√ Cara Mengatasi Cendet Macet Mabung, Lakukan Segera Perawatan Berikut Ini ...

Proses Mabung yang dialami oleh setiap jenis burung kicau tergolong salah satu siklus tahunan. tak terkecuali pada burung cendet juga akan mengalami hal yang sama.

Perlu kita ketahui, jika proses mabung pada burung cendet ini terjadi lebih sering, dari proses mabung dua hingga dengan tiga kali dalam setahun. Ini tentunya menjadi masalah serius yang bisa menjadikan burung cendet tidak bisa tampil maksimal pada saat kontes.

Biasanya Hal ini diakibatkan karena burung seringkali dalam situasi masa mabung yang tidak berkesinambungan. Kemudian pada masa mabung sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama, yakni antara 2 hingga dengan 4 bulan.

Rekomendasi:
√ Agar Cendet Bisa Berdiri Tegak Seperti Angka 1, Begini Caranya...


Burung Cendet Macet Mabung 

Masalah lain yang seringkali terjadi yakni pada saat proses mabung terjadi berhenti tanpa sebab yang jelas, sebelum semua bulu tua lepas. Dengan tiba-tiba burung tidak lagi menjatuhkan bulu-bulunya.

Apabila masalah ini tidak segera atasi dengan baik, maka dapat menjadi suatu masalah yang lebih serius lagi. Karena, burung cendet yang mengalami mabung tidak tuntas penampilannya menjadi buruk.

Selain hal itu, Burung cendet juga tidak bisa tampil dengan maksimal, entah itu dengan teknik ngetem, munting-munting, dan masih ada beberapa perilaku buruk yang lainnya.

Cara Mengatasi Burung Cendet Macet Mabung

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan jika menjumpai burung cendet mengalami macet mabung. Cara ini dilakukan dengan keadaan untuk menolong dan membantu merontokkan bulu-bulu cendet supaya bisa mabung tuntas.

1. Full Kerodong
Langkah yang peratama yang diusahakan dan di kerjakan yaitu dengan mengkrodong sangkar burung seharian full. Kerodong hanya dimulai ketika sudah memberikan pakan.

Tujuannya ialah agar burung tersebut berada dalam keadaan yang tenang, dengan begitu proses rontok bulu dapat berlangsung dengan baik.

2. Dropkan Burung 
Langkah selanjutnya ialah pada saat burung cendet macet mabung bisa diatasi dengan teknik dibuat drop. Untuk metodenya yaitu dengan menghentikan pemberian pakan tambahan ekstra fooding (EF). Entah itu berupa jangkrik maupun pakan kroto.

Pemberian EF terkadang dapat menjadikan bulu burung agar dapat segar kembali. Dengan demikian akan lebih susah untuk rontok.

3. Tingkatkan Pemberian EF
Apabila didropkan tidak bisa, maka teknik yang selanjutnya yaitu bisa dengan teknik menaikkan pemberian pakan EF. Berikan EF loss dan tanpa batas, sebab, kadangkala bisa membantu merontokkan bulu-bulu burung.

Pemberian EF yang seperti ini dapat diturunkan setelah bulu tua pada burung sudah mulai tuntas.

4.Jauhkan dari Burung Sejenis 
Burung Cendet dapat mengalami macet mabung jika kondisi birahinya naik dan ingin bertarung terus. Yang pada umumnya disebabkan oleh adanya rangsangan dari suara kicauan burung sejenis.

Walaupun sedang mengalami mabung, ada sebagian burung cendet yang ngotot dan ingin bertarung bila mendengarkan suara burung sejenis.

Maka dari itiulah jauhkan burung cendet yang mabung tersebut dari burung-burung sejenis.

Dengan cara menjauhkan burung cendet mabung dari burung cendet yang lainnya dapat membantu memaksimalkan masteran yang akan anda lakukan.

5. Mandi Sauna 
Mandi sauna merupakan suatu pilihan lain yang dapat anda lakukan pada saat menangatasi burung cendet yang sedang macet mabung.

Mandi sauna ini dapat membantu merontokkan bulu-bulu burung cendet yang tidak tuntas. Sebab adanya efek lembab yang dapat melebarkan pori-pori cendet tersebut.

Maka dari itulah, bulu-bulu tua akan berjatuhan lagi serta cendetpun akan kembali meneruskan proses mabungnya.

6. Berikanlah Susu Bubuk
Meskipun belum jelas seperti apa teknik kerjanya, namun telah banyak yang membuktikan jika susu bubuk dapat membantu merontokkan bulu-bulu tua pada saat burung cendet mabung.

Sebab, susu bubuk ini dapat diberikan pada burung cendet yang mengalami macet mabung. Caranya yakni dengan sedikit pemberian susu bubuk dicampur dengan pakan voer, selanjutnya berikanlah pada cendet tersebut.

Pemberian susu ini di usahakan dihentikan jika bulu burung telah tuntas.

Perlu anda ingat, pemberian susu tidak boleh berlebihan karena dapat menyebabkan burung menjadi mencret.

Posting Komentar