√ Penyebab Burung Mengangkat Kakinya Sebelah, Berikut Cara Mengatasi-Nya ...

Pada saat anda memelihara burung kicauan, usahakan agar anda selalu mengetahui perilaku dan kondisi burung yang anda pelihara tersebut.

Misalnya, Dengan cara melihat bertenggernya burung ternyata bisa dijadikan untuk mengetahui apakah burung tersebut sedang sakit atau tidak. Bahkan, burung yang seringkali mengangkat kaki juga bisa dijadikan sebagai tanda untuk mengetahui kondisi burung.

Rekomendasi:
√ Manfaat Kandungan Kencur Untuk Burung Peliharaan Dan Cara Pemberian-Nya

Perlu anda ketahui, jika burung yang seringkali terlihat mengangkat kakinya, hal ini termasuk suatu pertanda jika burung tersebut sedang mengalami masalah dengan kesehatannya. Baik dari permasalahan yang disebabkan karena kakinya terluka ataupun dibsebabkan karena infeksi penyakit tertentu.

Yang jelas, burung yang suka mengangkat kakinya sebelah bukanlah sedang melakukan atraksi melainkan burung tersebut sedang merasa kesakitan.


Penyebab Burung Mengangkat Kaki sebelah

Sebagai pemelihara burung, usahakanlah anda bisa tanggap dengan perilaku yang seringkali dilakukan oleh si burung favorit anda.

Apabila burung tersebut tidak pernah bertengger menggunakan satu kaki, yang kemudian tiba-tiba bertengger dengan satu kakinya. maka dalam hal ini bisa diartikan jika burung yang anda pelihara sedang ada masalah pada kesehatanya.

Jadi, sebisa mungkin anda bisa mengetahui penyebab burung seringkali mengangkat kakinya. Dengan memahami penyebabnya, maka anda bisa lebih mudah untuk mengatasinya.

Kaki Burung Terluka 
Jika pada bagian kaki burung ada luka, biasanya burung tersebut sering melakukan perilaku mengangkat kakinya, Maka dari itu, bilamana burung peliharaan anda seringkali terlihat mengangkat kakinya, coba perhatikanlah pada bagian kakinya.

Ketahuilah apakah burung pelihraan anda sedang terluka atau terdapat hal lain yang menyebabkan burung mengngkat kaki.

Jika penyebab burung mengangkat kaki tersebut karena sedang terluka, maka cara untuk mengatasinya yakni dengan mengoleskan cairan antiseptik pada sekitar bagian yang luka. Hal ini bertujuan untuk menangkal terjadinya infeksi. Dan setelah itu, anda bisa memberikan berupa pakan yang bergizi serta multivitamin untuk membantu proses penyembuhannya.

Kaki Burung Bengkak Karena Penyakit Bubulan
Perlu kita ketahu, burung peliharaan yang seringkali mengangkat kakinya juga bisa disebabkan oleh suatu penyakit.

Penyakit itu seringkali terlihat bengkak bubulan atau bumble foot. Apabila burung peliharaan anda terkena oleh penyakit ini, maka bisa dijamin jika kakinya akan membengkak dan terlihat seperti halnya kulit berkerak.

Penyakit bumble foot ini  biasanya bisa menyerang semua jenis burung kicauan. Diantaranya yaitu burung Murai Batu, burung Kacer, burung Lovebird, hingg jenis burung kicau yang lainya. Akan tetapi, dari semua jenis burung tersebut yang sangat sering terpapar oleh penyakit bubul yakni burung Kenari.

Kaki Bengkak Karena Gigitan Nyamuk 
Meskipun ukuran nyamuk cukup mungil, ternyata gigitan nyamuk itu bisa menjadikan kaki burung menjadi bengkak. Bahkan, nyamuk juga dapat menyebarkan berbagai macam bibit penyakit. Misalnya saja seperti virus, bakteri, jamur dan yang lainnya.

Untuk mengatasinya usahakanlah anda selalu kerodong sangkar pada saat istirahat, khususnya ketika malam hari. Akan tetapi, bilamana kaki burung sudah terlanjur tergigit oleh nyamuk, maka anda bisa mengoleskan minyak kayu putih pada bagian kaki yang bengkak tersebut.

Pembuluh Darah Bengkak 
Penyebab burung yang seringkali mengangkat kaki selanjutnya ialah karena pembuluh darah yang bengkak.

Pembuluh darah yang bengkak bisa diketahui pada bagian urat-urat kaki yang terlihat menonjol keluar.

Ada yang mengatakan jika pembengkakan yang terjadi pada kaki burung diakibatkan oleh terbenturnya kaki burung. Dengan demikian maka dapat menjadikan ligamen tertekan serta pembuluh darah menjadi tersumbat.

Untuk cara mengatasinya ialah usahakan burung dipindahkan ke sangkar karantina, yang selanjutnya letakkanlah handuk lembut di bagian dasar tangkringan sangkar. Kemudian anda bisa oleskan obat kebagian kaki burung yang bengkak tersebut.

Dengan diberikan obat tersebut, maka rasa sakit pada kaki burung yang bengkak dapat berkurang. Dengan demikian, maka burung peliharaan anda tidak mengangkat kakinya lagi.

Posting Komentar