√ Manfaat Rebusan Daun Sirih Untuk Burung Peliharaan, Dan Cara Pemberian-Nya

Burung kicauan yang dipelihara oleh kita pastinya membutuhkan perawatan yang baik dan benar supaya performanya tetap bagus. Selain hal tersebut, jika dirawat dengan baik dan benar tentunya burung kicauan yang kita pelihara bisa jauh dari gangguan penyakit.

Pemanfaatan tumbuhan alami untuk burung kicauan sangatlah dibutuhkan. Salah satunya ialah dengan memanfaatkan tumbuhan daun sirih.

Sebenarnya untuk Manfaat dari tumbuhan daun sirih ini untuk burung kicauan sangat banyak sekali.

Perlu kita ketahui, jika penyakit pada burung peliharaan banyak di sebabkan oleh adanya virus, bakteri dan juga jamur. Semua virus dan bakteri tersebut pasti ada di dekat sangkar burung bilamana pemiliknya jarang menjaga pola kebersihan sangkar pada burung tersebut.

Rekomendasi:
√ 6 Manfaat Kandungan Lidah Buaya Untuk Burung Peliharaan

Penyakit pada burung yang sering dirasakan biasanya karena gangguan seperti kutuan, kaki bubulan serta suara serak. Dari 3 penyakit tersebut jika dibiarkan tanpa mendapatkan penanganan yang tepat maka akan memiliki dampak yang buruk pada burung peliharaan anda.

Burung yang telah terkena oleh kutu seringkali malas untuk berkicau, kesehariannya juga seringkali sibuk menggaruk-garuk badannya sendiri sehingga menyebabkan bulu menjadi rusak dan rontok.

Burung yang terjangkit oleh kutu seringkali merusak penampilannya, sehingga tidak enak jika di pandang mata, apalagi jika termasuk burung lomba sudah merusak penampilan di saat gantangan lapangan.


Manfaat Daun Sirih untuk Burung

Banyak sekali manfaat dari tumbuhan daun sirih untuk burung peliharaan anda yang bisa di peroleh. Diantaranya yaitu untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit yang seringkali menyerang pada burung kicau peliharaan anda.

1. Menyembuhkan Burung Dari Kutuan

Untuk mengobati burung kicauan yang terpapar oleh kutu, maka anda bisa merebus 3 lembar daun sirih dengan menggunakan 3 gelas air bersih, untuk perebusanya cukup selama 5 menit saja.

Setelah 5 menit, selanjutnya tuangkan pada wadah agar rebusan tersebut dingin terlebih dahulu.

Setelah dirasa dingin, selanjutnya tuangkan air rebusan daun sirih pada sprayer atau semprotan untuk di gunakan memandikan burung dua kali sehari.

Selain disemprotkan pada tubuh burung, sebaiknya anda juga menyemprotkanya pada bagian sangkar dan sudut sangkar supaya kuman dan bakterinya mati dan hilang.

Perlu diingat, racikan Rebusan air daun sirih ini tidak membahayakan bilamana tertelan oleh burung. Jadi anda tidak perlu khawatir, sebab tidak ada efek samping dari ramuan daun sirih ini.

Untuk pemandiannya cukup dirasa terlihat basah saja, tidak perlu hingga basah kuyup.

Anda juga dapat melakukan secara rutin agar burung yang anda pelihara dapat terhindar dari kutu serta menjadikan bulu burung tumbuh dengan bagus.

Apabila anda menggunakan keramba untuk memandikan burung, usahakanlah jumlah air pada daun sirih dibuat agar seimbang.

2. Menyembuhkan Kaki Burung Yang Bubulan

Manfaat daun sirih untuk burung kicauan juga dapat menyembuhkan kaki burung yang bubulan. Untuk mengobatinya bisa  dilakukan dengan cara merebus 6 lembar daun sirih dengan 3 gelas air dengan ukuran api yang sedang selama 5 menit saja.

Kemudian Tuangkan pada wadah, setelah itu campurkan setengah sendok garam beryodium dan aduk hingga larut seutuhnya. Kemudian Diamkan hingga terasa hangat.

Selanjutnya Anda bisa mencuci kaki burung yang bubulan tersebut dengan air rebusan daun sirih yang masih hangat. Ingat jangan terlalu panas (gunakan hangat-hangat jari).

Pada saat masih proses pengobatan ini, usahakan tangkringan yang ada di dalam sangkar di cuci bersih setiap hari serta bisa diganti satu minggu sekali. Dan Untuk Kelembapan sangkar sebaiknya anda jaga.

Anda juga bisa menjemur sangkar di bawah terik matahari langsung supaya bisa tetap kering dan tidak disarangi oleh bakteri.

3. Penyembuhan Suara Serak Pada Burung

Untuk mendapatkan manfaat dari daun sirih untuk burung yang mengalami suara serak, sebaiknya anda siapkan 4 lembar daun sirih, kemudian jahe sebesar ibu jari. Siapkan juga  1 lembar daun mengkudu (pace) yang masih muda kemudian semua bahan dicuci bersih.

Selanjutnya semua bahan direbus menggunakan 3 gelas air bersih dengan ukuran api yang sedang dan cukup 5 menit saja.

Apabila sudah selesai, selanjutnya anda bisa tuangkan pada wadah dan diamkan hingga dingin.

Untuk cara pemberiannya pada burung yang suara serak, sebaiknya menggunakan inisiatif agar burung senantiasa bisa meminumnya. Misalnya pada saat burung sedang di jemur selama 1 jam, sebelum burung akan di gantangkan dalam ruangan rumah selanjutnya air minum yang di dalam sangkar anda ambil terlebih dahulu. selajutnya bisa anda ganti dengan air rebusan ramuan daun sirih ini.

Perlu di ingat untuk inisiatif ini perlu anda amati agar burung tidak merasa dehidrasi.
Lakukanlah pada saat burung tersebut sesudah dilakukan penjemura saja.

Setelah sore harinya bisa anda ganti kembali menggunakan air mineral seperti biasanya. Lakukan hingga suara serak pada burung benar-benar sembuh.

4. Menyembuhah sakit mata

Manfaat daun sirih selanjutnya ialah untuk mengobati sakit mata pada burung kicau. Biasanya sakit mata yang dialami oleh burung kicau karena terserang oleh bakteri dan juga alergi karena gesekan tangkringan kandang.

Cara membuatnya cukup mudah, siapkan 6 lembar daun sirih atau secukupnya.
Kemudian rebuslah menggunakan 3 gelas air dengan menggunakan ukuran api yang sedang.
Untuk perebusan cukup 5 menit saja.

Setelah sudah direbus tuangkan pada wadah atau mangkok untuk didinginkan terlebih dahulu.
Jika sudah terasa dingin.. Gunakan sebagai obat tetes mata untuk burung yang mengalami penyakit mata tersebut.
Lakukan setiap hari pada saat pagi hari-siang-sore. Untuk setiap tetesan cukup 3x tetes.

Hindari agar tidak masuk ke lubang hidung.

Posting Komentar