√ Cara Mengatasi Murai Batu Kalah Mental Agar Kembali Tampil Prima

Pada saat anda memelihara burung murai batu sebaiknya harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar supaya bisa menemukan hasil yang maksimal sesuai dengan settingan anda.

Burung Murai Batu yang masih muda lebih baik tidak boleh terburu-buru ditempelkan dengan murai batu yang lainnya. Terlebih lagi jika anda langsung mencobanya untuk mengikuti acara perlombaan.

Perlu anda ketahui, jika ini semua malah akan membuat burung murai batu tersebut akan menalami suatu permasalahan seperti kalah mental dan kondisinya akan mudah ngedrop.

Apabil anda merawat burung murai batu yang secara usianya masih muda lebih baik anda berusaha untuk memberikan pola perawatan yang baik dan juga tepat. Misalnya saja perawatan yang baik dan benar dengan cara memberikan jenis pakan yang terataur, pelatihan, dan pada pola perawatan harian yang anda lakukan.

Rekomendasi:
√ Penyebab Murai Batu Mati Mendadak Dan Muntah Darah, Waspadalah...

Pada tahap perawatan ini yakni merupakan bagian tahap yang sangat penting yang seharusnya anda lakukan dalam proses melatih mental yang ada pada burung murai batu tersebut.


Untuk melatih mental burung murai batu ada banyak sekali tahap yang harus anda lalui. Akan tetapi jika burung murai batu peliharaan anda mengalami kalah mental disebabkan terlalu dini diikutkan sertakan dalam lomba, sebaiknya anda segera memberikan perawatan pada burung murai batu yang kalah mental.

Cara Mengatasi Murai Batu Kalah Mental 

Untuk perawatan mental pada burung murai batu ini paling tidak anda membutuhkan 2 hingga 3 ekor burung murai batu lainnya yang telah mapan.

Hal Ini dimaksudkan untuk pancingan burung murai batu yang ingin dilatih mentalnya. Atau untuk murai batu yang mentalnya sedang mengalami down.

Apabila dalam hal ini anda hanya memiliki burung murai batu satu-satunya, maka anda bisa meminta pertolongan kepada teman-teman anda. Yang mana mereka mampunyai burung murai batu untuk meminjamnya sebentar hanya untuk ditrek saja.

Yang harus anda ingat yaitu pada saat proses pelatihan mental burung murai batu tidak boleh melakukannya dengan sembarangan. Anda membutuhkan yang namanya proses yang bertahap disini. Yaitu tidak boleh langsung asal ditempel pada saat usia burung murai batu yang akan dilatih tersebut masih muda usianya.

Perawatan Harian Murai Batu Kalah Mental pada minggu yang pertama usahakan burung murai batu dikerodong Full serta didengarkan suara murai batu yang lainnya. Apabila anda hanya memiliki satu burung murai batu, maka bisa dilakukan dengan menggunakan suara mp3 murai batu saja dahulu.

Lalu, pada saat minggu yang kedua jika murai batu mau membalas suara kicau dari suara murai batu lainnya seperti yang diputarkan Dari Mp3 tersebut. Maka Anda bisa memulai menempelkan burung tersebut dengan burung murai batu yang lainnya. Namun, tidak dengan suara mp3. Akan tetapi memakai jenis burung murai batu dan usahakanlah dalam kondisi full kerodong.

Di Minggu ketiganya usahakan tetap dalam kondisi full dikerodong, kemudian tempel lagi dan tempel lagi hingga jarak 2 meteran.

Jika burung murai batu yang ingin terus menyahuti usahakan anda latih pada saat masih mau berani ngelawan, kemudian buka sepertiga kerodong di bagian bawah sangkar.

Perawatan burung murai batu yang kalah mental di minggu ke empatnya bisa anda lakukan kembali pada burung murai batu tersebut. Lalu lebih didekatkan lagi jaraknya, jika mau melawan bunyinya buka krodong hingga setengahnya.

Perawatan burung murai batu kalah mental di minggu ke lima-nya, anda harus tetap menempelnya lebih dekat lagi. Hal ini agar mental dari burung murai batu sedikit demi sedikit bisa menjadi terbentuk. Anda dapat menempelnya lagi, jika burung murai batu tersebut masih mau melawannya dan buka hingga dua pertiga kerodong sangkarnya.

Di minggu ke enam-nya tempelkan kembali burung murai batu tersebut. Apabila masih mau memberikan perlawanan yang sengit, buka semua bagian kerodongnya alias tanpa kerodong. Sebab, ini menandakan bahwa burung murai batu tersebut sudah benar siap mental dan sudah terbentuk mentalnya.

Posting Komentar