√ Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Tledekan (sikatan) Dengan Mudah

Burung Tledekan ialah salah satu jenis burung yang mempunyai panjang tubuh kurang lebih sekitar 8 sampai dengan 20 cm.

Selain hal tersebut, Bulunya juga mempunyai warna yang cukup beragam Contohnya seperti berwarna biru, oranye, putih, coklat dan lain sebagainya.

Burung tledekan atau burung sulingan ini sudah tersebar di wilayah Nepal, India, Myanmar, Bhutan, Kamboja, Thailand, Sumatra dan juga pulau Jawa.

Untuk jenis burung ini juga suka bertempat tinggal di wilayah yang kondisinya cukup lembab, contohnya seperti hutan tropis dan sub-tropis yang diketahui dekat dengan aliran air sungai.


Perbedaan Burung Tledekan Jantan dan Betina 

Untuk merawat maupun menangkarkan jenis burung tledekan ini, anda harus bisa memahami perbedaan burung tledekan jantan dan juga betina.

Akan tetapi jika belum tahu cara yang bisa anda lakukan untuk membedakan jenis kelamin burung tersebut, berikut ini adalah teknik untuk mengetahui perbedaan burung tledekan jantan dan juga betina menurut Jenisnya.

Perbedaan Burung Tledekan Gunung Jantan dan Betina 

Untuk burung yang jantan bentuk dari tubuhnya lebih ramping dan panjang, kemudian pada bagian kepalanya terlihat lebih kecil.

Bulu-bulu yang ada di bagian atas, mulai dari kepala, sayap hingga bagian ekornya identik dengan warna biru.

Untuk Paruhnya juga relatif panjang dan meruncing. Sedangkan pada bagian bulu dagu sampai dengan dadanya berwarna oranye pekat, putih bersih terlihat pada bagian perutnya.

Sedangkan untuk burung yang betina pada bagian tubuhnya berbentuk pendek membundar atau bulat. Bagian kepalanya juga relatif besar jika dibandingkan dari lawan jenisnya. Kemudian pada bagian bulu atas mulai dari kepala, sayap hingga ekornya berwarna coklat gelap.

Perbedaan Tledekan Bakau Jantan dan Betina

Untuk yang jantan warna bulu biru pada bagian kepalanya sampai denan punggungnya tampak mengkilap. Sedangkan pada Bagian bulu sampai dengan paruhnya berwarna hitam dan sayap warna hitamnya lebih berkilau dan pekat.

Sedangkan untuk yang betinanya berwarna biru dari mulai punggung sampai pada bagian kepalanya yang cukup kusam. Ada juga bulu putih di dekat paruhnya dan sayapnya berwarna hitam kusam.

Ciri-ciri Burung Tledekan (Sikatan) Biru Putih atau Tledekan Laut Jantan dan Betina

Perbedaan burung tledekan jantan dan betina untuk yang jenis ini yaitu pada bagian bentuk tubuh jantan cenderung ramping dan juga memanjang. Sedangkan pada bagian dagu hingga pada bagian dadanya berwarna hitam.

Untuk bagian atas kepala hingga ekornya yaitu berwarna biru berkilau.

Untuk yang betina ciri khasnya yaitu tubuhnya yang relatif besar dengan bagian bentuk tubuhnya membundar dan juga pendek. Sedangkan pada bagian bulu dada sampai dengan pada bagian dagunya berwarna cokelat kusam.

Kemudian pada bagian punggung hingga samapi dengan atas kepalanya ini memiliki bulu coklat kusam, akan tetapi untuk bagian ekornya terlihat berwarna biru terang.

Sedangkan untuk bulu sikatan biru muda pada bagian perutnya sampai dengan bagian dadanya berwarna cokelat kusam, tetapi untuk dibagian ekor hingga bawah berwarna putih, sayapnya juga cukup mengkilap berwarna biru.

Perbedaan Jenis Kelamin Tledekan Biru Muda

Untuk yang berjenis kelamin jantan pada bagian paruhnya lebih meruncing. Lalu, di bagian bulu atas tubuhnya berwarna biru muda.

Dari mulai Perut hingga pada bagian bawah ekornya juga terdapat bulu coklat keabu-abuan.

Sedangkan untuk yang jenis betina-nya di bagian paruhnya terlihat tumpul. Lalu, tubuh bagian atasnya ada bulu coklat muda atau memutih.

Kemuian pada bagian dagu burung tledekan betina ini hingga bagian bawah ekornya tampak berwarna putih bersih. Kemudian pada pada bagian sayapnya mempunyai warna seperti cokelat muda.

Perbedaan burung tledekan jantan dan betina ini sebenarnya cukup mudah sekali untuk diketahui, bila dicermati dengan sungguh-sungguh.

Posting Komentar