√ 7 Manfaat Bawang Putih Untuk Burung Peliharaan, Dan Cara Pemberian-Nya

Bawang putih ternyata mempunyai banyak khasiat, khususnya untuk burung kicauan. Khasiat dari bawang putih ini untuk burung kicau bisa digunakan untuk mengobati bulu burung yang rontok.

Biasanya penyebab bulu burung yang rontok bisa disebabkan karena burung tersebut mengalami masa mabung, Tapi ada juga yang memang burung tersebut mempunyai kebiasan mencabuti bulunya sendiri.

Khasiat bawang putih untuk burung kicau ada 2 manfaat yaitu untuk digunakan sebagai cara penyembuhan dan juga sebagai media pencegahan penyakit.

Dari 2 jenis manfaat bawang putih ini, tidak lepas dari kandungan zat yang ada di dalam bawang putih yang sangat baik untuk kesehatan burung kicau.


Khasiat Bawang Putih Untuk Burung

Belum banyak para pecinta kicau yang memahami tentang khasiat dan manfaat dari bawang putih ini untuk burung kicauan.

Ternyata pada umumnya bawang putih banyak dimanfaaatkan pada burung merpati , perkutut, derkuku, dan juga pada burung putter.

Manfaat bawang putih ini Khususnya untuk menghangatkan tubuh pada saat musim hujan.

Rekomendasi:
√ 5 Jenis Serangga Yang Tidak Boleh Diberikan Untuk Burung Peliharaan

Bawang putih yang ditumbuk pada umumnya akan mengeluarkan bau khas-nya. Bau tersebut muncul karena ada zat alin pada bawang putih yang mengalami kontak secara langsung dengan enzim alinase. Yang mana zat zat tersebut terbelah menjadi alisin, amonia, dan juga zat asam piruvat.

1. Sebagai Anti jamur

Manfaat bawang putih yang bisa anda ambil untuk merawat burung kicauan yaitu khasiatnya sebagai anti jamur. Jadi bagi anda yang hendak burung kesayangannya tidak di hinggapi oleh jamur maka pakailah bawang putih.

2. Sebagai Anti bakteri

Ternyata zat alisin yang ada pada satu siung bawang putih memiliki sifat antibakteri. Yang mana tergolong bakteri-bakteri yang berasal dari kumpulan Escherhichia, Salmonella, Staphylococcus, Strepptococcus, Klebsiella, Proteus, Bacillus, dan Clostridium.

Bawang putih bisa dimanfaatkan untuk mengobati burung kicauan yang sedang mengalami gangguan pencernaan yang disebabkan oleh bakteri, sebab kandungan dalam bawang putih mempunyai zat anti bakteri.

3. Sebagai Anti parasit

Khasiat bawang putih untuk burung kicauan yang selanjutnya yakni sebagai anti parasit.

Bawang putih ini sudah dikenal sebagai obat cacing yang sangat manjur. Dari sebuah riset juga telah diterangkan bahwa kandungan alisin yanh ada didalam bawang putih sangat efektif untuk melawan jenis parasit yang sering menyerang pada bagian tubuh burung kicauan.

4. Sebagai Anti virus

Tak hanya mempunya sifat antiparasit saja, akan tetapi kandungan alisin yang ada pada bawang putih juga memiliki manfaat sebagai zat antivirus. Yang mana membawa banyak khasiat untuk melawan burung terinfeksi dari serangan virus.

5. Sebagai Anti jamur

Bawang putih juga mempunyai sifat anti jamur dan baik digunakan untuk burung kicauan peliharaan anda. Maka dari itu, bawang putih bisa untuk menangkal berbagai macam penyakit yang diakibatkan oleh jamur.

6. Sebagai Menghangatkan tubuh

Khasiat bawang putih selanjutnya yaitu untuk menghangatkan badan burung kicau peliharaan anda. Terlebih lagi pada saat musim hujan sangat bermanfaat untuk diterapkan pada burung kicauan anda.

7. Sebagai Obat Luka

Jika burung peliharaan anda sedang mengalami luka, anda bisa menggunakan bawang putih untuk menyembuhkan luka yang ada pada burung peliharaan anda.

Bahkan bawang putih juga seringkali dijadikan sebagai terapi untuk menumbuhkan bulu ekor serta bulu sayapnya.

Sedangkan untuk cara pemberian bawang putih pada burung, usahakanlah anda memperhatikan beberapa hal berikut ini Agar tidak terjadi kesalahan, usahakan juga anda mengamati cara pemberian bawang putih pada burung peliharaan anda.

Cara pemberian bawang putih Untuk burung 

- siapkan bawang putih secukupnya (1 atau 2 siung).
- kupas bawang putih tersebut, dan buang kulitnya.
- cucilah menggunakan air yang bersih.
- kemudian Tumbuk atau parut bawang putih tersebut sampai halus.
- Kemudian hasil tumbukan bawang putih bisa anda campur kedalam gelas yang berisi air hangat.
- Selanjutnya diamkan terlebih dahulu sampai bawang putih tersebut benar-benar tercampur dengan air hangat.
- Apabila sudah tercampur, kemudian saringlah dan simpan pada tempat yang sejuk agar Dingin.
- Dan sesudah dingin selanjutnya campurkan pada wadah minuman burung peliharaan anda.
- lakukanlah pada pagi hari dan setelah sore harinya bisa anda ganti dengan air mineral yang biasa.

Posting Komentar