√ Cara Membuat Racikan Nektar Untuk Burung Pleci Dan Cara Pemberian-Nya

Salah satu jenis burung kicauan yang sudah banyak dipelihara oleh pecinta kicau ialah burung Pleci. Burung Pleci adalah salah satu jenis burung kicauan yang bertubuh mungil dan merupakan jenis burung pemakan buah.

Meskipun di alam liarnya memakan berbagai macam jenis buah-buahan, akan tetapi pada saat sudah dipelihara oleh orang, maka burung pleci bisa memakan pakan hasil produksi seperti voer.

Burung Pleci sudah banyak dipelihara untuk dijadikan peliharaan di tempat tinggal ataupun banyak juga dipelihara untuk dijadikan sebagai burung lomba. Hal ini tak lain di sebabkan karena suara burung Pleci mempunyai suara yang berkualitas dan bisa menghasilkan dencingan yang cukup mempesona.

Namun untuk kualitas yang didapatkannya tersebut tentunya harus sesuai dengan usaha yang dilakukan oleh pemeliharanya, termasuk pada perawatan hariannya.

Pada saat perawatan harian, pemberian minuman burung Pleci akan sangat berdampak pada kicauan yang akan dihasilkannya.

Berbagai jenis minuman untuk burung Pleci yaitu seperti halnya nektar buatan yang banyak dibuat oleh pecinta burung pleci di berbagai daerah. Dan racikan nektar untuk burung Pleci pada umumnya dibuat dengan cara bereksperimen dan hanya coba-coba.

Rekomendasi:
√ Mengatasi Pleci Suka Salto, Lakukan 8 Cara Berikut ini ...

Meskipun begitu, hasil ekseperimen dan coba-coba tersebut tidak dilakukan dengan cara asal saja. Namun, dengan hati-hati serta tetap memahami kandungan dan aspek keselamatan pada burung Pleci tersebut.

Racikan Nektar Burung Pleci 

Seperti halnya nektar produksi yang diracik dengan menggunakan bahan dasar bawang putih, minuman nektar ini dibuat untuk burung Pleci sudah teruji untuk beerapa ekor burung Pleci. Yang mana racikan ini dinilai cukup aman dan tidak berbahaya.

Untuk percobaanya, tidak semua jenis burung bisa secara langsung menerima efek dari nektar buatan ini. Ada yang langsung terlihat efeknya saat baru diberikan racikan nektar buatan ini. Namun adapula yang bertahap untuk kemajuannya.

Maka dari itu, dapat disimpulkan jika tidak seluruh burung Pleci akan secara langsung terlihat efeknya sesudah di berikan racikan nektar ini.


Bahan Racikan Nektar Untuk Burung Pleci 

Sedangkan untuk bahan-bahan yang diperlukan diantaranyan yakni sebagai sebagai berikut :
- Bawang putih 1 siung.
- Jeruk nipis 2 buah.
- Gula merah yang ukurannya sebesar tutup botol 3 buah.
- Madu rasa atau yang lebih baik lagi madu murni sejumlah 4 sendok saja.

Cara Pembuatannya:
- cara yang pertam kali usahakan anda bersihkan dan kupas dulu bawang putih tersebut. selanjutnya bawang putih bisa digeprek.
- kemudian, iris tipis-tipis gula merah agar mudah larut dalam air panas.
- Selanjutnya anda bisa memasukkan gula merah tersebut dicampur dengan bawang putih tadi pada wadah panci yang sudah terisi air bersih sebanyak 2 gelas ukuran 300ml.

- selanjutnya, aduklah racikan ini sampai merata dan juga larut semua, khususnya untuk gula merahnya harus sampai bisa mendidih.

- Selanjutnya angkat rebusan gula merah yang telah tercampur dengan geprekan bawang putih tersebut.

- Selanjutnya, masukanlah air perasan jeruk nipis bersamaan dengan 4 sendok madu. kemudian aduklah agar merata semua bahan yang ada dalam racikan tersebut.

- kemudian, dinginkan dan saring rebusan racikan tersebut. Tujuannya agar ampas bahan-bahannya tidak ikut diberikan pada burung Pleci peliharaan anda.

Cara Pemberian untuk burung Pleci 
Untuk memberikan pakan racikan nektar ini anda harus melakukannya dengan cara yang baik dan benar. Apabila burung Pleci termasuk bahan (anakan) yang baru dibeli dari ombyokan, pemberian racikan nektar ini bisa diberikan setiap hari sesudah perawatan penjemuran dalam porsi 1 cepuk kecil saja.

Dan apabila burung sudah jadi atau telah ngeriwik halus atau yang kasar, porsi pemberian 1 cepuk kecil 3 kali saja dalam seminggu.

Jika anda memberikannya dengan benar, maka untuk racikan nektar ini bisa diketahui dengan baik.

Posting Komentar