√ Manfaat Kandungan Biji Pepaya Untuk Burung Peliharaan Dan Cara Pemberian-Nya

Pada saat anda memelihara jenis burung kicauan dirumah, tentunya harus diimbangi dengan perawatan yang baik dan juga benar. Sebab, jika tidak diimbangi dengan perawatan yang baik dan benar, maka bisa menjadikan burung kicauan peliharaan anda tidak dapat memiiki performa yang baik.

Salah satu perawatan yang harus anda berikan dan di perhatikan ialah pemberian bahan alami yang memiliki banyak sekali manfaat untuk burung kicauan. Salah satu bahan alami tersebut yang bisa anda berikan pada burung kicauan ialah biji buah papaya.

Rekomendasi:
√ Manfaat Kandungan Tahu Putih Untuk Burung Peliharaan Dan Cara Pembarian-Nya...

Mungkin anda belum mengetahui tentang biji pepaya ini memiliki yang banyak manfaat untuk burung kicauan. Akan tetapi, banyak juga orang yang belum mengetahui manfaat dari biji pepaya ini untuk burung kicauan.


Manfaat Biji Pepaya Untuk Burung

Pada saat ini, banyak orang yang hanya mengenal pepaya untuk dijadikan sebagai buah yang kaya akan vitamin dan juga senyawa aktif lainnnya. Yang mana berfungsi sekali untuk mengatasi banyak macam gangguan kesehatan.

Perlu kita ketahui, jika buah pepaya ini berisi antioksidan (betakaroten) yang dapat mencegah serangan radikal bebas. Tidak hanya itu saja, buah pepaya ini juga ternyata mempunyai kandungan vitamin C dan juga banyak kandungan seratnya. Keduanya itu mempunyai khasiat untuk mecegah sembelit dan juga bisa melancarkan buang air besar.

Namun, ternyata tidak hanya pada buahnya saja, namun biji pepaya juga memiliki banyak kandungan vitamin dan juga senyawa aktif yang memiliki manfaat yang sangat luar biasa.

Buah Pepaya Tidak hanya baik dikonsumsi oleh manusia saja, namun pada biji pepaya juga sangat baik jika diserahkan pada burung kicau.

Biji pepaya ini diketahui mempunyai rasa yang paling pahit. Dengan demikia bilamana sampai ikut termakan, maka paling tidak enak rasanya. namun di balik rasanya yang pahit tersebut, biji pepaya ini terdapat banyak manfaat untuk burung kicau.

1. Sebagai Antivirus

Manfaat dari biji pepaya untuk burung kicauan ini ternyata bisa menjadi sebagai antivirus. Dengan demikian, bilamana diberikan pada burung kicauan maka bisa untuk menangkal penyakit yang disebabkan  oleh virus.

2. Obat cacing

Biji buah pepaya juga sangat bermafaat sebagai obat cacing pada burung. Maka dari itu,bilamana burung peliharaan anda mengalami cacingan, maka bisa diberikan biji pepaya ini, Karena biji buah pepaya ini terdapat kandungan alkaloid (carpaine) yang bisa membunuh cacing parasit yang ada didalam usus burung.

3. Meningkatkan dan Melancarkan Pencernaan

Sama halnya dengan buah daging buah pepaya, biji pepaya juga dapa meningkatkan kesehatan dan juga melancarkan sistem pencernaan pada burung. Ini semua dikarenakan pada biji pepaya ada kandungan enzim papain yang dapat membantu memecah protein.

4. Menetralkan Racun

Ternyata Biji buah pepaya juga manfaatnya bisa untuk menetralkan racun yang ada pada usus burung.

Biasanya Racun dihasilkan dari pencernaan makanan yang dicerna pada saat didalam pencernaan burung.Tak hanya itu saja, racun yang bisa dihasilkan dari pakan yang kurang baik yang dimakan oleh burung.

Pakan serangga, biji-bijian dan juga voer yang diserahkan pada burung terkadang tidak terjamin higienis dan sering terkontaminasi oleh racun.

Cara Pemberian Biji Pepaya Untuk Burung 

Untuk memberikan biji buah pepaya ini bisa diberikan pada jangkrik untuk dimakan. Sesudah sehari semalam setelah jangkrik memakan biji pepaya, selanjutnya anda bisa berikan jangkrik tersebut pada burung.

Setekah jangkrik ini masuk pada usus burung, kandungan biji pepaya ini akan disalurkan pada tubuh burung.

Cara lainnya yakni dengan memblender biji pepaya hingga halus. Kemudian, campurkan dengan air secukupnya, selanjutnya berikan pada burung sebagai pengganti air minumnya.

Anda juga bisa menjemur biji pepaya ini terlebih dahulu sampai kering. Dan setelah itu, tumbuk biji pepaya sampai halus. Setalah itu bisa campurkan dengan kroto dalam satu wadah.

Posting Komentar