√ 6 Manfaat Kandungan Lidah Buaya Untuk Burung Peliharaan

Lidah buaya (aloe vera) ialah sejenis tanaman yang telah dikenal mempunyai bayak sekali manfaatnya. Baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Dan manfaat dari tumbuhan lidah buaya telah di kembangkan untuk dijadikan bahan baku industri farmasi dan juga kosmetik.

Perlu anda ketahui, jika kandungan pada tumbuhan lidah buaya ini tidak hanya bermanfaat untuk manusia saja, melainkan juga bermanfaat untuk hewan seperti unggas, Terutama untuk jenis burung kicau yang kita pelihara.

Manfaat lidah buaya untuk burung kicauan juga cukup banyak dan telah terbukti. Para pecinta kicau yang sudah senior telah merasa tidak asing lagi dengan manfaat tanaman lidah buaya yang bisa mengatasi berbagai macam permasalahan pada burung peliharaannya.

Rekomendasi:
√ Cara Memilih Merek Voer Yang Baik Dan Benar Untuk Burung Peliharaan

Beberapa kandungan alami tersebut  tanpa adanya bahan kimia dan sangat berfungsi sekali untuk menyembuhkan penyakit tanpa mengkhawatirkan efek samping yang kurang baik. Bahkan tanaman lidah buaya telah dimasukan kedalam bahan baku pembuatan voer untuk burung.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Burung



Untuk para pemelihara burung kicauan yang masih pemula dan belum tahu banyaknya manfaat dari tanaman lidah buaya untuk burung kicauan, inilah beberapa manfaat lidah buaya untuk burung kicau peliharaan anda:

1. Sebagai Anti Oksidan

Anti oksidan alami ini sangat bermafaat untuk menambah metabolisme tubuh serta membantu mencegah penyakit yang diakibatkan oleh radikal bebas lewat udara dan cuaca.

2. Sebagai Obat Penyembuh Luka

Luka pada burung kicau pada umumnya diakibatkan oleh gigitan serangga, luka bakar dan jenis penyakit kulit yang lainnya.

Perlu anda ketahui jika gangguan penyakit tersebut dapat disembuhkan dengan menggunakan tanaman lidah buaya. Diantaranya dengan cara menggunakan lendir dari lidah buaya tersebut, kemudian di tempelkan pada bagian yang terkena luka pada burung.

3. Sebagai Anti Inflamasi

Meminum atau pakan burung yang ada kandungan sari pati lidah buaya ini diyakini dapat mengobati serta menangkal konstipasi untuk melancarkan saluran pencernaan.

Kandungan serat yang terdapat pada tanaman lidah buaya melebihi serat pada buah-buahan. Dengan demikian, maka burung bisa tumbuh dengan sehat dan juga aman dari penyakit lambung dan usus.

4. Menghilangkan Kuman Pada Bulu

Bulu pada burung adalah suatu struktur epidermis yang menyusun penutup luar. Kemudian, untuk cairan yang ada pada akar bulu burung berupa minyak yang berfungsi untuk membantu menjaga bulu dari kekeringan.

Bulu yang rusak dan juga kering pada umumnya di sebabkan oleh jamur, kuman dan kutu yang menghambat metabolisme minyak yang ada di bagian akar bulu.

Apabila tidak diperhatikan dalam jangka panjang maka dapat mengakibatkan bulu burung menjadi ngelidi. Lebih parahnya lagi bisa rusak bahkan bisa terjadi kebotakan permanen.

Gangguan yang seperti ini seringkali disebabkan minyak pada akar bulu burung yang diserap kembali oleh hama jahat tersebut.

Mandikanlah secara teratur dengan menggunakan air rebusan tanaman lidah buaya ini di percayai dapat memperbaiki permasalahan di atas.

5. Penyubur Bulu Sesudah masa Mabung

Manfaat tanaman lidah buaya untuk burung kicauan juga bisa dijadikan sebagai bahan penyubur bulu setelah masa mabung.

Burung yang sedang dalam proses mabung lain halnya dengan kerusakan bulu yang disebabkan oleh pengaruh hama jahat.

Ketika burung sedang mabung, seringkali membutuhkan banyak multivitamin dari biasanya. Dengan diberikan lidah buanya secara teratur diyakini dapat memepercepat perkembangan bulu baru dengan sempurna. Dengan ramuan alami ini, burung dapat menjadi subur bulunya.

6. Pembasmi Kuman Saluran Pernafasan

Air rebusan tanaman lidah buaya ini berfungsi sekali untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang menghambat saluran pernafasan pada burung. Contohnya seperti masalah saluran tenggorokan.

Sebab pada saat ada gangguan di saluran pernafasannya, seringkali burung akan malas berkicau. Di samping itu, nafsu makannya juga menurun. Karena burung akan merasakan sakit jika melakukan aktifitas tersebut.

Posting Komentar