√ Cara Merawat Lovebird Lutino Yang Baik Dan Benar

Saat ini Burung lovebird warna banyak sekali digemari oleh pecinta burung kicauan.

Jenis Burung Lovebird lama seperti Halnya Lovebird Lutino juga ternyata kembali banyak disukai oleh pecinta Lovebird.

Lovebird Lutino memang tergolong salah satu jenis lovebird yang mempunyai keistimewaan tersendiri jika dibandingkan dengan jenis lovebird yang lainnya.

Lovebird Lutino mata merah juga adalah salah satu jenis lovebird yang paling banyak dicari oleh para pecinta burung lovebird yang ada di berbagai daerah.

Semua ini disebabkan karena kelebihan yang dimiliki oleh lovebird lutino mata merah memang dapat dibanggakan.

Memang untuk jenis lovebird Lutino ini mempunyai kualitas suara dan durasi ngekeknya seringkali menjadi pesona tersendiri dari jenis burung lutino.

Lovebird Lutino ini juga adalah anakan dari hasil kawin silang dari sekian banyak macam jenis lovebird.

Dengan begitu, keberadaannya juga masih dapat dikatakan sangat jarang, untuk hal tersebut juga bisa dominan pada harga burung yang indah ini.


Cara Perawatan LoveBird Lutino

Perawatan pada burung lovebird lutino ternyata cukup berbeda dengan yang lainnya.

Sedangkan untuk perawatan ternak Lovebird Lutino sendiri juga termasuk lebih sulit jika dibandingkan dengan ternak lovebird yang lainnya.

Dan ini semua disebabkan karena lovebird lutino mempunyai karakter yang lebih sensitif dan gampang sekali terserang oleh penyakit. Maka dari itulah, burung ini mempunyai daya tahan tubuh yang sangat rendah, sebab memiliki kelainan pada pigmen-Nya.

Rekomendasi:
√ Mengatasi Lovebird Suka Cabut Bulu, inilah Cara Mencegahnya ...

Untuk hal itu, pada saat perawatan ternak lovebird lutino ini anda harus lebih ekstra. Yang mana kandang serta wadah pakan dan juga minumannya harus rutin dibersihkan setiap hari.

Semua ini dilakukan bertujuan untuk menghindari timbulnya berbagai macam penyakit, baik dampak adanya kuman maupun bakteri yang bersarang.

Selain hal tersebut juga perlu diperhatikan pada masalah asupan makanannya, yang harus di usahakan dan dipertahankan dengan baik pada saat memberikan makanan.

Untuk penjemurannya, burung ini di usahakan tidak boleh dijemur terlalu lama.

Pemandian
Untuk perawatan lovebird lutino ini, mandi tidak disarankan dilakukan stiap hari. Bahkan jika burung yang mempunyai warna estetis ini telah masuk pada masa produksi, pemandian mutlak tidak perlu dilakukan (dihentikan).

Anda hanya cukup menyediakan cepuk besar saja yang sudah dipenuhi oleh air bersih dan biarkan lovebird itu mandi sendiri.

Meskipun telah mandi, burung yang sudah memasuki masa produksi ini tetap tidak disarankan untuk dijemur . Karena, dikahwatirkan jika sampai kandang ternak tersebut dipindah, maka dapat mengganggu proses produksinya.

Maka dari itulah, perawatan breeding/ternak Lovebird lutino ini bisa anda lakukan dengan membiarkan saja.

Penjemuran
Untuk burung lovebird Lutino paling jarang disarankan untuk dijemur setiap hari.

Penjemuran di usahakan hanya dilakukan hanya sesekali saja. Sebab, burung LoveBird lutino memang tidak membutuhkan penjemuran seperti burung yang lainnya.

Terlebih lagi jika burung telah masuk masa produksi, penjemuran juga semakin tidak boleh dilakukan dan bahkan mutlak tidak perlu. Hal ini disebabkan karena proses penjemuran ini dapat mengganggu proses produksinya pada burung tersebut.

Apabila merasa terganggu, LoveBird yang berjenis kelamin betina tidak hanya akan berhenti mengeram saja. Akan tetapi bisa  berhenti meloloh jika anak-anaknya telah menetas.

Bahkan bisa saja anak-anakannya itu dibuang dan disinglirkan oleh indukannya.

Pakan dan Sayuran
Selama masa proses produksi, pakan yang baik ialah berupa biji-bijian, buah, dan sayuran di usahakan harus dipertahankan dengan baik dan benar. Tujuannya agar proses produksi tersebut bisa berlangsung dengan baik.

Begitu juga dengan pemberian tulang sotong serta multivitamin, yang mutlak harus diberikan.

Semua itu ialah perawatan Ternak lovebird lutino yang harus anda lakukan. Jika anda menerapkan perawatannya dengan baik dan benar, maka bisa dijamin kondisi burung anda tetap berada dalam kondisi yang baik dan prima. Dengan demikian, burung yang kita ternak bisa berproduksi secara maksimal.