√ Cara Stabilkan Perilaku Lovebird Jantan Agar Tampil Maksimal Ketika Mengikuti Lomba

Saat ini sudah banyak pecinta burung kicauan yang sudah memelihara lovebird di rumahnya. Banyak yang menilai jika burung lovebird yang jantan susah untuk diikut sertakan dalam kontes perlombaan.

Hal ini diakibatkan rata-rata burung lovebird yang berjenis kelamin jantan tidak cukup stabil. Jadi anda perlu melakukan beberapa teknik untuk menstabilkan Burung lovebird jantan.

Banyak sekali perilaku lovebird yang membuat pemeliharanya merasa khawatir. Sebab, pada umumnya burung lovebird akan terlihat gelisah, ngeruji dan hanya naik turun tangkringan saja pada saat berada di arena perlombaan.

Dalam sebuah acara kompetisi burung kicauan terutama lovebird ngekek, rata-rata semua pecinta burung kicauan sering memakai burung lovebird betina untuk dijadikan sebagai bahan perlombaan.

Sebab, sudah banyak yang mengetahui, jika lovebird betina justru bisa tampil bagus performanya dan juga dapat berprestasi diberbagai event, entah itu lokal ataupun nasional.

Rekomendasi:
√ Manfaat Kayu Manis Untuk Lovebird, Dan Cara Pemberian-Nya Yang Baik Dan Benar

Namun, ada sedikit kekurangan dari lovebird betina. Antara lain ialah terkadang lovebird betina ini tampak ngleper atau birahi jika di dekatkan dengan lovebird yang berjenis jantan bertipe fighter.

Akan tetapi, yang harus anda perhatikan yakni yang sangat penting dalam bermain lovebird ialah mengetahui karakter burung yang anda rawat. Sehingga, semua pemelihara harus bisa memahami karakter dari burung lovebird peliharaannya masing-masing.

sebab, untuk menstabilkan burung lovebird jantan tidak bisa dilakukan dengan cara yang cepat sampai perilakunya tersebut menjadi stabil baik pada lokasi perlombaan.


Cara Menstabilkan Perilaku Lovebird Jantan

Cara untuk menstabilkan perilaku burung lovebird jantan bisa anda lakukan, karena burung lovebird jantan seringkali emosi dan birahinya cepet muncul.

Dengan demikian, lovebird yang jantan ini seringkali susah dikontrol. Bahkan ada juga beberapa pemelihara burung lovebird yang sudah berulang kali mencoba membawa burung lovebird jantan untuk diikut sertakan dalam kontest lomba. Namun seringkali hasilnya tidak ada. sebab burung tersebut hanya berputar-putar serta merasa gelisah di kandang.

Maka dari itu, anda bisa melakukan teknik untuk menstabilkan lovebird jantan dengan perawatan harian yang baik dan benar.

Cara Perawatan Harian Lovebird Jantan 

Pakan harian yang baik yakni berupa full milet putih.

Kemudian Untuk Sehari-harinya, burung lovebird tidak usah dikerodong, namun anda bisa mengupayakan memberi sekat agar tidak melihat burung lovebird yang lainnya.

Pada saat pagi hari, burung lovebird diusahakan dimandikan, selanjutnya bisa dijemur selama 2 jam mulai pukul 07.00 hingga jam 09.00.

Setelah dijemur, burung lovebird tersebut diusahakan di anginkan di teras rumah hingga pukul 16.00. Setelah itu, lovebird tersebut bisa anda masukan ke dalam rumah.

Pada saat jam 19.00, burung lovebird tersebut sebaiknya dimandikan kembali, kemudian anda bisa mengangin-anginkan (di dalam rumah) dan diistirahatkan sampai esok harinya.

Cara Perawatan Lovebird Jantan Sebelum Lomba 

Cara menstabilkan lovebird jantan juga dapat dilakukan sebelum perlombaan. Untuk Perawatannya dilakukan sebelum H-5 lomba. Yang mana, sebelum dilombakan burung lovebird tersebut di usahakan di karantina di dalam ruangan tersendiri.

Sedangkan untuk tipe perawatanya masih seperti perawatan harian. Pada saat H-3, untuk pakan bisa mulai diganti dengan memakai pakan kemasan.

Untuk Hari yang selanjutnya, burung lovebird tersebut bisa mulai full kerodong hingga di hari lomba tersebut.

Apabila kontest lomba dilakukan pada hari Minggu, usahakanlah saat hari Jumat paginya burung peiharaan anda tersebut dimandikan dan juga dijemur.

Anda juga dapat menggunakan jenis pakan kemasan, dengan pakan ekstra seperti satu batang kangkung.

Dan pada saat H-1, untuk makanan dan juga air minumnya usahakanlah dicek. Burung tidak usah dimandikan, anda bisa langsung dijemur sebentar saja dan diberikan 1 batang kangkung, selanjutnya burung bisa kembali dikerodong.

Paginya sebelum burung lovebird jantan menuju arena lomba, sebaiknya burung lovebird tersebut bisa dimandikan terlebih dulu. Kemudian burung lovebird tersebut dijemur hingga kering dan juga dikerodong.

2 jam sebelum naik gantangan, usahakanlah anda bisa memberika 1 batang kangkung.

Posting Komentar