√ Cara Mengatasi Lovebird Tidak Mau Makan Buah dan Sayuran ...

Pada saat anda merawat burung kicauan seperti halnya Burung lovebird, maka anda perlu memperhatikan berbagai macam kondisi yang menyangkut dengan hal seperti : kesehatan, kebersihan, mengatasi lovebird yang mogok makan, melatih burung pemasteran, dan juga kebutuhan pakannya.

Sebab, yang kesemuanya itu akan mempengaruhi pada tingkat stres serta kejinakannya pada burung lovebird. Terlebih lagi, jika burung lovebird anda adalah jenis burung yang tidak hanya indah pada warna bulunya saja, akan tetapi burung lovebird juga mempunyai keterampilan pada suara khas ngekeknya yang dinilai sangat penting.

Oleh karena itu, Burung lovebird banyak sekali dipelihara oleh orang-orang yang berasal dari berbagai macam daerah dan negara, termasuk di Indonesia.


Mengatasi Lovebird Mogok Makan Buah Dan Sayuran

Pada saat Memelihara burung lovebird pastinya terkadang kita menjumpai berbagai macam permasalahan pada burung lovebird. Diantaranya yaitu hilangnya nafsu makan.

Burung Lovebird yang mengalami permasalahan seperti mogok makan sayuran dan pakan berupa buah-buahan menjadi salah satu masalah yang sering terjadi pada penangkar pemula.

Pada umumnya Burung Lovebird yang mengalami suatu masalah tidak mau makan ini bisa terjadi dikarenakan tersedak pada saat menelan buah ataupun sayuran yang menjadikannya thrauma pada burung tersebut.

Rekomendasi:
√ Trik Lovebird Bisa Ngekek Panjang Menggunakan Kaleng Bekas, Begini Caranya ...

Dan penyebab lainnya juga Bisa disebabkan karena burung lovebird tidak mengenal jenis buah atau sayuran yang diberikan oleh pemiliknya, hal ini karena semenjak kecil jarang diberikan pakan buah ataupun sayuran.

Dengan demikian, anda harus melakukan berbagai macam cara agar nafsu makan pada burung lovebird peliharaan anda yang sempat mogok makan tersebut bisa segera pulih dan kembali memakannya. Dengan hal demikian, Maka kesehatan burung lovebird menjadi tidak terganggu.

Oleh karena itu, anda harus melakukan cara untuk mengatasi lovebird yang mogok makan supaya kembali sehat.

1. Berikanlah buah-buahan dan juga sayuran yang telah dinilai aman untuk dikonsumsinya.

Anda harus mengetahui, jika tidak seluruh jenis buah-buahan yang biasa diberikan dan dikonsumsi oleh burung lovebird tersebut aman.

Sebab ada yang dampaknya bisa mengakibatkan buruk pada kesehatan burung lovebird peliharaan anda. Salah satunya yakni pakan berupa buah alpukat yang sangat tidak disarankan untuk diberikan kepada burung lovebird maupun jenis burung kicauan yang lainnya.

Oleh karena itu, berikanlah pakan berupa buah-buahan dan juga sayuran yang memang aman untuk dimakan oleh burung lovebird. Diantaranya seperti buah pepaya, sayuran kangkung, buah jeruk, buah pisang, dan buah yang aman lainnya.

2. Selalu bersihkan buah-buahan beserta sayuran yang akan dimakan oleh burung lovebird

Kemudian, pakan lovebird yang berupa buah-buahan dan sayuran yang akan dimakan oleh burung lovebird, usahakanlah terlebih dahulu harus dibersihkan sebersih mungkin.

Bisa juga karena anda merendam jenis pakan tersebut hanya sebentar yang kemudian zat pembersih buah dan sayuran masih menempel pada pakan tersebut. Sehingga mengakibatkan burung thrauma dengan rasa dan bau pembersih yang masih menempel pada pakan buah atau sayuran.

Pencucian buah-buahan dan juga sayuran tujuannya untuk menghilangkan bakteri ataupun zat kimia yang masih menempel.

Dengan demikian, burung yang memakannya tidak akan terserang oleh penyakit berbahaya.

3. Memotong buah-buahan dan sayuran yang dapat menarik perhatian burung

Untuk Mengatasi burung lovebird mogok makan bisa diatasi dengan cara memotong pakan supaya lovebird tertarik untuk memakan buah-buahan dan sayuran. Maka dari itu, anda bisa memotongnya dengan ukuran yang kecil-kecil.

Buah dan sayuran yang dipotong dalam bentuk yang bervariasi seperti bentuk bola, persegi, ataupun bentuk persegi panjang.

Sesudah pakan dipotong ,maka bisa dicampurkan langsung dengan pakan biji-bijian dalam satu wadah supaya bisa dimakan oleh burung lovebird.

Anda juga bisa membuat burung lovebird tertarik untuk memakannya bila dilakukan dengan cara meletakkannya pada makanan lovebird pada ujung jari anda sendiri seperti halnya menyuapi langsung ke paruhnya.

Hal ini bertujuan agar burung lovebird tidak merasa takut dan memandang jika pakan yang disodorkan tersebut dinilai cukup aman untuk dimakan.

4. Menggantung buah atau sayur dengan tali

Langkah yang selanjutnya yang bisa anda lakukan agar burung lovebird mau makan buah dan sayuran yakni dengan menggantungkan buah ataupun sayuran tersebut.

Akan tetapi, terlebih dahulu buah dan sayuran harus dipotong dulu, kemudian gantungkan menggunakan tali di tengah sangkarnya.

Mungkin dengan cara yang seperti ini bisa mengatasi burung lovebird mogok makan supaya bisa kembali normal dan sehat seperti sebelumnya.

Posting Komentar