√ Manfaat Kandungan Kencur Untuk Burung Peliharaan Dan Cara Pemberian-Nya

Banyak sekali berbagai tumbuhan yang sangat bermanfaat untuk burung kicauan, Salah satunya yakni kencur.

Ternyata kencur tidak hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh manusia saja. Melainkan manfaat kencur untuk burung kicauan sangat beragam.

Tanaman obat yang merupakan jenis ramuan temu-temuan (Zingiberaceae) ini seringkali dipakai untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit burung kicau.

Perlu anda ketahui, ternyata kencur memiliki nama yang sama pada setiap wilayah dan juga daerah.

Rekomendasi:
√ Mengetahui Manfaat Ulat Kandang Untuk Burung Peliharaan

Tanaman kencur juga termasuk salah satu nama tumbuhan obat yang sering dipakai di berbagai wilayah Jawa.

Tidak hanya mempunyai nama yang beraneka ragam saja, melainkan tumbuhan jenis umbi-umbian berupa kencur ini seringkali digunakan untuk berbagai macam jenis masakan tradisional dan juga sebagai bahan Jamu, khususnya di Indonesia.


Selain digunakan untuk bahan masakan, pada umumnya manfaat kencur untuk meningkatkan nafsu makan. Oleh karena itu, kencur seringkali diberikan kepada anak-anak yang kurang memiliki nafsu makan.

Biasanya bahan kencur ini selalu dipadukan dengan beras untuk menciptakan ramuan jamu beras kencur.

Kombinasi dari 2 bahan ini juga banyak sekali mengandung vitamin B yang bisa merangsang dibagian lambung untuk memberikan rasa lapar. Selain hal tersebut juga bisa menyembuhkan penyakit maag (jika dikonsumsi secara rutin).

Manfaat Kencur Untuk Burung Kicauan peliharaan anda 

Di samping hal itu, manfaat dari tumbuhan kencur-pun terdapat kandungan minyak atsiri dan alkaloid yang dapat memberikan rasa hangat.

Manfaat kencur untuk burung kicauan ialah untu menjernihkan suara kicauan burung peliharaan anda. Selanjutnya, Tumbuhan kencur juga bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit pada jenis burung.

Berikut ini terdapat 5 manfaat tumbuhan kencur untuk burung kicauan, khususnya untuk mengobati berbagai macam penyakit:

1. Membantu menghilangkan lendir dan dahak pada burung.
2. Membantu untuk menguatkan pernafasan burung.
3. Menguatkan pita suara burung.
4. Mengobati radang tenggorokan.
5. Menjaga kondisi dan juga kesehatan burung.

Manfaat tumbuhan kencur untuk burung kicauan memang sangat banyak. Namun dari berbagai macam manfaat tersebut bisa anda dapatkan apabila diberikan pada burung dengan cara yang baik dan benar.


Cara Pemberian Kencur Untuk Burung Kicauan 


Kencur juga dapat diberikan ke burung peliharaan anda dengan melalui 2 cara, diantaranya yaitu melolohkan kencur secara langsung ke paruh burung.

Ada juga yang memberikannya dengan di campurkan pada air minumnya.

Cara Meloloh Kencur Ke Paruh Burung 
Sebelum anda melolohkan kencur ke paruh burung, usahakan anda juga memastikan terlebih dahulu jika burung peliharaan anda tersebut termasuk burung yang sudah jinak. Sebab, untuk cara ini jarang dilakukan pada jenis burung kicauan, selain burung perkutut.

Untuk memberikan kencur untuk burung kicauan metodenya yaitu kulit kencur dikupas terlebih dulu.

Selanjutnya kencur tersebut dipotong menjadi kecil-kecil ukurannya sebesar kacang hijau atau voer. Dan setelah itu, anda bisa langsung melolohkan potongan kecil kencur tersebut pada burung.

Untuk takar pemberiannya ialah, anda bisa memberikan 2 hingga 3 butir yang sudah dipotong kecil-kecil setiap seminggu sekali.

Dicampurkan pada Air Minum Burung 
Lain halnya dengan cara anda melolohkan kencur secara langsung pada burung kicauan, jika kencur dicampur pada air minum, maka akan lebih aman dan tentunya tidak menjadikan burung tersebut stres.

Untuk cara mencampurkannya juga sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda bisa mengupas terlebih dulu kulit kencur tersebut. Dan sesudah itu, kencur diparut atau bisa juga dikeprok hingga halus.

Selanjutnya, kencur tersebut dicampurkan dengan air secukupnya saja, dan direbus hingga matang.

Untuk cara yang selanjutnya, air rebusan tadi didiamkan hingga dingin, kemudian harus disaring dulu.

Dan setelah dingin bisa anda campurkan langsung pada wadah minuman burung peliharaan anda. Untuk takaran perbandinganya 1:1 dengan air mineral biasa.

Posting Komentar