√ Cara Mengatasi Kacer Takut Orang (tips cara menjinakan kacer) ..

Apakah anda pada saat ini sedang memelihara burung kacer? Jika iya, tentu saja anda menginginkan burung kacer yang anda pelihara menjadi jinak bukan?

Untuk menjinakan burung kacer pastinya berbeda dengan cara menjinakan burung pemangsa seperti burung elang. Pada saat burung kacer peliharaan anda masih merasa ketakutan bertemu dengan orang. Hal ini masih bisa diatasi, sebab sekarang ada teknik atau cara mengatasi burung kacer takut orang dengan mudah.

Cara ini bisa anda terapkan pada burung kacer peliharaan anda yang masih merasa ketakutan dan belum bisa dijinakan.

Memang untuk sebagian orang, hal ini menjadi yang terbilang cukup sulit. Bahkan adapula pecinta burung kicau yang sebelumnya merasa putus asa karena disebabkan menjinakan burung kacer miliknya. Terkadang, seringkali burung kacer menjadi terlalu giras dan susah untuk dikendalikan.

Rekomendasi:
√ Perawatan Kacer Nyilet (Kurus) Agar Cepat Gemuk Kembali .....

Maka dari itu, saya akan mengupayakan menjawab masalah yang anda alami dengan memberikan cara untuk mengatasi burung kacer yang takut dengan orang. Sehingga burung kacer ini tidak akan giras lagi dan menjadi jinak tentunya.


Cara Mengatasi Kacer Giras Atau Takut Orang


Sebagian besar burung kacer yang kondisinya terlampau giras ialah jenis burung kacer tangkapan liar. Atau kacer hasil bakalan (anakan) yang belum jadi.

Jadi burung kacer masih belum bisa untuk beradaptasi dengan lingkungan dan juga kehadiran orang-orang yang ada disekitarnya.

Meskipun dilihat dari sisi harga, burung kacer yang dipasarkan burung tradisional ini lebih murah dan juga kualitasnya memang asal-asalan.

Berbeda lagi jika anda membeli burung kacer dari hasil penangkaran burung kacer. Karena kualitas dari burung yang ada di penangkaran akan jauh lebih baik.


Cara Menjinakan Burung Kacer Yang Takut Orang

Langkah pertama yang harus anda lakukan supaya burung kacer anda tidak takut orang ialah dengan mengkondisikannya dengan suasana yang se-tenang mungkin (tidak ramai).

Tempatkanlah burung kacer di tempat yang tenang dan sepi. Jika baru saja dibeli, maka anda bisa memberikanya full kerodong atau tutup pada bagian atas sangkarnya.

Selanjutnya biarkanlah burung kacer tersebut digantang pada tempat yang paling tenang sampai keesokan harinya. Sebaiknya anda juga jangan sampai lupa untuk selalu memperhatikan masalah pakan dan juga minumnya.

Salah satu hal penting yang harus anda perhatikan ialah anda bisa memberikannya BFA pada burung kacer yang baru dibeli dari pasar. Hal ini sudah terbukti bisa membuat burung kacer merasa lebih tenang dan juga mudah ditangani secara signifikan.

Esok harinya, bukalah kerodong sangkar secara perlahan dan dengan cara hati-hati. Agar pintu sangkar jangan sampai ikut terangkat. Jika sampai terangkat, burung kacer bisa lepas.

Tahapan selanjutnya anda bisa melakukan terapi yakni dengan terapi lapar. Tahap ini memang harus sesuai perhitungan yang tepat.

Sebab terapi lapar ini khususnya untuk burung kacer yang sudah terbiasa dengan konsumsi voer (kacer hasil beli dari penangkaran). Terapi ini tidak dianjurkan untuk burung kacer yang belum bisa makan voer. Sebab, bisa jadi burung kacer tersebut justeru akan sakit dan bahkan bisa mati.

Selanjutnya, Mandikanlah burung kacer tersebut. Untuk metodenya yaitu disemprot menggunakan sprayer. Semprotlah hingga burung kacer basah kuyup. Sebab proses ini sangat penting sekali sebelum burung kacer mandi sendiri di keramba.

Sesudah itu, silakan di jemur dan di Anginkan burung kacer tersebut hingga beberapa menit sampai bulu-bulunya kering. Namun untuk posisi sangkar masih tetap di bawah dan terpapar oleh sinar matahari langsung.

Setelah bulu kacer sudah mengering sempurna, kacer akan mulai lapar dan hal ini saatnya memberikan pakan. Berikanlah serangga jangkrik dengan cara memberikan langsung dengan tangan anda.

Jika kacer masih terlihat ketakutan, usahakanlah pakai lidi. Jika burung kacer sudah mulai mau untuk mengambil pakan dari tangan atau lidi anda, langkah yang selanjutnya menggantagkan kembali sangkarnya kembali di tempat yang lebih teduh.

Latihan selanjutnya untuk mengatasi burung  kacer yang takut orang yaitu menutup kembali sangkar dengan cara Full kerodong yang bahannya lebih tipis.

Kemudian Sangkar yang sudah tertutup rapat digantangkan di tempat yang agak ramai untuk membiasakan burung kacer pada kondisi yang ramai.

Posting Komentar