√ Cara Melatih Mental Burung Agar Memiliki Performa Bagus

Memelihara burung kicauan tentunya menjadi suatu kepuasan tersendiri bagi si pemilik. 

Apalagi jika burung peliharaannya tampil dengan performa bagus. Pastinya anda akan bangga memeliharanya.

Burung kicauan yang mempunyai mental bagus akan memiliki gaya tarung maksimal dan tampil mempesona. Sehingga siapapun yang melihatnya pasti akan tertarik ingin memilikinya.

Untuk memiliki burung yang tampil dengan performa bagus tidak mudah mendapatinya. Karena perlu adanya perawatan dan pelatihan yang harus dilakukan untuk menciptakan burung tampil bagus.

Perawatan yang asal-asalan akan menjadikan burung peliharaan anda tampil seadanya, bahkan tidak memiliki performa bagus.

Oleh sebab itu, dibawah ini akan kita bahas cara melatih mental burung agar memiliki performa yang bagus. Simak sampai selesai.

cara melatih mental burung

Banyak sekali orang yang merasa heran dengan burung yang dipeliharanya. Karena tidak mau berkicau pada saat berada di arena perlombaan.

Yang lebih mengherankannya lagi, padahal jika burung peliharaanya itu sedang berada di rumah, ia bisa rajin berbunyi dan juga gacor setiap hari.

Mengapa hal itu bisa terjadi?

Hal ini bisa terjadi disebabkan karena mental burung peliharaan anda belum siap / mentalnya tidak bagus. Sehingga pada akhirnya burung hanya diam membisu dan tidak mau berkicau, atau bahkan hanya loncat-loncat saja di sangkar.

Menerapkan uji mental burung sebelum mengikuti lomba merupakan langkah yang sangat penting untuk dilakukan. Terlebih lagi, jika tujuan dalam merawat burung kicauan untuk dilombakan. 

Pastinya, anda juga tidak ingin melihat burung peliharaannya ngedrop/down pada saat melihat lawannya.

Cara Melatih Mental Burung

Burung akan mempunyai mental bagus apabila sering dilatih secara terus menerus. 

Dan yang pastinya anda tidak menyakitinya pada saat burung sedang di latih.

Berikut dibawah ini ada beberapa cara untuk melatih mental burung kicauan.

1. Tempatkan Di Tempat Yang Ramai

Cara melatih mental burung agar memiliki mental yang bagus adalah dengan meletakkannya di lokasi yang ramai.

Misalnya, anda bisa gantangkan sangkar burung ditempat yang sering ada kegiatan atau aktifitas manusia. Atau bisa juga di dekat jalan yang sering di lewati manusia.

Banyaknya manusia yang lalu lalang di dekat sangkar burung, maka akan menjadikan burung tersebut mudah akrab dengan lingkungan sekitar. Dan menjadikan mental burung peliharaan anda akan menjadi bertambah.

2. Tempatkan Di Pasar Burung

Pasar burung merupakan lokasi yang cukup bagus dipakai untuk melatih mental burung.

Cara melatih mental burung agar memiliki performa bagus yang selanjutnya adalah dengan membawanya ke pasar burung dan menggantangkan sangkar burung di keramaian pasar burung.

Tujuannya adalah agar burung peliharaan anda sering mendengar ramainya suara burung kicauan lainnya.

3. Arena Lomba Burung

Suasana arena kompetisi burung juga sangat pas sekali dipakai untuk melatih maupun menguji mental burung peliharaan anda.

Anda juga dapat membiarkan burung peliharaan anda untuk beradaptasi dengan banyaknya suara burung yang sedang berkicau dan ramainya teriakkan orang-orang disekitar arena lomba.

Burung peliharaan anda tidak perlu di ikut sertakan dalam lomba. Namun, anda hanya cukup menggantangkan sangkar burung saja disekitar lokasi perlombaan.

Jika anda baru pertama kali membawa burung kelokasi perlombaan, lebih baik sangkar burung tetap dalam kondisi dikerodong. 

Tujuannya ini adalah agar burung tidak mengalami stres dengan kondisi baru. Apalagi melihat banyaknya burung yang sudah terlatih.

Selanjutnya, jika burung mau berbunyi dalam keadaan yang bising, Kerodong sangkar boleh anda buka.

4. Manfaatkan Lantai

Cara melatih mental burung kicauan juga bisa dengan menempatkan sangkar burung di lantai.

Untuk teknik cara yang sering dilakukan seperti ini tidak hanya menjadikan burung menjadi jinak, akan tetapi juga bisa melatih mental burung menjadi bertambah.

Hal ini disebabkan karena begitu dekatnya burung dengan lalu lalang manusia.

Pada saat anda menempatkan sangkar burung dilantai, usahakanlah agar anda tetap memantaunya dari keberadaan hewan lain yang dapat mengganggu burung, misalnya seperti tikus atau kucing.

Posting Komentar