemberian pakan cicak terkadang bisa terlihat sebagaimana akibat yang ada pada burung cendet yang usianya dewasa.

Jadi sebelum anda memberikan hewan cicak untuk burung cendet, usahakanlah anda berfikir ulang, karena ada akibat negatif yang diperoleh oleh jenis burung tersebut setelah memakan Cicak.

Posting Komentar