√ 7 Perawatan Burung Branjangan MABUNG Agar cepat Tuntas

Burung Mabung termasuk salah satu proses alami yang pasti akan dialami oleh semua jenis burung, termasuk pada burung branjangan. Maka dari itu, anda harus bisa mengatasinya pada saat burung peliharaan anda sedang mengalami masa mabung ini.

Masa mabung atau moulting yang terjadi pada Burung branjangan tidak bisa di biarkan begitu saja, lain halnya dengan burung mabung di alam liar. Maka dari itu, anda harus bisa mengatasi bagaimana caranya untuk menjaga asupan protein untuk burung branjangan serta menjaga kondisi mentalnya.

Pada saat masa produksi, tingkat protein yang dibutuhkan oleh burung branjangan sangat banyak. Begitu juga pada saat burung branjangan mengalami masa mabung sumber protein yang dibutuhkan akan berlipat menjadi 2,5 kali lebih besar.

Rekomendasi:
√ Fakta Menarik Burung Raksasa Pra-Sejarah ThunderBird

Sebab sumber protein sangat dibutuhkan sekali untuk perkembangan bulu-bulu barunya.


Cara Merawat Burung Branjangan Mabung 

Ternyata setiap bulu dari burung terdiri 90% protein keratins untuk membangun sel-sel yang dibutuhkan. Maka dari itu, untuk anda yang memelihara burung banjangan yang sedang mabung, protein dan nutrisi-nutrisi lainnya harus benar-benar bisa diperhatikan.

Pada burung branjangan sendiri masa mabung seringkali membutuhkan sekitar 1 hingga 2 bulan. Pada masa tersebut anda sebaiknya bisa merawatnya dengan baik dan benar.

Cara merawat burung branjangan mabung diantaranya:

1. Berikan Tempat Terbaik 
Ketika burung branjangan sedang mengalami masa mabung, anda bisa menggantangkan sangkarnya di ruangan yang sepi, yang jauh dari gangguan aktifitas manusia maupun gangguan dari hewan pengganggu yang lainnya.

Apabila dibutuhkan, anda bisa memberikan full krodong agar tingkat stress pada saat masa mabung bisa berkurang. Selain hal tersebut juga bisa untuk meningkatkan konsentrasi pada burung untuk merontokan bulu-bulunya.

2. Berikan Multivitamin Lebih Banyak 
Untuk Pemberian mineral juga harus selalu diperhatikan. Sebab, kebutuhan vitamin dan juga mineral saat burung mabung membutuhkan cukup tinggi.

3. Jangan Dimandikan 
Sebaiknya anda jangan memberikan pemandian atau memandikan burung yang sedang mabung, termasuk pada burung branjangan peliharaan anda. Sebab, Hal ini bisa memicu stress pada branjangan tersebut.

4. Rutin Melakukan Pemasteran 
Cara merawat burung branjangan yang mabung yaitu jangan lupa untuk melakukan pemasteran pada saat mengalami mabung agar menjadi waktu yang tepat.

Sebab, pada saat masa mabung, fokus burung hanya konsentrasi pada masalah perontokan bulunya. Dengan demikian melakukan pemasteran dinilai cukup baik. Sebab, pada saat mabung burung yang mengalami mabung akan lebih konsentrasi pada suara pemasteran.

Anda bisa mencoba menggunakan mp3 player, karena ini bisa terbilang sangat mudah, murah, serta bisa dilakukan sehemat mungkin.

5. Jaga Kebersihan Pada Burung dan Penjemuran branjangan
Untuk menjaga agar burung branjangan tetap pada mental yang stabil, pastikanlah burung branjangan yang anda pelihara tersebut bebas dari hal kutu, jamur, mikroba, cacing, dan parasit serta pengganggu yang lainnya.

Berbagai macam cara bisa dilakukan untuk menghilangkan semua itu, salah satunya yakni tetap memberikan penjemuran pada saat pagi hari.

Penjemuran tersebut sangat berfungsi sekali untuk merontokkan kutu-kutu dan tetap menjaga mental pada burung tersebut. Namun, tidak boleh dilakukan terlalu lama, yakni cukup 20 menit saja di setiap harinya.

6. Menjaga Kebersihan Sangkar 
Pembersihan kandang sangat penting sekali untuk dilakukan. Hal ini diakibatkan kotoran yang menumpuk bisa menyebabkan tumbuhnya jamur dan berbagai macam penyakit.

7. Menjaga Asupan Gizi 
Pemberian sumber protein diberikan 2 kali lebih banyak jika di bandingkan dari hari biasanya. Sebab, Hal ini lah yang menjadi salah satu perhatian utama bilamana burung yang anda pelihara sedang mengalami masa mabung.

Cara merawat burung branjangan yang mabung usahakanlah untuk diberikan pakan EF yang kaya akan protein, contohnya seperti jangkrik, ulat hongkong, belalang.

Serangga Jangkrik juga bisa menjadi salah satu pilihan yang dinilai paling tepat karena terkenal dengan mempunyai sumber protein yang cukup tinggi. Anda juga bisa mencobanya untuk memberikan 5 jangkrik Perhari-nya. Sebab, protein yang masuk untuk dikonsumsi akan cepat di proses untuk pembentukan bulu-bulu yang baru.

Posting Komentar