√ Cara Mengobati Burung Pleci Mencret Atau Diare

Burung pleci ialah salah satu jenis burung kicauan berukuran mini (kecil) yang mempunyai kualitas suara dencingan paling unggul.

Memiliki burung pleci yang berkualitas tentunya menjadikan kepuasan tersendiri untuk anda yang memeliharanya. namun pada umumnya burung pleci ini seringkali mengalami gangguan pada kesehatannya.

Salah satu jenis penyakit dari burung pleci yang seringkali terjadi yakni burung tersebut mengalami gangguan pada pencernaannya. Hal ini disebabkan karena adanya bakteri atau kuman yang ditularkan melewati makanan atau tempat minuman penyebab dari kurangnya kebersihan.

Burung Pleci yang mengalami gangguan pada pencernaan atau mencret biasanya tekstur fases maupun kotorannya menjadi sangat encer dan juga berair.

Anda harus segera mencari tahu tentang bagaimana cara untuk mengobati burung Pleci yang mencret Tersebut.


Penyebab Burung Pleci Mencret

Pada saat burung pleci yang anda pelihara ini mengalami masalah diare, pada umumnya burung tersebut akan terlihat kurang sehat, tidak aktif, dan hanya diam saja. Yang seringkali pada masalah pencernaan seperti mencret ini dapat memberikan akibat yang buruk untuk kesehatan burung pleci tersebut.

Salah satu hal yang sangat tidak diharapkan oleh pemilik yaitu di mana burung pleci kadangkala tidak mempunyai nafsu makan. Di samping hal itu seringkali burung pleci akan diam selama beberapa hari, dan kemudian burung tersebut perlahan akan mati.

Rekomendasi:
√ Mengatasi Burung Pleci Suara Serak Dan Sakit Tenggorokan

penyebab utama burung pleci mencret atau diare ialah kurangnya perhatian pada kebersihan kandang, tempat pakan dan minuman yang tidak higienis.

Burung pleci yang mati karena disebabkan oleh terserang penyakit diare kasusnya memang sangat sedikit. Akan tetapi jika anda membiarkannya dalam kurun waktu yang lama, maka bisa menjadikan kesehatan burung Pleci yang anda pelihara semakin hari akan semakin memburuk.

Maka dari itulah, seharusnya anda tidak boleh memandang remeh terhadap permasalahan gangguan pencernaan atau mencret ini. Terlebih lagi jika burung pleci yang anda pelihara adalah jenis burung lomba atau kontes.

Cara Mengatasi Burung Pleci Mencret  

Untuk mengobati burung pleci yang mencret, pada saat ini telah ada beberapa jenis obat-obatan untuk burung mencret yang  dijual di pasar satwa.

Akan tetapi jika dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan di pasaran yang sering menggunakan bahan kimia, lebih baik anda meracik sendiri obat mencret Pleci di rumah.

Kelebihannya tak hanya aman dan hemat saja, namun obat-obatan yang dibuat sendiri dengan bahan alami tidak ada resiko yang signifikan. Selain hal tersebut pembuatanya juga cukup mudah untuk diperolehnya.

Untuk mengobati burung pleci yang mencret bisa anda berikan teh. Teh sudah lama dikenal secara tradisional dapat dijadikan sebagai obat mencret pada manusia. Maka dari itu, pada zaman dahulu jika ada orang yang sakit maka akan diberikan minuman berupa air teh.

Akan tetapi untuk pemberian teh yang akan diberikan ke burung pleci yang mencret yaitu teh tanpa gula atau hanyanteh pahit saja.

Perlu kita ketahui, jika teh ini tergolong ke dalam salah satu antioksidan. Hal ini disebabkan karena di dalam teh ini ada kandungan polifenol yang mempunyai khasiat untuk mencuci bakteri yang dapat menyebabkan diare yang ada di dalam tubuh, termasuk pada tubuh burung Pleci tersebut.

Hal itulah yang bisa mengakibatkan teh sangat penting diberikan untuk burung Pleci yang mencret.

Cara Pemberian Obat Pada Burung Pleci 
Untuk pemberiannya, anda bisa berikan berupa teh yang sudah kering. Sebab, pada saat ini sudah banyak ditemukan di pasaran.

Tak hanya itu saja, anda juga bisa memakai teh celup, karena kondisi dan manfaatnya tidak jauh berbeda dengan memakai teh daun kering.

Setelah itu, seduh dengan air panas dan tunggulah sampai air memerah dan kental, kemudian saring.

Biarkan air teh ini sampai dingin. Kemudian berikanlah pada burung Pleci yang mencret untu dijadikan air minumnya. Untuk mengobati burung pleci yang mencret, teh ini bisa anda berikan pada saat pagi hari. Dan sesudah burung dijemur dan pada saat sore hari.

air teh bisa diambil karena seringkali mudah basi. Berikan juga hingga hari ketiga burung ini sakit.

Posting Komentar