√ Cara Membedakan Cucak ijo jantan dan Betina Dengan Mudah ..

Burung cucak ijo merupakan salah satu diantara sekian banyak burung kicau yang telah banyak diminati untuk dipelihara. Nama ilmiah dari burung cucak ijo itu sendiri ialah sonnerati Chloropsis.

Terkadang banyak sekali orang yang bertanya bagaimana teknik membedakan burung cucak ijo betina muda dengan yang jantan.

Untuk membedakan jenis kelamin burung cucak ijo betina muda dengan yang jantan sangatlah mudah. Hal ini disebabkan karena burung cucak ijome miliki karakteristik tubuh yang sangat gampang untuk dikenali. Namun bila burung cucak ijo muda atau trotolan yang usianya masih 2 hingga 4 bulan untuk fisiknya belumlah terlihat.

Rekomendasi:
√ Manfaat Tomat Untuk Cucak ijo, Begini Cara Pemberiannya Yang Benar ...


Untuk Membedakan burung Cucak Ijo Betina Muda dan yang Jantan Memang Agak susah untuk dibedakan jika usianya masih muda.
Namun bila perhatikan dengan seksama, ada beberapa ciri perbedaan dapat dijadikan bahan pertimbangan sebelum memutuskan melakukan pembelian burung cucak ijo anakan atau trotolan.

Untuk Burung Cucak ijo jantan trotolan memiliki lingkaran seperti bulu alis yang ada di dekat mata dengan warna kuning tua. Sedangkan pada bulu alis mata burung cucak ijo betina yang masih trotolan mempunyai warna kuning pudar yang agak keputihan.

Bulu kuning di dekat mata burung cucak ijo jantan yang masih muda nantinya akan rontok dan berganti dengan dulu baru yang berwarna hitam mengkilap hingga pada bagian lehernya. Sementara itu, pada burung cucak ijo betina trotolan untuk bulu berawrna kuning yang ada disekitar mata dan lehernya akan semakin pudar dan berwarna putih setelah dewasa nanti.

Burung Cucak ijo jantan trotolan mempunyai paruh bagian bawah yang berwarna coklat kehitaman. Dan saat  ia telah dewasa nanti akan menjadi hitam pekat.

Untuk burung cucak ijo betina trotolan sendiri mempunyai paruh bagian bawahnya berwarna putih kehitaman atau bisa juga semuanya hitam. Cekungan yang ada pada paruh bagian bawah cucak ijo jantan menyusun huruf V. Sedangkan pada burung cucak ijo betina menyusun huruf U.

Pada bagian Supit udang cucak ijo jantan trotolan akan terasa agak keras jika ditekan memakai jari, dan jaraknya cukup rapat. Sedangkan pada supit udang burung cucak ijo yang betina masih muda akan terasa empuk bila ditekan dengan jari, dan jaraknya lebih renggang ataupun lebar.

Satu lagi perbedaan burung cucak ijo jantan dan betina yang masih muda yang bisa anda ketahui. burung Cucak ijo jantan trotolan kakinya masih tampak basah. Sedangkan ketika dewasa nanti kakinya bersisik dan terlihat kering. Sehingga apabila anda menjumpai burung cucak ijo yang kakinya telah kering namun belum nopeng, itu dengan kata lain cucak ijo bisa jadi jenis kelaminya betina.

Posting Komentar