√ Manfaat Belimbing Untuk Burung Peliharaan Dan Cara Pemberian-Nya..

Burung kicau pemakan buah, pada saat dipelihara di rumah tentunya dalam hal pakan hariannya akan diubah menjadi pakan voer. Akan tetapi, setelah burung kicauan tersebut sudah bisa memakan voer setiap harinya, maka anda harus tetap memberikan jenis pakan buah-buahan sebagai makanan seperti di alamnya.

Salah satu buah yang bisa anda berikan ialah buah belimbing. Manfaat dari buah belimbing untuk burung kicauan sebenarnya sangatlah banyak sekali. Buah belimbing ini tergolong jenis buah yang didapatkan dari tumbuhan belimbing. Pohon ini banyak sekali di jumpai di daerah tropis.

Rekomendasi:
√ Manfaat Rebusan Daun Sirih Untuk Burung Peliharaan, Dan Cara Pemberian-Nya

Pada saat buah ini sudah masak/matang, buah belimbing tersebut akan berwarna kuning dengan rasanya yang manis segar dan berisi sumber air yang banyak.

Manfaat Buah Belimbing untuk Burung

Buah belimbing termasuk salah satu di antara jenis buah yang kaya dengan vitamin C-nya. Untuk setiap 100 gram buah belimbing, ada kandungan 34,7 mg vitamin C.


Maka dari itu, jenis buah ini sangat bermanfaat sekali untuk menambah sistem imun. Selain hal tersebut, juga bisa untuk mencegah serangan dari berbagai macam mikroorganisme yang ada pada tubuh.

Tidak hanya berisi sumber vitamin C saja, buah belimbing juga mempunyai kandungan yang lainnya seperti vitamin A, vitamin E, dan juga vitamin B kompleks seperti follat, niacin, piridoksin, riboflavin, dan juga tiamin.

Selain itu, Buah belimbing juga banyak sekali mengandung sumber mineral seperti fosfor, seng, besi, magnesium, kalsium, dan juga potasium. Sedangkan Untuk kalorinya, buah belimbing ini hanya mempunyai kadungan sejumlah 31 kalori pada setiap 100 gramnya. Jumlah ini ternyata jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis buah-buahan tropis yang lainnya.

Tidak hanya itu saja, buah belimbing juga kaya dengan antioksidan. Sebab, mengandung polifenol flavanoid. Sedangkan untuk Jenis-jenis flavanoid contohnya seperti quercetin, epikatekin, dan juga asam galat.

Dengan banyaknya nutrisi yang ada pada buah belimbing ini, dapat dikatakan jika buah belimbing ialah salah satu buah yang berisi banyak sumber nutrisi penting untuk tubuh. Misalnya seperti mineral, vitamin, bahkan antioksidan. Maka dari itu, buah ini tidak hanya terasa segar saja, melainkan juga bisa menyehatkan.

Selain itu, Buah belimbing ini tidak hanya baik dikonsumsi oleh manusia saja. Aka tetapi juga sangat bermanfaat untuk diberikan pada jenis burung pemakan buah-buahan.

Manfaat dari kandungan buah belimbing ini untuk burung kicauan sangatlah banyak sekali, terutama untuk burung pemakan buah seperti cucak ijo. Tak hanya itu saja, beberapa burung pemakan serangga seperti burung ciblek, burung cendet, burung kacer, bisa diberikan buah belimbing ini.

Manfaat buah belimbing untuk burung kicau ini dipercaya dapat meningkatkan stamina pada burung tersebut, dan bisa meningkatkan kegacoran pada burung. Bahkan buah ini diyakini bisa menjadikan suara pada burung kicau menjadi lebih keras dan lantang.

Cara Pemberian Buah Belimbing untuk Burung

Sedangkan untuk cara penyajian buah blimbing ini disesuaikan dengan kebiasaan burung. Untuk burung cucak ijo, maka anda bisa memberikanya langsung sebagai pengganti buah papaya ataupun pisang.

Kemudian, untuk burung-burung jenis pemakan serangga, buah belimbing terlebih dahulu dibuat sebagai minuman jus. Setelah itu barulah bisa diberikan pada burung untuk dijadikan sebagai pengganti air minumnya.

Setelah buah belimbing di sajikan dalam bentuk jus, sebaiknya terlebih dahulu disaring buah belimbing tersebut dan ambil air dan sarinya saja. Untuk Ampas buah belimbing ini jangan diberikan, usahakanlah langsung dibuang saja.

Sebaiknya Gunakan buah belimbing yang telah matang dan dalam kondisi yang masih segar. Setelah itu, buah belimbing dibersihkan terlebih dahulu dengan air hingga bersih. Sebab, Hal ini dikhawatirkan ada bahan-bahan kimia yang menempel pada buah belimbing.

Manfaat buah belimbing untuk burung kicauan ini akan terlihat hasilnya jika anda memberikanya dengan baik dan benar.

Pemberian buah belimbing pada burung kicau tentunya tidak harus diberikan setiap hari. Anda dapat memberikannya paling sedikitnya diberikan satu kali dalam setiap minggunya.

Posting Komentar