√ Usia Murai Batu Yang Siap Kawin Dan Tips Cara Menjodohkan-Nya ....

Pada saat Anda Menangkarkan burung murai batu memang harus dilakukan dengan cara yang cukup teliti supaya bisa sukses dan bisa memanen. Salah satu yang harus anda ketahui ialah kunci utama pada saat mengawinkan burung murai batu tersebut.

Pada saat anda baru Belajar menangkarkan burung murai batu untuk seorang pemula memang sangat membutuhkan kecermatan, ketelitian dan juga kesabaran yang ekstra. Apalagi untuk mengetahui karakter dari burung murai batu tersebut .

Proses penjodohan burung yang sudah terbiasa naik gantangan di arena lomba ini ternyata jauh lebih sulit jika dibandingkan dengan jenis burung yang lainnya. Hal ini di sebabkan karena hal agresifitas dari jenis burung tersebut.

Dengan demikian, maka dibutuhkan waktu yang lebih lama lagi untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Ada yang mengatakan jika 80% adalah keberhasilan berasal dari indukan betinanya. Sebab, Indukan betina sangat berperan besar untuk menentukan suatu keberhasilan pada penangkaran ini.

Rekomendasi:
√ Perilaku Murai Batu Yang Buruk Ketika Mengikuti Lomba...

Jadi, tidak hanya proses di penjodohan saja, akan tetapi burung betina ini mempunyai tanggung jawab yang berkelanjutan. Sampai pada masa-masa proses produksi (bertelur) dan pasca bertelur (mengerami dan proses merawat anakannya).


Cara Yang Benar Mengawinkan Burung Murai Batu

Maka dari penjelasan diatas, sebaiknya anda bisa memilih indukan betina yang bisa memenuhi kualifikasi tersebut. Tujuannya agar pada saat proses penangkaran murai batu bisa lebih sukses dan berhasil. Perhatikan juga umur dari burung yang betina, dan lihat kematangan birahinya.

Usia yang ideal untuk burung murai betina yang akan dijodohkan yakni berusia 8 bulan atau 12 bulan. Dan yang lebih pentingnya lagi yakni burung betina itu haruslah sudah siap untuk dikawinkan (dalam masa birahi). Sedangkan untuk yang pejantannya di usahakan yang mempunyai karakter jawara.

Tahapan Penjodohan 
Konsepnya, Anda bisa menempatkan indukan burung betina dan juga burung jantan yang sudah ditentukan pada sangkar yang berbeda.

Yang pertama, Anda bisa memasukan burung murai yang betina ke dalam kandang ternak.
Biarkan posisi burung yang jantan tetap berada pada sangkarnya sendiri. Tunggu hingga burung betina menandakan menyusun sarangnya di glodok meskipun beberapa hari. jika penyusunan sangkar sudah terlihat berarti burung betina sudah siap untuk di kawin. Setelah itu, burung yang jantan bisa anda lepas ke dalam kandang ternak.

Pada umumnya 2 burung tersebut akan langsung kawin, bilamana burung betina sudah mencapai masa-masa birahi, pastinya burung jantan akan mengawini dalam beberapa hari kedepan.

Usia puncak untuk produktif dari burung murai batu yaitu setahun ke atas dari burung betina. Selanjutnya tiga tahun keatas untuk yang jantannya.

Kandang Yang Cocok 
Pada saat anda akan mengawinkan burung murai batu juga harus perhatikan untuk memberikan kandang ternak yang cocok. Untuk Ukuran kandang sebaiknya menyesuaiakan dengan luas lahan yang ada.


Sebagian besar dari pembudidaya akan menangkarkan burung murai batu di kandang yang berukuran 1 X 2 Meter. Namun, adapula yang menggunakan kandang dengan ukuran yang lebih kecil.

Selanjutnya, anda juga bisa memasukan beragam bentuk sarang pada kandang tersebut. Contohnya seperti bentuk kotak yang dibuat menggunakan dari triplek, atupun dari potongan-potongan bambu yang dilubangi. Dengan demikian, maka indukan burung murai batu bisa menentukan sendiri bentuk tempat sarang yang disukaianya, agar burung tersebut bisa merasa nyaman pada waktu produksi.

Makanan Murai Batu 
Untuk cara sukses mengawinkan burung murai batu usahakan juga diperhatikan pada masalah pakannya. Anda bisa memberikan pakan berupa serangga jangkrik dan juga ulat hongkong yang ditempatkan dalam bak plastik di kandangnya.

Sebaiknya pada jumlah pakan jangan dibatasi, dan anda bisa memberikannya dalam jumlah yang banyak agar indukan bisa berproduksi dengan maksimal.

Jadi, hal utama pada saat mengawinkan burung murai batu memang berada pada burung indukan betinanya. Jika semakin matang umur produktifnya, maka pada tingkat keberhasilan penangkaran juga bisa menjadi lebih tinggi.

Nah, untuk panennya, maka anakan burung murai yang sukses menetas tersebut akan dirawat oleh burung indukanya hingga umur 7 hari. Dan setelah itu, anakan bisa dipanen serta dimasukkan kedalam box incubator.

Setelah umur anakan tersebut melebihi 1,5 bulan, anakan dari burung murai batu tersebut sudah dapat dipinang atau bisa juga dipasarkan.

Posting Komentar