√ 3 Cara Mengatasi Cucak Ijo Kurang Ngentrok Dan Kurang Jambul, Begini Caranya .....

Mungkin anda pernah menjumpai, jika burung cucak ijo pada saat ditrek atau dilombakan kurang ngentrok maupun kurang jambul. Bahkan ada beberapa kasus, meskipun burung cucak ijo tersebut terdengar gacor dan nembak-nembak pada saat di  lapangan, akan tetapi ngentrok dan jambul sama sekali tidak di tampilkan.

Denga demikian maka anda harus mencari cara yang tepat untuk memaksimalkan burung cucak ijo ngentrok dan juga jambul.

Cara Maksimalkan Burung Cucak Ijo Ngentrok Dan Jambul

Apabila anda pernah menjumpai persoalan atau permasalahan pada burung cucak ijo yang kurang jambul dan kurang ngentrok pada saat digantangkan, sudah tentu ini semua diakibatkan karena masalah birahi yang kurang pas. Maka dari itu, ada beberapa tips sebagai berikut ini yang mungkin bisa membantu anda.

Rekomendasi:
√ Penyebab Cucak Ijo Sering Didis Dan Menyisir Bulu, Berikut Cara Mengatasinya ...

Terapi Mandi Air Es
Langkah yang pertama anda bisa Memandikan burung dengan menggunakan air es, mungkin dinilai terlihat kejam dan tidak wajar. Akan tetapi untuk anda yang sudah mempunyai pengalaman lebih-dalam, tentang dunia perburungan, tentunya cara ini sudah terbiasa dilakukan. Karena memang semenjak lama air es dimanfaatkan sebagai media terapi untuk mengatasi banyak macam persoalan pada burung kicauan.

Nah, untuk cara memaksimalkan penampilan ngentrok dan juga jambul, terapi air es ini bisa anda coba lakukan Caranya yakni pada saat pagi hari jam 8 hingga dengan jam 9, burung cucak ijo tersebut bisa dimandikan dengan air es dengan menggunakan semprotan/sprayer. Karena, jikalau memakai keramba, sudah tentunya burung tersebut tidak akan mau mandi karena sangat dingin.

Ingat, Mandi air es ini jangan dilakukan setiap hari, namun hanya dilakukan setiap dua kali dalam seminggu.

Pastikan juga, air es sebaiknya campurkan dengan air biasa. Dengan demikian, maka air es tersebut tidak benar-benar terasa dingin.

Sedangkan jika dilakukan sebagai perbandingan, banyaknya kadar air es dengan air biasa yakni harus sebanding atau 1:1.


Gunakan Mandi Air Es Lagi Sebelum Digantangkan.
Mandi air es tidak hanya dilakukan dengan satu teknik saja. Akan tetapi, sebelum digantangkan, burung cucak ijo yang kurang ngentrok dan kurang jambul ini sebaiknya dimandikan memakai air es.

Sedangkan untuk waktu yang paling direkomendasikan yakni pada saat malam hari menjelang lomba.

Apabila anda akan melombakan burung cucak ijo ini pada saat hari minggu, maka mandi air es ini dilakukan pada saat malam minggunya.

Namun ada suatu hal yang harus anda perhatikan sebelum melakukan terapi ini untuk memaksimalkan ngentrok dan jambul cucak ijo ini. Pemandian air es pada saat malam hari menjelang lomba dilakukan hanya sekedar bulu burung basah saja. Karena, malam hari adalah waktu di mana cuaca seringkali terasa sangat dingin.

Apabila anda memandikan burung cucak ijo dengan air es lepek, maka akan sangat rentan sekali pada kesehatan burung. Bahkan, burung tersebut bisa mempunyai resiko gembos pada saat esok harinya. Jadi usahakan hanya pada bulunya saja atau sekedar terlihat basah saja.

Pengembunan Sebelum Digantang
Setelah malam harinya cucak ijo di mandikan dengan air es, maka pada saat pagi harinya menjelang lomba, burung itu sebaiknya diembunkan terlebih dahulu.

Pengembunan yang ideal bisa dimulai jam 05.00, atau pada saat fajar mulai muncul. Tujuannya tak lain ialah untuk memaksimalkan ngentrok dan juga jambul pada burung cucak ijo.

Pada saat burung sudah diembunkan, selanjutnya biarkan burung terebut merasakan hangatnya cuaca pagi sampai keluar matahari. Dan setelah pengembunan selesai, burung bisa segera diambil dari pengembunan.

Kemudian, anda bisa berikan jangkrik berdasarkan settingan lomba. Selanjutnya anda bisa kerodong dan masukan ke dalam rumah untuk disiapkan dalam lomba.

Posting Komentar