√ Perawatan Kacer Nyilet (Kurus) Agar Cepat Gemuk Kembali .....

Pada saat anda Memelihara burung kacer tentunya tidak akan lepas dari suatu permasalahan. Di samping burung kacer yang kegemukan, dan terkadang kacer juga ada yang mengalami nyilet atau kurus.

Kacer yang kegemukan pada umumnya disebabkan oleh banyaknya pakan burung dengan kandungan nutrisi yang lebih.

Sedangkan pada burung kacer yang mengalami nyilet disebabkan oleh kurangnya gizi pada saat pemberian makanan yang diberikan kepada burung kacer.

Burung kacer yang mengalami nyilet pada umumnya kondisi kesehatan serta tenaganya akan menurun drastis. Dengan demikian burung akan terlihat agak lemes atau kurang Fit. Bahkan pada perilaku yang sering ditunjukkan juga tidak selincah pada hari-hari biasanya. Dengan hal ini, burung akan menjadi sangat sulit untuk dikondisikan dan sulit dpersiapakan untuk dilombakan.

Rekomendasi:
√ Cara Diet Kacer Yang Obesitas (Kegemukan)


Cara Mengatasi Kacer Nyilet (Kurus)

Untuk anda yang sedang mengalami masalah pada burung kacer peliharaan anda, seperti halnya nyilet, sebaiknya anda sesegera mungkin mencarikan cara untuk mengatasinya.

Ada 2 cara yang dapat anda lakukan untuk menanggulangi atau mengatasi burung kacer nyilet seperti berikut ini:

1. Pemberian Pakan Tambahan Yang Cukup

Burung kacer yang tidak mendapatkan asupan EF yang mencukupi, maka hal ini bisa menyebabkan kacer nyilet. Karena, tubuh pada burung tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup setiap harinya.

Sedangkan untuk pemberian EF idealnya ialah 10 ekor jangkrik setiap hari, tentunya hal ini disesuaikan juga dengan kondisi burung kacer tersebut. Jika dalam kondisi nyilet, anda bisa memberikanya 10 setiap hari.

Pemberian pakan EF sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan protein pada burung serta kandungan nutrisi pada Ekstra Fooding tersebut.

Apabila anda tidak menginginkan burung kacer peliharaan anda mengalami nyilet, segeralah penuhi kebutuhan nutrisi tubuh burung tersebut untuk setiap harinya dengan pemberian pakan EF yang cukup.

Untuk pemberiannya, Berikanlah serangga jangkrik kurang lebih 5 ekor pada pagi hari dan 5 ekor jangkrik pada sore hari setiap hari.

Jika burung kacer peliharaan anda terlalu nyilet, maka berikanlah jangkrik 13 sampai 15 perhari. Tujuannya tak lain supaya hasilnya bisa lebih maksimal.

Dalam hal ini, anda jangan merasa khawatir jika burung kacer peliharaan anda menjadi OB (over birahi) setelah diberikan pakan jangkrik yang banyak. Selama anda bisa mengontrol dan juga meredam birahi pada burung dengan cara memandikanya dengan rutin, maka burung kacer anda keadaannya akan tetap baik-baik saja. Namun, apabila anda merasa cemas tidak bisa mengendalikan sifat birahi burung kacer tersebut, maka anda harus bisa berikan secukupnya saja.

Pada saat burung kacer anda menunjukan gejala over birahi yang berlebihan, anda bisa menurunkannya kembali dengan jumlah mengurangi pemberian jangkrik. Kemudian, pada saat anda sudah bisa mengimbangi dengan cara mandi secara rutin, maka bisa memaksimalkan pemberian jangkrik setiap harinya.

2. Pemberian Pisang Kepok

Cara mengatasi burung kacer nyilet (kurus) yang selanjutnya ialah dengan memberikan buah pisang kepok.

Tidak hanya untuk burung cucak ijo, trucukan, atau pleci saja yang gemar memakan pisang kepok ini. Akan tetapi burung kacer juga bisa senang memakan buah pisang kepok ini.

Nah, pisang kepok ini sangat penting sekali untuk anda berikan pada burung kacer yang sedang mengalami nyilet. Karena, pisang merupakan buah yang mengandung banyak nutrisi penting untuk membantu menggemukan burung kacer yang nyilet.

Untuk cara pemberiannya, anda bisa memberikan buah pisang pada saat burung kacer sedang lapar, terlebih lagi pada saat sesudah burung dijemurkan.

Sebaiknya sebelum burung kacer dijemur, anda berikan burung kacer yang mengalami nyilet dengan pakan jangkrik 1 saja untuk mengganjal perutnya yang kosong.

Selanjutnya, Pada Saat penjemuran sebaiknya anda mengosongkan wadah pakan voer.

Sesudah penjemuran dirasa cukup, silakan anda ambil sangkar dari penjemuran, kemudian burung kacer bisa anda angin-anginkan terlebih dahulu di tempat yang teduh, dan setelah itu bisa anda masukan pisang yang sudah dibuang kulitnya.

Apabila burung kacer anda tetap tidak mau memakannya, sebaiknya anda berikan pisang tersebut dalam wadah cepuk dan ditaruh di tempat biasa untuk menempatkan cepuk voer atau EF. Jika anda telaten dan juga sabar untuk melakukanya biasanya burung kacer sudah mau memakanya dengan lahap.

Untuk mengatasi burung kacer yang nyilet ini akan berhasil jika anda melakukannya dengan kesabaran dan juga ketelatenan. Penuhi juga sumber nutrisi pada burung burung kacer.

Posting Komentar