√ Lovebird Sakit Mata?, Kenali Penyakit Patek Yang Membahayakan Lovebird Kesayangan Anda

Di pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang penyakit mata pada burung lovebird, selain dari snot ternyata ada penyakit lain yang terdapat pada burung lovebird kesayangan anda. adapun penyakit tersebut ialah Patek.

Avian pox ialah salah satu jenis penyakit yang lebih dikenal dengan cacar unggas atau penyakit patek.

Patek merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang pada puluhan jenis spesies unggas.

Pada Sekiranya telah mencapai 60 jenis unggas yang pernah terserang oleh penyakit avian pox ini. Dari mulai ayam, kalkun, burung hantu, burung predator (elang), kenari dan jenis burung finch lainnya, lovebird, dan puluhan jenis burung kicauan yang lainnya.


penyakit patek ini seringkali terjadi sepanjang tahun. Dengan demikian penangkar harus mewaspadai jenis penyakit patek ini. meskipun penyakit patek tidak menular pada manusia, akan tetapi jenis penyakit patek ini mempunyai sifat menular terhadap sesama burung yang ada di sekitarnya.

Apabila burung peliharaan anda terkena oleh penyakit patek, maka anda harus segera memberikan pengobatan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Umumnya, penyakit Patek dapat menggerogoti pada bagian tubuh lovebird yang ditempelinya. Apabila penyakit ini melekat pada kaki, maka pada bagian kaki tersebut bisa patah dan lunak, dikarenakan di gerogoti oleh jamur patek.

Rekomendasi:
√ Jenis Cacing Parasit Yang Dapat Membahayakan Lovebird Kesayangan Anda

Apabila penyakit patek ini terletak pada bagian paruh maka paruh tersebut akan menjadi bengkak.

Penyakit patek ini memang cukup riskan dan juga menular. Jadi apabila anda melihat salah satu burung peliharaan anda terkena oleh penyakit patek ini, maka sebaiknya langsung anda berikan penanganan yang benar, dan dijauhkanlah dari burung lovebird yang lainnya agar tidak menular.


Ciri ciri Penyakit Patek Pada Lovebird


Untuk ciri ciri penyakit patek pada lovebird yaitu pada bagian tubuhnya baik pada kaki, tubuh, maupun paruhnya terdapat bintik-bintik merah. Terkadang juga mengenai pada bagian sekitar mata yang mudah terlihat.

Ciri ciri penyakit patek pada lovebird juga ada benjolan seperti bisul dan berwarna hitam pada bagian yang terkena patek tersebut.

Penyakit patek tidak hanya menyerang  pada bagian mata saja, akan tetapi seluruh bagian dari tubuh burung lovebird juga bisa terkena oleh penyakit patek.

Pada Awalnya penyakit ini akan menempel di bagian tubuh burung yang tidak berbulu dan dengan sangat cepat bisa menyebar ke bagian tubuh yang lainnya, jika tidak langsung ditangani dengan benar.

Jika anda melihat adanya benjolan pada lovebird seperti bisul menempel dibagian sekitar mata, kemudian mata lovebird tersebut tidak berair ataupun mengeluarkan kotoran putih. maka sudah dipastikan jika lovebird tersebut terkena oleh penyakit patek.


Jenis Patek Pada Lovebird


Jenis penyakit lovebird yang berupa patek pada umumnya ada dua macam, diantaranya ialah patek kering dan patek basah.

Jika pada penyakit patek kering tidaklah begitu bahaya dan juga bisa di atasi dengan mudah. Namun jika jenis patek basah sangat sulit di atasi.

Tandanya jika patek basah pada bagian tubuh lovebird yang terkena oleh penyakit patek ini akan terlihat basah dan berair. Apabila tidak segera ditangani dengan sebaik mungkin, maka dari sekian banyak pengalaman, maka burung lovebird tersebut pada umumnya tidak akan bertahan lebih dari 40 hari.

Penyakit patek yang menyerang pada unggas ini memang terbilang ganas dan juga menular. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menyerang pada bagian tubuh burung pada saat kondisi burung sedang lemah.

Pada umumnya penyakit patek ini akan menyerang pada burung yang baru pindah tempat, dari tempat yang bersih ke tempat yang kotor.

Jika Penyakit patek ini tidak diperhatikan, maka akan membuat burung tersebut menjadi mati.

Jadi, penyakit patek ini masuk pada bagian tubuh yang dalam serta menyebar pada bagian tubuh yang lainnya. Misal, pada awalnya hanya terkena di bagian mata, esoknya menjadi menular kebagian tubuh seperti pada bagian kaki, paruh, sayap, dan bagian tubuh yang lainnya.

Posting Komentar