√ Cara Menjaga Stamina Burung Cendet Agar Tidak Drop atau Kelelahan ...

Burung Cendet merupakan salah satu jenis burung kicauan yang mempunyai suara kicauanya merdu dan juga bervariasi Jika dipelihara dan dilatih dengan baik.

Dengan Menjaga stamina burung Cendet juga perlu anda lakukan dalam perawatannya. Sebab, jika stamina burung cendet terjaga dengan baik, maka burung Cendet peliharaan anda tersebut tidak gampang kelelahan pada saat digantang maupun berada di arena perlombaan.

Rekomendasi:
√ 6 Ciri Fisik Burung Cendet Siap Mengikuti Lomba


Cara Menjaga Stamina Burung Cendet 

Untuk menciptakan burung Cendet yang berkualitas memang tidaklah mudah. Sebab, memerlukan berbagai macam upaya dan waktu yang tidak sebentar.

Selain itu, upaya agar burung Cendet mempunyai stamina yang terjaga meskipun kerap di ajak ke arena lomba maupun digantang haruslah tetap memperhatikan mengenai masalah pakan, penjemuranya, serta memandikannya.

Burung Cendet Dimandikan secara Rutin 
Langkah yang harus anda lakukan supaya burung Cendet peliharaan anda mempunyai stamina yang cukup dan tidak mudah kelelahan ketika di gantangkan yakni harus selalu di perhatikan tentang perawatan mandinya.

Burung Cendet yang sering dimandikan dengan teratur atau rutin ini pada umumnya akan melatih mentalnya agar tidak mudah takut saat berhadapan dengan jenis burung yang lainnya.

Tidak hanya itu saja, burung pun akan merasakan lebih segar daripada saat sebelum mandi. Sebab, manfaat memandikan burung Cendet atau jenis burung kicauan lainnya dapat menghilangkan bakteri yang terdapat pada tubuh burung tersebut.

Di samping itu, pemandian yang teratur juga dapat menghilangkan kutu yang bersembunyi dibalik sela bulu-bulunya.

Untuk Proses pemandian burung Cendet pun bisa dengan disemprotkan menggunakan sprayer maupun meletakannya wadah berisi air pada sangkar.

Waktu yang baik untuk pemandian pada burung Cendet yaitu dilaksanakan ketika pagi maupun pada waktu sore hari.

Bahkan dalam situasi tertentu seperti untuk memulihkan kondisi mentalnya yang sempat ngedrop, terkadang perawatan mandi juga dapat dilakukan pada saat malam hari.

Pemberian Pakan Yang Bernutrisi 
Untuk Menjaga stamina pada burung Cendet agar mudah kelelahan juga bisa memberikannya dengan pakan yang mengandung banyak nutrisi berupa sumber protein.

Jenis makanan yang memiliki kandungan protein untuk dimakan oleh burung Cendet pada umumnya berasal dari serangga seperti jangkrik, ulat hongkong, belalang, dan juga kroto.

Pemberian jangkrik untuk burung cendet dan pakan lainnya yang mengandung protein ini diyakini dapat menaikan staminanya agar tidak mudah kelelahan pada saat burung Cendet aktif dalam berkicau.

Dengan cara memberikan jenis makanan yang berprotein, maka dapat mendorong burung Cendet untuk lebih aktif berkicau dari pada burung yang hanya rutin makan voer.

Untuk jumlah pakan yang berisi protein yang dimakannya ini haruslah disesuaikan dengan jenisnya yaitu jangkrik bisa diberikan 4 kali sehari. Dan pada saat mendekati lomba untuk jumlahnya bisa ditambah lagi menjadi 9 ekor.

Sebaiknya usahakanlah tetap berikan pakan yang berprotein dengan bervariasi, tujuannya supaya burung Cendet tetap mau memakannya.

Penjemuran Yang Rutin 
Untuk Menjaga stamina burung Cendet supaya tidak mudah kelelahan juga bisa dengan rajin melakukan perawatan penjemuran di stiap harinya.

Burung Cendet yang rutin dijemur akan memperoleh banyak manfaat. Diantaranya seperti tubuhnya akan menyerap vitamin D yang akan menjaga bulu dan tulangnya agar tetap terjaga dan  tidak mudah rusak.

Selain hal tersebut, juga dapat mengusir tungau ataupun kutu yang menempel pada sela-sela bulunya, terutama untuk melatih mentalnya agar tetap energik berkicau.

Dan pada saat penjemuran yang disarankan bisa anda lakukan pada saat pagi dan sore hari. Usahakanlah pada saat matahari sudah terasa panas burung tersebut tidak boleh lagi dijemur. Sebab, bisa menjadikannya merasa dehidrasi, kepanasan, serta merusak warna yang ada pada unsur bulu-bulunya.

Posting Komentar