√ Cara Ternak Murai Batu Sistem Poligami (1 jantan 3 Betina) Agar Berhasil Dan Sukses...

Burung Muai Batu merupakan  salah satu jenis burung kicauan yang memiliki kualitas suara kicauan yang sangat mumpuni dan tentunya tidak diragukan lagi dengan keindahan suara yang dimilikinya. Sebab suara kicaunya yang berkualitas, membuat banyak orang yang memelihara jenis burung ini dirumahnya.

Tidak hanya sebagai burung kicauan saja, melainkan banyak juga orang yang ingin membudidayakan burung Murai Batu ini agar beranak pinak. Baik itu untuk sebatas hobi saja ataupun hanya dijadikan sebagai ladang bisnis.

Berternak burung Murai Batu sebetulnya sangat mudah untuk anda lakukan, jika anda bisa memahami metodenya dan juga mengetahui karakter dari burung Murai Batu tersebut.

Dalam hal Ternak burung Murai Batu memang sudah banyak dilakukan oleh para penangkar di berbagai daerah, khususnya di indonesia kita sendiri.

Namun, apakah anda juga sudah mengetahui cara ternak dengan metode poligami?

Di pembahasan ini, saya akan menerangkan cara ternak burung Murai Batu Dengan Metode Poligami.


Cara Ternak Murai Batu Poligami

Agar ternak burung Murai Batu bisa berjalan dengan sukses, banyak sekali para peternak yang merealisasikan/menerapkan dengan teknik poligami.

Mengenai cara dan kiat-kiat poligami pada burung Murai Batu memang tidak berbeda jauh dengan cara dan metode poligami pada Burung Lovebird.

Rekomendasi:
√ Cara Menyembuhkan Murai Batu Sakit Dengan Cara Mudah Dan Sederhana ...

Jika poligami pada burung Murai Batu yakni metodenya menggunakan 1 ekor Murai Batu berjenis kelamin jantan kemudian dikawinkan dengan 3 ekor Murai Batu berjenis kelamin betina dalam satu kandang ternak.

Perlu anda ketahui, jika metode ternak poligami ini ternyata bukanlah hal yang baru yang ada dalam dunia penangkaran burung. Namun sudah banyak dilakukan oleh para penangkar untuk mncapai kesuksesan berternak mencapai 70%.

untuk kiat dan metode poligami pada burung Murai Batu pada umumnya menggunakan beberapa kandang. Dan tidak hanya menggunakan satu kandang saja.

Dengan menggunakan metode beberapa kandang ini diterapkan bertujuan karena burung Murai Batu tergolong jenis burung tipe petarung yang susah dijodohkan dengan banyak burung yang berjenis kelamin betina.

Pada umumnnya, Meskipun sudah berjodoh dengan salah satu burung murai yang betina, jika burung pejantan melihat betina yang lainnya akan mengejar dan bertarung dengan Murai Batu betina tersebut, bahkan sampai burung betina tersebut mati.

Maka dari itu, di pembahasan ini saya akan menjelaskan cara poligami pada burung murai batu agar berhasil sukses.

Cara Ternak Teknik Poligami Murai Batu 

Konsepnya untuk metode poligami Murai Batu yang sering dilakukan yaitu dengan cara mengawinkan 1 Murai Batu jantan dengan 1 Murai Batu betina terlebih dahulu. Jika betina tersebut sudah bertelur, maka pejantan dipindahkan ke kandang betina yang lainnya untuk di jodohkan, begitupun seterusnya sampai ke betina yang ke 3.

Ukuran Kandang
Untuk ternak Burung Murai Batu dengan Cara Poligami ukuran kandangnya ialah 2meter x 2meter.

Pada saat dijodohkan atau dipertemukan dengan Murai Batu jantan, usahakan burung Murai Batu yang betina kondisinya sudah siap atau sudah birahi. Oleh sebab itu, para peternak diusahakan bisa mengenali karakter burung Murai Batu yang hendak di kawinkan.

selain itu, Burung Murai Batu yang jantan diusahakan pilihlah tipe yang sabar dan tidak termasuk tipe over petarung.

Untuk proses ternaknya sendiri, anda juga bisa langsung praktek dengan menggunakan 1 jantan dan 3 betina Murai Batu secara bergantian dalam kandang yang sudah di sediakan tadi secara bergantian. Pada saat indukan pertama sudah bertelur maka yang jantan anda ambil dan pasangkan dengan betina yang lainnya, begitu seterusnya. Lakukanlah dengan telaten supaya bisa sukses dalam ternak murai batu ini.

Sebaiknya gunakanlah indukan Murai Batu  jantan yang juara. Atau Murai Batu jantan yang seringkali menang dalam acara/kontest lomba. Karena ternak yang sukses biasanya sering menggunakan indukan yang berkualitas dalam proses penangkarannya.

Dengan menggunakan Burung jantan yang berkualitas juara pastinya anakanya nanti juga akan berkualitas.

kiat poligami Murai Batu ini bisa anda terapkan dirumah. Sedangkan untuk keberhasilannya anda harus benar-benar  teliti dalam perawatannya dan juga melakukan proses ternak yang benar.

Posting Komentar