√ Jenis Penyakit Burung Kacer dan Cara Mengatasinya ...

Burung Kacer termasuk salah satu di antara jenis burung yang banyak diminati oleh para penghobi burung kicauan. Hal ini disebabkan karena burung kacer mempunyai kualitas suara yang cukup bagus dan mudah dilatih untuk menjadi burung lomba.

Hanya saja, perawatan yang kurang Baik bisa menyebabkan burung kacer menjadi mudah sakit. Untuk itulah, anda harus mengetahui apa saja penyakit burung kacer dan cara untuk mengobatinya.

Rekomendasi:
√ Manfaat Kandungan Jahe Untuk Kacer Dan Cara Pemberian-nya....


Penyakit Burung Kacer dan Cara Pengobatannya 

Sebagai penghobi burung yang baik, maka anda harus memahami berbagai macam jenis penyakit yang bisa menyerang pada burung kacer peliharaan anda. Di samping hal itu, ketahui juga bagaimana cara untuk mengobatinya.

Inilah beberapa macam jenis penyakit burung kacer dan cara untuk mengobatinya:

1. Gangguan Pernafasan 
Salah satu jenis penyakit yang sering dialami dan menyerang pada burung kacer ialah gangguan pernafasan. Jenis penyakit ini disebabkan oleh bakteri E.colli yang menyerang pada bagian pernafasanya.

Bakteri E.colli akan menyebabkan infeksi pada saluran pernafasan burung kacer dengan cara penularan lewat makanan, minuman, udara, dan juga tubuhnya.

Pada Saat penyakit ini menyerang pada pernafasan burung kacer, pastikanlah anda segera mencuci bersih kandangnya. Bersihkan juga semua bagian sudut kandang burung setiap pagi secara berkala. Kemudian Sikat dan cuci alas sangkar yang sudah kotor dengan deterjen. Kemudian jemur sekitar 15-30 menit di bawah terik panas matahari.

Supaya sangkar burung benar-benar bersih, maka anda bisa menyemprotkan semua bagian sangkar burung dengan menggunakan disinfektan.

Perlu anda ketahui, disinfektan dapat membunuh bakteri, parasit, jamur, kuman penyakit, kutu, dan virus yang bisa membahayakan kesehatan pada burung.

2. Mencret
Kacer juga bisa terserang oleh penyakit mencret (diare). Penyakit mencret yang sering di alami oleh burung kacer dapat disebabkan oleh 2 hal, yaitu salah mengkonsumsi makanan dan juga terinfeksi oleh bakteri.

Di samping hal itu, gejala yang terlihat ialah burung kacer terlihat tampak lesu dan juga lemas, nafsu makannya juga tampak berkurang.

Burung kacer yang terkena penyakit mencret bisa diobati dengan memberikan makanan dan nutrisi yang tepat. Dalam artian, makanan yang diberikan mempunyai kandungan nutrisi yang sebanding atau seimbang, dan tentunya harus baik untuk kesehatan burung kacer.

Kesehatan pada burung kacer memang disebabkan oleh makanan yang dikonsumsinya. Maka dari itu, Anda bisa memberikan makanan yang mempunyai komposisi secara menyeluruh dan telah teruji sesuai kebutuhan untuk burung kacer.

Adapun makanan yang dimaksud untuk burung kacer ialah sesuai dengan sistem metabolisme burung kacer. Kandungan nutrisi dari makanan yang diberikan harus bisa memenuhi semua kebutuhan pada burung kacer.

3. Snot
Snot ialah salah satu jenis penyakit yang bisa menyerang pada burung kacer. Penyakit snot yang juga sering dikenal dengan nama Penyakit Mata. Hal ini diakibatkan oleh virus Hemophillus Gallinarum. Gejala Penyakit snot ini terlihat benjolan merah di sekitar area mata burung kacer.

Tak hanya itu saja, penyakit snot ini juga ditandai dengan wajah kacer yang terlihat bengkak. Daerah sekitar Hidung kacer juga mengeluarkan ingus dan juga lendir. Bahkan jika tidak segera di atasi, maka burung kacer akan seringkali bersin-bersin sebagai tanda bahwa ada hal yang mengganggunya.

Untuk mengobati burung kacer yang terkena oleh penyakit snot ini, anda bisa memberikan suplemen vitamin, asam amino, dan juga mineral yang tepat.

Berikan suplemen dengan kandungan vitamin, asam amino, dan mineral secara teratur dan juga terjadwal.

4. BuBulan
Penyakit bubulan yang di alami burung kacer diakibatkan oleh bakteri Staphylo Coccus. Bakteri ini menyerang pada bagian permukaan kaki kacer.

Pada saat Burung kacer terkena oleh infeksi bakteri ini, sisik kakinya akan terlihat kendur dan juga melebar. Di samping hal itu, kakinya juga akan tampak terlihat membengkak.

Sebagai tahapan pengobatannya, anda bisa membasuh kaki burung kacer menggunakan air hangat. Setelah mengering, olesi kaki burung kacer menggunakan salep anti jamur.

Selama masa penyembuhan, berikanlah makanan yang kaya dengan vitamin A dan hindari makanan telur rebus.

Berbagai jenis penyakit pada burung kacer dan pengobatannya di atas perlu anda pahami dan cermati demi kesehatan burung kacer favorit anda.

Posting Komentar