√ Penyebab Burung Tledekan Ngedrop, Begini Cara Untuk Mengatasinya ...

Kondisi drop pada burung pastinya telah dialami juga oleh sekian banyak macam jenis burung, termasuk pada jenis burung tledekan.

Berbagai macam penyebab burung teldekan yang ngedrop memang sudah banyak yang mengetahui, akan tetapi banyak juga cara untuk mengatasi suatu permasalahan yang terjadi pada burung tersebut. Jika anda termasuk pemelihara yang baik, maka sebaiknya anda berusaha untuk membantunya dari masalah drop tersebut.

Anda juga harus memahami bagaimana cara untuk mengatasi burung tledekan yang ngedrop dengan baik dan benar. Meskipun kondisi drop ini bisa saja terjadi yang diakibatkan oleh sifat alami dari burung tledekan tersebut, namun keseluruhannya itu semua tentunya tergantung pada pemiliknya itu sendiri.


Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Tledekan Ngedrop 

Kondisi drop dapat menjadikan burung tledekan ini mengalami banyak macam permasalahan. Misalnya saja seperti burung tledekan enggan untuk berkicau atau dalam masa-masa kesehariannya tampak lesu. Bahkan dalam berbagai macam kejadian, drop jug bisa menurunkan kualitas suara burung tledekan tersebut.

Sebenarnya Ngedrop ini ada kaitannya dengan mental. Sebagian besar dari burung tledekan lomba yang ngedrop diakibatkan oleh mentalnya kalah dengan burung tledekan lomba yang lainnya.

Di samping hal itu, birahi juga ada kaitannya dengan masalah drop. Pada umumnya burung yang mengalami drop bisa diakibatkan oleh birahi yang terlalu rendah.

Namun dalam hal ini, birahi terlihat normal tetapi masih drop bisa saja terjadi. Meskipun jarang terjadi, akan tetapi pada umumnya hal ini diakibatkan oleh mood atau kondisi tledekan saat itu sedang tidak baik.

Cara Mengatasi Burung Tledekan Ngedrop

Cara mengatasi burung tledekan yang ngedrop bisa diatasi dengan banyak cara yaitu:

1. Meningkatkan Birahi

Kondisi Ngedrop bisa juga terjadi jika birahi yang terlalu rendah. Untuk mengatasinya tingkatkan sedikit birahinya dengan menggunakan pakan EF seperti jangkrik dan juga ulat hongkong.

Anda juga bisa memberikannya masing-masing 5 ekor jangkrik pada pagi dan sore hari.

Perhatikan dan jangan sampai burung tledekan tersebut menjadi over birahi. Lakukan pemberian secukupnya saja. Pada saat sudah tidak drop lagi untuk pemberianya bisa kembali seperti perawatan harian.

2. Melatih Mental

Berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk melatih mental burung tledekan atau burung sulingan tersebut agar bisa juara pada arena lomba.

Untuk Mental dinilai sangatlah penting sekali. Sebab, sebelum kicauan burung keluar dalam arena lomba, mental bertarung terlebih dulu yang lebih utama.

Mandikanlah pada saat sore menjelang malam hari untuk melatih burung tledekan tersebut pada saat jam 6 sore atau jam 7.

3. Pemberian Mandi Malam

Perawatan Mandi malam tidak hanya berfungsi untuk menguatkan mental pada burung tledekan. Akan tetapi juga bisa digunakan untuk mengatasi stress yang berlebihan pada burung tledekan.

Mandi malam termasuk mandi yang dilakukan pada saat malam hari. Misalnya saja ketika jam 07.00 malam atau di bawah pukul 08.00 malam lebih baik. Sesudah perawatan mandi, berikanlah 2 hingga 3 ekor jangkrik dengan tujuan menaikkan birahi tledekan tersebut.

4. Pengembunan

Lakukan pengembunan secara teratur untuk membantu mengatasi tledekan yang ngedrop. Pengembunan yang baik yakni pengembunan yang dilakukan pada saat jam 05.00 pagi sampai dengan jam 05.30 terbit fajar. Sesudah itu, berikanlah pakan jangkrik 2 hingga 3 ekor jangkrik.

Atau Bisa juga anda menggantinya dengan pakan ulat hongkong. Pemberian kroto bisa juga anda tambahkan sebanyak 1 sendok teh dari biasanya.

Untuk cara ini dilakukan selama 3 hari sekali atau 2 kali dalam seminggu.

5. Pemberian Pakan yang Teratur

Berikan pakan voer, kroto, dan juga pakan EF. Jenis makanan utama tersebut dapat diberikan pada saat pagi dan sore hari dengan teratur.

Sebaiknya anda jangan sampai melewatkan jadwal pemberian pakan tersebut. Sebab,bisa menjadikan burung tledekan menjadi drop, bahkan bisa sakit.

6. Pemberian Multivitamin

Cara menatasi burung tledekan yang ngedrop juga bisa dilakukan dengan cara  memberikan vitamin.

Vitamin sangat berfungsi untuk menambah stamina serta untuk mengisi asupan nutrisi pada pertumbuhan burung tledekan.

Apabila asupan vitaminnya terus terjaga, pasti akan menjadikan burung tledekan tersebut tetap fit serta menjadi tidak mudah ngedrop.

Posting Komentar