√ Cara Menyembuhkan Murai Batu Sakit Dengan Cara Mudah Dan Sederhana ...

Bagi anda yang penggemar burung murai batu, tentunya sangat senang jika mempunyai burung Murai Batu peliharaanya berkualitas. Tidak hanya bisa menghibur saja, melainkan dengan mempunyai suara yang merdu, tampilan fisiknya yang unik Dan ekornya yang tampak panjang menjuntai menjadi khas tersendiri.

namun pada saat anda memelihara burung Murai Batu pastinya menemukan persoalan masalah yang dihadapi, yang seringkali menjadikan pemeliharanya merasakan cemas atau khawatir. Sebab, burung Murai Batu juga bisa sakit karena hal-hal tertentu.

Cara Perawatan Murai Batu yang Sakit 

Burung Murai Batu yang mengalami sakit terkadang memang susah untuk diketahui. Meskipun demikian, anda masih bisa memahami tanda-tanda fisik burung murai batu tersebut.

Rekomendasi:
√ Cara Merawat Murai Batu Anakan Usia 7 Hari Hingga Usia 30 Hari ....

Sebenarnya tidak hanya pada fisiknya saja, namun pada umumny burung Murai Batu yang sedang sakit juga bisa anda ketahui dengan mudah.


Berikut ini ialah perawatan burung Murai batu yang sakit.

Mata Murai Batu Keluar Cairan 
Apabila pada bagian mata burung murai Batu pelihaaan anda mengeluarkan cairan sekret atau cairan yang berbentuk seperti nanah dan juga berbau, bisa jadi mata burung murai itu terkena oleh infeksi. Yang mana, infeksi ini disebut dengan mata belekan.

Untuk Perawatan burung Murai Batu yang mengalami sakit mata ini bisa dilakukan dengan cara membersihkannya dengan menggunakan kapas yang terlebih dahulu dicelupkan ke air hangat.

Jika bagian mata burung belum juga sembuh, maka anda bisa memberikan sedikit obat tetes mata.

Burung Murai Batu Lesu dan Nafsu Makannya Berkurang 

Pada umumnya, nafsu makan pada burung Murai Batu yang berkurang ini dapat disebabkan oleh keracunan. Perlu anda ketahui, jika burung Murai Batu yang mengalami keracunan seringkali disebabkan karena makanan dan minuman Murai Batu yang sudah tercemar oleh bakteri.

Dengan demikian, makanan yang dia makan pastinya tidak dominan positif oleh bakteri, dan pastinya bisa membahayakan bagian dalam tubuhnya.

Untuk menangani burung Murai Batu yang sedang mengalami permasalahan kesehatan yang seperti ini, maka anda harus bisa mengganti pakan voer secara teratur serta memberikan minuman yang keadaannya masih bersih.

Tidak hanya itu saja, mencuci sangkar juga bisa untuk menghilangkan bakteri yang menyerang pada burung Murai Batu.

Burung Murai Batu Bersuara Serak
Jika burung Murai Batu peliharaan anda jarang berkicau, bisa jadi burung tersebut sedang merasakan sakit di bagian tenggorokanya. Sumber sakit yang seperti ini seringkali berawal dari tenggorokan yang kurang nyaman. Maka dari itu, bukan suatu hal yang asing lagi jika suara burung Murai Batu tersebut tiba-tiba menjadi serak dan terdengar putus-putus.

Untuk pertanda yang lainnya yang seringkali terlihat ketika burung sakit tenggorokan yakni pada kebiasaannya membuka paruhnya. Dalam Hal ini yang mengakibatkan terjadinya sakit tenggorokan juga beragam, dari mulai terlalu lama menjemur burung.

Selain itu juga karena adanya luka pada bagian tenggorokannya karena salah makan, dan perubahan cuaca yang cukup ekstrem.

Akan tetapi, pada umumnya yang paling sering terjadi mengakibatkan burung Murai Batu menjadi sakit yakni dikarenakan burung Murai Batu tersebut salah makan.

Perawatan burung Murai Batu yang sakit tenggorokan ini bisa anda lakukan dengan beberapa cara. Salah satunya yakni dengan memberikan pakan jangkrik yang sudah dihilangkan bagian kaki dan juga kepalanya.

Sebaiknya, anda juga jangan terlalu lama menjemur burung Murai Batu tersebut. Kemudian anda juga bisa menutup sangkar dengan full kerodong agar terasa hangat pada saat malam harinya.

Lalu, berikanlah minuman larutan penyegar, tambahan pakan cacing, dan juga selalu mencuci bersih sangkar secara berkala.

Dengan melakukan perawatan burung Murai Batu yang sakit secara baik dan benar, maka burung Murai Batu peliharaan anda yang mengalami sakit bisa segera diatasi dengan secepat mungkin.

Posting Komentar