√ 4 Cara Melatih Mental Burung Peliharaan Agar Tidak Macet Bunyi

pada saat anda Memelihara burung kicauan di rumah tentunya akan terasa sangat menyenangkan jika kita adalah salah satu bagian dari pecinta burung kicauan.

Namun mempunyai burung kicauan dirumah tentunya harus dipelihara dengan baik. Diantaranya seperti kita melatih mental burung rumahan yang di pelihara.

Mental dari berbagai macam jenis burung adalah menjadi pondasi yang paling utama bilamana burung tersebut digunakan untuk mengikuti kontest lomba. Sebab, percuma saja jika burung yang dipelihara rajin berkicau tetapi macet bunyi pada saat berada di lingkungan yang ramai seperti halnya di lingkungan perlombaan.


Cara Melatih Mental Burung

Perlu anda ketahui, bagus atau tidaknya mental pada burung akan dominan memengaruhi pada performa di lapangan. Burung yang mempunyai mental bagus memang akan sangat dominan terhadap harga dari burung tersebut.

Rekomendasi:
√ Manfaat Dan Bahaya Laron Untuk Burung Peliharaan Yang Harus Anda Ketahui

Nah, inilah cara menlatih mental burung kicauan yang bisa anda lakukan agar burung peliharaan anda mempunyai mental yang bagus dan kuat.

1. Meletakan Burung Pada Tempat yang Berbeda 
Melatih mental burung kicauan dengan menggunakan teknik ini bisa anda lakukan kapan saja. Yaitu dengan teknik memindahkan gantangan sangkar burung pada saat pagi hari, dan selanjutnya memindahkannya pada lokasi yang berbeda ketika sore harinya.

Tujuan ini dilakukan yakni supaya burung dapat dengan mudah beradaptasi pada lingkungan yang baru. Selanjutnya, sesudah terbiasa dilakukan, maka akan menjadikan mental burung tersebut dapat menjadi lebih bagus dan tidak akan canggung pada lokasi baru dimana saja berada.

2. Menggunakan Cermin 
Langkah selanjutnya untuk melatih mental burung kicauan juga dapat dilakukan dengan cara memakai cermin. Dengan menggunakan cermin, maka burung yang anda pelihara tersebut akan merasa bahwa ada burung lain yang ada di dekatnya.

Keadaan yang seperti itu akan melatih mental burung rumahan supaya dapat mengeluarkan nalurinya sperti karakternya yang tidak ingin tersaingi.

Pada umumnya, pada saat yang seperti ini akan terjadi adu mulut dahulu sebelum adu otot terjadi. Dengan demikian, maka akan menyebabkan burung berkicau dengan secara otomatis.

3. Mendekatkan Burung Dengan Sesama Jenis 
Burung kicauan yang anda pelihara sebaiknya didekatkan dengan burung kicauan jenis yang lainnya. Namun, yang harus anda perhatikan ialah, anda harus memilih lawan tanding yang seimbang, entah itu dari segi umur, kelihaiannya saat berkicau ataupun dari segi penampilan burung tersebut.

Jika anda salah dalam memilihkan lawan tandingnya, maka dapat mengakibatkan burung yang dilatih tersebut akan menjadi stress dan juga merasa tertekan, hingga burung peliharaan anda itu bisa tidak mau berkicau.

4. Meletakkan Sangkar Burung Di Dekat Keramaian
Pada umumnya, burung yang tidak terbiasa dengan situasi keramaian akan terbang kesana kemari di dalam sangkarnya. Kondisi yang seperti itu tentunya dapat menyebabkan tubuhnya menjadi terluka. Penampilannya pun tidak indah lagi untuk dilihat.

Maka dari itu, pada saat melatih mental burung tersebut, usahakanlah anda meletakan sangkarnya  pada teras rumah  yang sering dilalui oleh orang-orang.

Bisa menjadi lebih baiknya lagi jika ada beberapa sangkar yang ditaruh pada tempat yang sama. Dengan demikian maka dapat memberikan rasa nyaman karena burung melihat ada teman yang ada di sekitarnya.

Posting Komentar